Tips Menghindari Flu Babi


FLU BABI sudah sampai di Indonesia!!!! Waspadalah karena virus swine flu atau Flu Babi telah merenggut puluhan nyawa di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Karena itu, saranku pelajarilah dengan cermat “Tips Menghindari Flu Babi” di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui saat ini banyak media memberitakan betapa bahaya dan cepatnya virus ini menyebar dan memakan korban. Pemerintah AS telah menyatakan wabah Flu Babi ini merupakan wabah yang serius. Wabah ini juga diyakini akan terus menyebar dengan cepat dan memang kenyataannya benar virus ini sudah menyebar. Bahkan badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan, Flu Babi merupakan keadaan darurat kesehatan publik yang menjadi keprihatinan internasional.
Lantas bagaimana gejala penderita yang terkena penyakit Flu Babi ini? Pada umumnya, gejala infeksi Flu Babi pada manusia mirip dengan flu biasa pada manusia. Yakni, demam yang muncul tiba-tiba, batuk, nyeri otot, sakit tenggorokan dan kelelahan yang berlebihan serta kadang-kadang disertai muntah-muntah dan diare. Demikian seperti diberitakan Reuters. Flu Babi ini mendatangkan risiko terbesar terjadinya pandemi berskala besar sejak wabah avian flu yang muncul kembali pada tahun 2003 lalu dan menewaskan 257 orang dari 421 penderita di 15 negara.

Berhubung di negara kita sekarang sedang ramai diberitakan jenis virus Flu Babi ini dan juga semakin luasnya penyebaran Flu Babi, bahkan sudah merenggut beberapa korban (kebetulan baru-baru ini aku juga merasakan gejala yang sama) maka tidak ada salahnya kalau kali ini aku mau berbagi sedikit tips-tips untuk menghindari virus Flu Babi yang aku dapat dari hasil membaca. Berikut tips-tipsnya seperti yang dilansir eHow:
1. Konsumsilah vitamin D karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu H1N1. Konsumsi vitamin D dapat meningkatkan produksi agen antimicrobial dalam tubuh. Antimicrobial ini bisa melawan swine flu dan tipe influenza lainnya.

2. Konsumsi vitamin C tidak hanya meningkatkan kadar sel darah putih yang bisa melawan infeksi, tapi juga bisa meningkatkan jumlah antibodi interferon yang menjaga swine flu agar tidak masuk ke dalam sel. Vitamin C ini bisa didapat dari makanan ataupun suplemen.

3. Konsumsi vitamin E yang membantu produksi sel-sel pembunuh alami sehingga bisa menghancurkan dan membunuh virus swine flu.

4. Makan makanan kaya akan vitamin A yang bisa meningkatkan respon kekebalan tubuh, namun jangan melebihi batas karena akan beracun jika berlebihan. Utamakan mengkonsumsi wortel.

5. Makan makanan kaya akan bioflavonoid yang bisa meningkatkan sisi reseptor sel sehingga virus H1N1 tidak bisa masuk ke dalam sel yang bisa menyebabkan infeksi. Bioflavonoid bisa ditemukan pada teh hijau dan teh putih, coklat, bawang putih, bluberri dan buah citrus. Untuk hasil yang terbaik kombinasikan dengan makanan yang kaya vitamin C dan kalsium.

6. Konsumsi suplemen Zink. Zink tidak hanya meningkatkan respon kekebalan tubuh, tapi juga bisa melawan virus swine flu lebih agresif.

Selain mengkonsumsi suplemen dan makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, masyarakat juga diharuskan memperhatikan pola hidup dan kebersihan serta menghindari hal-hal yang bisa memicu terinfeksi virus H1N1.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari swine flu:

1. Tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk dan bersin.

2. Buanglah tisu yang telah digunakan.

3. Cuci tangan setelah batuk atau bersin. Jangan memegang mulut, hidung atau mata karena virus bisa berkembang.

4. Hindari kontak dengan orang sakit.

5. Tetap di rumah jika merasa sakit, dan jangan keluar rumah sebelum sakitnya sembuh total selama kurang lebih 24 jam.

6. Sering-seringlah cuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik setiap selesai memegang benda umum.

7. Jika ingin pergi ke luar negeri, cek kesehatan dengan dokter dan pastikan negara yang dikunjungi tidak terkena pandemi swine flu.

8. Tetap jaga kesehatan dan pola makan yang seimbang.


Okey sekian dulu bagi-bagi tipsya mudah-mudahan dapat bermanfaat dan bisa terhindar dari jenis flu yang sadis ini : Flu Babi alias H1N1.

Sumber : detik.com dan berbagai sumber

Terima Kasih Kunjungannya
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

5 Responses to "Tips Menghindari Flu Babi"

  1. wah bro.. blog mu + ngeri aja ahahahaha..
    oya bro kalo buat gambar lagi jangan lupa, ditambahin namanya ya : rosi.. hahahahaha..
    sory ni aku cerewet..
    trus berkarya ya bro.. buat inovasi trus.. keren blogmu.. take care bro..

    ReplyDelete
  2. hai bro, thank u ya..
    wah kapan2 aku mau deh buat blog kayak kamu..
    wakakaka.. kangen aku sama kamu bro..
    kalo bisa lebih serem lagi tampilan blogmu bro.. ha3x.. thank u ya bro atas bantuannya
    (^_^)

    ReplyDelete
  3. wah..mesti kudu hati2 ni karang sob..tapi dengan tips ancis diatas jadi bisa ngindar hahaha

    keep in touch n posting sob..

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat banget tipnya, harus dipraktekkan nih supaya jauh2 dari flu babi...

    ReplyDelete
  5. Pola hidup sehat minimal akan mampu mencegah penularan virus ini makasih infonya sob

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *