Cara Mengatasi Blog yang Loadingnya Lama

Bagaimana sich Cara Mengatasi Blog yang Loadingnya Lama? Sebelum membahas itu mending kita coba pikirkan kenapa kok Blog temen kita atau bahkan Blog kita sendiri termasuk Blog ini begitu lemot diakses? Tentunya ada alasan rasional yang bisa dijelaskan dengan kata-kata kenapa blog-blog itu bisa lemot. Dan setidaknya ini alasan-alasan yang aku ketahui:
1. File Template Berat
Tak dapat dipungkiri kalau template adalah halaman yang terpenting bagi pengunjung, maka dari itu design template harus diperhitungkan untung ruginya. Jangan hanya menampilkan layout yang indah namun berat diakses yang biasanya berujung pada pengunjung yang malas karena koneksi yang terbatas.
Selain itu juga kebanyakan iklan text diblog akan membuat file Template menjadi berat sehingga aku menyarankan agar penataan iklan text diperhitungkan dengan matang agar setidaknya halaman posting terlebih dulu diload ketimbang iklan. Ini akan sedikit membantu karena pembaca akan fokus membaca postingan sementara browser sedang mengeload iklan jadi tidak akan terasa kalau Blog kita itu berat diakses.

2. Banner yang bertebaran tidak tertata
Banner memang menambah keindahan Blog sekaligus bisa menghasilkan pendapatan bagi Blog, tapi bila Banner tersebut tidak ditata dengan apik dan baik maka yang ada selain Layoutnya hancur bisa dipastikan aksespun akan menjadi lambat karena tidak memperhitungkan Algoritma Kerja Computer (istilah opo iki).

3. Image tidak dicompres terlebih dahulu
Ini sebenarnya yang aku benci kalau memakai template yang file imagenya gak dilampirin seperti halnya Blogspot. Kadang ekstensi image yang dipakai .png padahal .png itu lebih berat dari .jpeg. Aku lebih senang memakai .jpeg/Gif untuk image karena lebih ringan.
Nach kadang kita juga menyisipkan image dalam posting tanpa menyesuaikan ukuran gambar serta ukuran filenya. Maklumlah kan nantinya bisa diset pakai tag HTML, begitu dulu pemikiranku. Tapi ternyata itu salah besar, karena memang ukuran dapat disesuaikan secara online tapi ukuran file itu tidak, jadi lebih baik dicompress dulu file imagenya di offline baru diupload.
Wach ternyata solusinya sudah aku tulis diatas tapi itu buat Blogger Admin lalu bagaimana jika kita sedang berkunjung/blogwalking dan ternyata Blog yang kita load itu begitu lama, apa yang harus kita lakukan?
Aku punya sedikit tips untuk mengatasi hal tersebut dan semoga bisa membantu (Parameter adalah Browser Mozilla, Browser lain menyesuaikan)
1. Jangan Load Image
Caranya: Pada Broser Mozilla klik Tools --> Options --> Content --> Uncheck Load Images Automatically
Cara ini lumayan ampun untuk mengatasi Blog yang berat karena banyaknya banner yang mejeng di Blog tersebut. Tapi kelemahannya jika Blog tersebut menggunakan Capcha/Security Images maka mau tak mau cara ini harus ditanggalkan!

2. Jangan Load Java/JavaScript
Caranya masih sama hanya yang di Uncheck adalah Enable Java dan Enable Javascript
Cara ini sangat tidak dianjurkan karena sangat beresiko kita kehilangan fiture dari Blog tersebut semisal Dropdwon menu yang memakai Javascript atau yang lainnya. Namun terkadang juga harus digunakan untuk mengatasi Blog-Blog yang memberikan PopUp Windows dengan Javascript yang kadang begitu mengesalkan. Tujuannya memang ingin menambah indah dan kelihatan hebat Blognya tapi ternyata malah membuat pengunjung terganggu dengan PopUp Windows yang seharusnya gak perlu.
Mungkin hanya segitu saja yang aku tau, mungkin karena masih baru disini jadi masih belum tau banyak. Aku akan sangat senang jika ada dari temen-temen yang saling bertukar ilmu dan pengetahuan denganku. Ok, Semoga Trik Cara Mengatasi Blog yang Loadingnya Lama bisa membantu.


Sumber : Kuliah Gratis, Thanks ya mas......
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

4 Responses to "Cara Mengatasi Blog yang Loadingnya Lama"

  1. Nah ini mantab sob infonya berguna banget coz blogku loadingnya laammmaaa banget,nice info meluncur ke TKP

    ReplyDelete
  2. makasih.
    Semua jenis asuransi syariah ada di http://takaful99.blogspot.com. mampir yaa

    ReplyDelete
  3. makasih.
    Semua jenis asuransi syariah ada di http://takaful99.blogspot.com. mampir yaa

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *