WS Rendra Meninggal Dunia


Jumpa lagi sobat semua, bangsa kita kehilangan lagi…… yah, setelah beberapa hari lalu kita kehilangan sosok penyanyi fenomenal sekaligus legendaris Mbah Surip, kini sosok penyair legendaris WS Rendra sahabat karib Mbah Surip pun pergi meninggalkan dunia. Setelah sempat sakit-sakitan, akhirnya penyair WS Rendra (75 tahun) meninggal dunia. Budayawan tersebut meninggal setelah sempat keluar dari RS yang merawatnya. Rendra meninggal pada Kamis (6/8/2009) pukul 22.10 WIB di RS Kelapa Mitra, Jakarta. "Betul (meninggal dunia), tapi saya nggak bisa jawab apa-apa yah, mohon maaf, tanya ke yang lain saja" jawab salah satu putri Rendra, Mariam, saat dihubungi detikcom, Kamis (6/8/2009).


Gara-gara sakit, Rendra tidak bisa menghadiri prosesi pemakaman sahabat karibnya, Mbah Surip di Makam Bengkel Teater, miliknya, Selasa (4/8/2009) lalu.

Penyair bersuara serak ini sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading. Rendra masuk rumah sakit akibat jantung koroner yang dia alami.


Sebelumnya pria kelahiran Solo tahun 1935 itu sempat dirawat di RS Cinere sejak Kamis, 25 Juni. Namun karena kondisinya tidak membaik, Rendra lantas dirujuk ke RS Harapan Kita, lalu dirujuk lagi ke RS Mitra Keluarga.

Rendra sebenarnya sudah meninggalkan rumah sakit hanya beberapa saat setelah Mbah Surip meninggal dunia. Rendra bahkan sempat mengizinkan Mbah Surip dimakamkan di komplek pemakaman Bengkel Teater di Citayam, Depok.

Willibrordus Surendra Broto Rendra lahir di Solo, Jawa Tengah, 7 November 1935. Ia mendirikan Bengkel Teater di Yogyakarta pada tahun 1967. Pada perkembangannya Bengkel Teater dipindahkan Rendra di Depok.

Pagi ini lokasi tempat peristirahatan terakhir penyair WS Rendra mulai digali oleh sejumlah petugas. Liang lahat yang telah dipersiapkan itu hanya berjarak sekitar 7 meter dari makam Mbah Surip. Lokasi pemakaman ini jaraknya sekitar 20 meter dari Bengkel Teater, Cipayung, Jumat (7/8/2009). Untuk menempuhnya kita harus melalui jalan setapak yang telah dirapikan dengan tumpukan kerikil.

Luas lokasi pemakaman sekitar 10x20 meter dengan kondisi yang berundak-undak. Makam Mbah Surip letaknya persis di bawah liang lahat untuk Rendra.

Pekerjaan penggalian baru mulai dilakukan sejak pagi tadi oleh beberapa petugas. Hingga pukul 07.30 WIB proses penggalian masih terus dilakukan.

Tenda-tenda juga mulai dipersiapkan di sekitar lokasi pemakaman. Sedangkan jenazah Rendra sendiri masih disemayamkan di aula Bengkel Teater.

Sobat semua, sebenarnya pertanda apakah ini, dua sahabat karib yang banyak mempengaruhi dunia musik dan sastra Indonesia pergi dalam waktu yang tidak begitu jauh?

Selamat Jalan WS Rendra, karyamu akan selalu menghiasai dunia kesusastraan negeri ini.

Sumber : www.detiknews.com,
Gambar : http://www.geocities.com/paris/parc/2713/0612red0.jpg
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

14 Responses to "WS Rendra Meninggal Dunia"

  1. Selamat Jalan Burung Merak........Semangatmu Tak akan pernah hilang!

    ReplyDelete
  2. selamat jalan juga OM..
    aneh belakangan ini kow marak seniman yang meninggal dunia ya?????


    Aku panitia lomba sob...lombanya ya itu yang aku postingin hahaha...

    comment2 lagi sob...

    ReplyDelete
  3. semoga diterima di sisiNya......

    ReplyDelete
  4. Banyak karya2 WS Rendra yang bersinar di persajakkan Indonesia...selamat jalan sastrawan besar Indonesia. Semoga segala amalmu di terima di sisiNya

    ReplyDelete
  5. Selamat jalan semoga apa yang sudah diraih takakn pernah hilang dari negri Indonesia

    ReplyDelete
  6. Turut berduka cita atas kepergian seniman besar kita. Kepergian beliau akan dikenang banyak orang...

    ReplyDelete
  7. selamat jalan sastrawan indonesia
    mudah2an damai dialam sana

    ReplyDelete
  8. salam sobat,,saya ikut belasungkawa atas meninggalnya WS RENDRA ini, semoga diberikan jalan terang dan layak disisiNYA..amin.

    ReplyDelete
  9. Thanks for all sobat2ku udah mau mampir n kasih komentarnya..........


    Again... Thanks Banget...

    ReplyDelete
  10. turut berduka cita...mg karya2nya tidak dilupakan..melainkan diteruskan..haha..smngad!!!!!!

    ReplyDelete
  11. willy, kenapa mendadak sekali padahal saya belum belajar banyak......pahit...lehih pahit dari pada menelan oralit yang saya minum saban bulan

    ReplyDelete
  12. si burung merak telah terbang ke nirwana
    meninggalkan sejuta karya...
    mewarnai sejuta pesona seni ibu pertiwi..
    selamat jalan merakku
    selamat jalan pujanggaku

    ReplyDelete
  13. Ahlan Wa Sahlan

    Salam ziarah

    ReplyDelete
  14. Turut berduka cita semoga di terima oleh Allah swt.amien.

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *