Fitur Google : Tak Sekedar Mesin Pencari


Mesin pencari data di internet seperti Google dan Yahoo telah berjasa membantu banyak pemakai jejaring internet menemukan data atau informasi di internet lebih cepat, mudah dan bebas bayar alias gratis. Bahkan mereka menyediakan jasa layanan tersebut dalam berbagai bahasa yang mudah dipahami penggunanya. Seperti Google, misalnya. Banyak Fitur yang menyebabkan Google menjadi mesin pencari yang paling diminati di antara mesin pencari lainnya.

Tak hanya menari data, ada beberapa fitur ditambahkan agar pengguna jasa layanan mereka menjadi semakin dimengerti kebutuhannya. Beberapa tips memanfaatkan fitur tambahan di Google ini bisa membantu para peselancar di internet, misalnya, menemukan alamat e-mail teman lama.

Beberapa fitur yang populer di Google adalah sebagai berikut :

1.Perhitungan
Matematika sederhana. Mesin cari Google bisa melakukan perhitungan matematika sederhana seperti penjumlahan, perkalian, pembagian atau pengurangan, karena memiliki kemampuan fungsi sebagai kalkulator. Caranya sederhana saja, tinggal ketik angka yang ingin dihitung serta tanda hitungannya ke dalam kotak mesin cari, misalnya; 5+3*5, lalu tekan enter atau klik tombol search di Google.

2.Konversi Mata Uang
Fasilitas konversi mata uang juga tersedia di mesin cari Google. Cukup ketikan angkanya diikuti mata uang yang ingin dikonversi dari mata uang tertentu ke mata uang yang diinginkan di kotak mesin cari. Misalnya : 100 USD in INR, lalu tekan Enter.

3.Melihat Waktu Di Berbagai Kota Di Seluruh Dunia
Anda bisa mencari tahu waktu lokal sebuah kota di negara lain. Ketik time in (nama kota atau negara) di kotak pencarian untuk mencari tahu dengan mudah waktu lokal di kota atau negara. Misalnya : time in Barcelona Enter.

4.Konversi Unit
Selain berfungsi sebagai kalkulator, mesin cari Google juga bisa mengonversi ukuran, misalnya : 100 inch in meter, lalu tekan enter.

5.Cek Ejaan
Google juga punya fasilitas mengecek ejaan, baik ejaan biasa untuk kata benda seperti nama dan tempat, yang mungkin tidak muncul di program spell check atau kamus standar.

6.Mencari Alamat e-mail Seseorang
Masukkan nama lengkap pada kotak search lalu tekan enter, namun fitur ini lebih efektif dijalankan pada Yahoo People Search, sebenarnya di Google juga bisa namun agak ruwet. Yupzzz, setelah enter mensin pencari akan menampilkan beberapa situs-situs atau milis yang pernah dikunjungi oleh teman anda berikut email yang pernah dikirimkan.

7.Terjemahan,Google Translate (http://www.google.com/translate_s)
Google juga menyediakan fitur tambahan untuk menerjemahkan berbagai bahasa. Hanya hasil translatenya masih ada kekurangan, jadi kalau ada yang mau mencoba fitur ini, jangan langsung memakai hasil terjemahannya namun sebaiknya di edit dulu.

Okey... sekian
Sumber : Harian SURYA, Minggu, 26 Oktober 2008/tekno/tahukah?
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

4 Responses to "Fitur Google : Tak Sekedar Mesin Pencari"

  1. Mantab memang google walo kadang nyebelin

    ReplyDelete
  2. Google emang makyuuss, fasilitas dari Google telah membuat Sumber Daya Manusia di muka bumi ini menjadi melek tehnologi....

    ReplyDelete
  3. salam sobat,,memang google sangat membantu dalam suatu pencarian situs,,,google siip.

    ReplyDelete
  4. Siipppp bener mas sampai yahoo kehilangan pengunjungnya low ....

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *