Keracunan Kafein, Koq Bisa?


Siapa yang tidak mengenal kafein? Sebenarnya kafein sering kita konsumsi setiap hari, ternyata memiliki efek yang negatif. Tanpa disadari kadar kafein yang berlebihan dalam tubuh bisa membuat keracunan. Keracunan kafein ditandai dengan munculnya rasa panik secara tiba-tiba dan khawatir yang berlebihan, jantung berdebar-debar, otot kejang, gangguan tidur bahkan halusinasi (he..he…, yang ini nih yang sering Bang Ancis alami).

Hal itu bisa terjadi jika Anda mengonsumsi kafein lebih dari 300 mg per hari. Kafein tidak hanya terkandung dalam kopi, banyak minuman lain yang juga mengandung kafein tinggi. Antara lain minuman soda kalengan, minuman berenergi hingga coklat batangan.

Untuk secangkir kopi rata-rata mengandung 75 - 100 mg kafein. Sedangkan pada minuman soda kalengan mengandung sekitar 35 mg kafein, minuman energi 80 mg kafein dan coklat batangan 10 mg kafein.

Jadi, perhatikan minuman yang selalu Anda konsumsi apakah mengandung kafein tinggi atau tidak. Untuk wanita hamil dan anak-anak akan lebih baik untuk menghindari kafein atau jika mengonsumsi maksimal 100 mg per hari.

Seperti yang kita tahu, kafein bisa memicu kecanduan. Akibatnya, konsumsi berlbihan atau karena kondisi tubuh yang sensitif dengan kafein dapat memicu keracunan.

Jika Anda mengalami gejala sakit kepala, otot tegang, tidak bisa tidur serta rasa panik setelah minum kafein berarti Anda keracunan. Gejala tersebut bisa terjadi 12 hingga 24 jam setelah mengonsumsi kafein, bahkan bisa berlanjut hingga 48 jam. Untuk mengatasinya kurangi konsumsi kafein dan akan lebih baik kalau Anda menghentikan konsumsi untuk sementara waktu. (sumber : lagi-lagi VivaNews)
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

17 Responses to "Keracunan Kafein, Koq Bisa?"

  1. Yang Punya Blog Aja Doyan Kopi...Apa Kata Dunia

    ReplyDelete
  2. Klo pengen awet muda kurangi tidur perbanyak kopi ha..ha...ha...(pesan mendiang Mbah Surip)
    Ada bendarnya pesan itu namun bila di artikan dari sisi konyol he he he ...gimana ngga awet muda klo belum tua kita dah meninggal??yachh tapi kopi memang mengasyikkan di temani sang pujaan hati sebatang rokokpun serasa dunia milik kita.mantab infonya gan.

    Salam Damai Selalu

    Indo15 with Acatrazz

    PEACE

    ReplyDelete
  3. kudu ati2 nih, untungnya saya jarang2 minum kopi, tp kalo di kasih sih mmm........ ga bisa nolak

    ReplyDelete
  4. Wah saya banyak minum kopi tu.. so terima kasih infonya gan :D

    ReplyDelete
  5. SALAM SOBAT
    trims sudah diperingatkan..
    memang kafein yang terkandung didalam kopi menimbulkan racun.
    makanya suami saya juga ngga suka minum kopi.
    biasanya yg suka minum kopi adalah yang perokok berat.

    ReplyDelete
  6. untung membaca article ini...aku atu hari mau 6 kali minum coppy..takut jg jadinya..trims infonya ya sob..and sekalian smile ya sob.aku dah smile jg

    ReplyDelete
  7. nice post sobat, thanks ya atas infonya. salam sukses selalu

    ReplyDelete
  8. wah bang saya doyan banget tuh kopi
    apalagi kalo lg ada tugas trus mesti begadang
    saya bisa teguk sampe 7-10 cangkir.
    gila, 1000mg kafein dong?!
    *shock*
    tp keknya gak pernah keracunan tuh.
    apa sayanya yg gak sadar ya?

    ReplyDelete
  9. waduh... ini dia, padahal nggak bisa online kalo tidak ditemani kopi sama rokok neh...

    ReplyDelete
  10. mia lebih takut kalo keracunan Tein, krn suka minum teh sih heheheheh

    ReplyDelete
  11. bro.. caffein bisa menstimulus buat tumbuhin rambut jenggot.. just info

    ReplyDelete
  12. ohh...gitu yah ? ayahku tuh klo ga minum kopi sehari aja, malah pusing kepalanya, jd gmn mau ngurangi ??
    Yang aku tau seh, kopi bikin gula cepet habis, iya.. hehehehe

    ReplyDelete
  13. Apapun itu, kalo sudah berlebihan, ngga ada yang baik kan...
    Tubuh kita punya batasan, minum kopi 2 cangkir sehari sudah cukup kan?
    Saya sering berantem kecil sama suami gara2 kopi lho. "Sudah Mas, ngga boleh nambah ngopi lagi!!!"

    ReplyDelete
  14. tapi kalo udah kecanduan susah juga kebanyakan orang yang hobi minum kopi 80% adalah merokok, orang yang hobi minum kopi akan lebih nikmat jika ditemani rokok.......
    salut bro

    ReplyDelete
  15. hah ... coklat batangan ada kafeinnya ?

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *