Cara Deteksi Kebohongan



Sebuah penelitian menemukan bagaimana manusia bisa mendeteksi kebohongan yang dilakukan oleh lawan bicara kita, tanpa bantuan alat. Hasil penelitian Joseph Wells yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal psikologi seperti dikutip laman Your Tango dapat membantu mendeteksi apakah seseorang bila melakukan kebohongan atau kesulitan menjawab suatu pertanyaan.

Seseorang yang sedang berbohong, biasanya menutup anggota tubuh seperti mulut, meyilangkan tangan saat menceritakan ketidakjujurannya.
Gerakan tubuh orang yang sedang berbohong menurut para ahli mengisyaratkan ketidaknyamanan dibandingkan orang yang menceritakan sebenarnya. Ada beberapa indikasi yang bisa memberi petunjuk apakah seseorang berbohong atau tidak.

Ucapan

Studi menunjukkan orang yang berbohong mengubah cara mereka berbicara dan pilihan kata-kata mereka. Para pembohong biasanya menggunakan kata-kata yang sulit dimengerti.
Mereka jarang menggunakan kata ganti orang pertama dan lebih banyak menggunakan kata ganti orang ketiga. Sebuah studi pada 2003 oleh peneliti di Universitas Texas menyimpulkan selain mengurangi kalimat orang pertama (Saya, Aku), mereka juga menggunakan kata-kata yang berefek negatif.

Para pembohong juga biasanya lebih lama merespon pertanyaan dari lawan bicara agar memberikan jeda untuk memikirkan jawaban yang masuk akal bagi kebohongannya.

Intonasi

Seorang yang sering berbohong biasanya akan meninggikan suara saat sedang menceritakan kebohongan. Bisa juga mendeteksi apakah seseorang berbohong melalui bahasa tubuh walaupun tidak semuanya benar. Biasanya, orang yang berbohong akan melindungi tubuhnya karena tidak ingin orang lain mengetahui hal yang ada dalam pikirannya.
asad
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

18 Responses to "Cara Deteksi Kebohongan"

  1. salam sahabat
    wah bagus banget bisa deteksi,kalo deteksi rasa hati ada ga?oh iya dah saya follow kalo sedia follow buat saya ya..thnxs n good luck

    ReplyDelete
  2. melindungi tubuhnya? kayak org lagi boxing gitu kah hehehehe ada lagi nih bang, orang boong biasanya suka keringatan.boongnya sambil makan sambel kali hahahaha

    ReplyDelete
  3. info yang menarik.. gmn deteksi kebohongan ShoutMix yang mengatakan udah $mile.. $$.. dsb?

    ReplyDelete
  4. Menarik nih. Gerakan tanda tidak nyaman karena sedang berbohong : berkali2 mengusap hidung, memegang leher, mengusap daun telinga...

    ReplyDelete
  5. wow wow wow Keren nih posting ntar aq praktekin via YM ke bang ancis achhhh....bohong ngga ya....??

    ReplyDelete
  6. Hmmm membantu banget jadi ketahuan lebih dini tuh niat berbohong lawan kita........mantab dech.

    ReplyDelete
  7. Segenap keluarga besar Piss, Acatrazz, New Indo15 dan BMI mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha Kang,korbanin nyamuk ama apa ya??wkwkwkwk....kaburrrrrrr [ Takut ketauan bo'ong ]

    ReplyDelete
  8. yoyoyoooo...esok hari raya qurban, sobat berqurban apa??? kalo saya berkorban perasaan, hehehee

    ReplyDelete
  9. yoyoyoyooo esok hari raya qurban, sobat ber-qurban apa?? kalo saya cukup ber-qurban perasaan, heheheee

    ReplyDelete
  10. memang harus ada alat test kebohongan ini, untuk mencari kebenaran dari suatu kasus. nice info mas, thanx ya

    ReplyDelete
  11. memang bisa dilihat dari gelegat seseorang itu bohong atau tidak,tapi ada juga orang yg tidak bisa kita lihat gelegatnya walaupun dia sedang berbohong,tergantung orang yg berbohong :)

    ReplyDelete
  12. biasanya tukang boong paginya mules2 ....

    ReplyDelete
  13. anak2 psikologi pasti tau hal2 seperti ini
    nice post gan

    ReplyDelete
  14. Hmmm bohong .....ngga..... bohong.... ngga......he he he he bohong aja dech pakai username lain gpp ya kang wkwkwkwk......kaburrrrrrrrrr............

    ReplyDelete
  15. jgn2 yang nulis artikel nya nih banyak boong nya..sampe2 di tulis..hehheheh maap..artikel bagus bang..kan ane bisa jadi tahu kalo abang n akang dwie lagi boong ma ane..jadi ketauan deh..hehehehe

    ReplyDelete
  16. iya pernah denger tuh mas,
    kaya di kepolisian, tersangka yg di interogasi kan bisa di ketahuin dia lagi boong apa gak. ada alatnya gitu

    tapi tau d di indonesia..hehe

    ReplyDelete
  17. Wah bagus sekali infonya. Kita jd bs tau apa kita dibohongin atau nggak ya.

    ReplyDelete
  18. Bisa dicek lewat gerakan mata juga lo Sob, setau Shin-kun, orang yang berbohong cenderung menghindari kontak mata dan secara spontan akan melihat/melirik ke arah kanan (ato kiri atas yak, lupa :p) ketika dia berbohong...

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *