Sedikit Trik MS Office 2007

Hmmm sepi ya tutorial di blog ini? Karena memang Bang Ancis tidak begitu mahir menulis makanya jarang update apalagi yang namanya tutorial.. he..he.. tapi kali ini setelah menimbang akhirnya Bang Ancis putuskan untuk memposting Tutorial lagi. Setelah kemaren sempat membahas tentang Penomoran Halaman Skripsi, dan Cara Membuat Daftar Isi. Kali ini Bang Ancis kembali lagi dengan beberapa tutorial, tepatnya dibilang trik-trik lah. Yups, kali ini Bang Ancis mau berikan beberapa trik pada Microsoft Office 2007.

Langsung saja ya :
1.Short Key pada MS Word 2007

Sebenarnya untuk mengetahui apa saja Short Key pada MS Word 2007 sangatlah gampang dan anda tidak dituntut untuk menghafalnya, karena itu tadi; caranya gampang. Mulailah membuat sebuah dokumen baru, setelah itu coba anda pencet tombol “Alt” di keyboard anda kira-kira 5 second, lalu perhatikan, secara otomatis Short Key-nya muncul kotak kecil yang isinya berupa huruf-huruf dimana huruf-huruf yang muncul itu adalah “Short Keynya. Contoh :

Tampilan Menu Bar Sebelum Tombol “Alt” di pencet :

Klik untuk memperjelas

Tampilan Menu Bar Sebelum Tombol “Alt” di pencet :

Klik untuk memperjelas

Huruf-huruf yang muncul di atas adalah short key tapi tidak akan berfungsi bila tidak di padukan dengan tombol-tombol yang lain dalam hal ini yang sering dipakai adalah sekali lagi tombol “Alt”.
Pada gambar di atas menunjukkan bahwa : Menu “Page Layout” short keynya adalah “P” dan seterusnya. Coba pada keyboard, anda pencet tombol Alt+P hasilnya kira-kira seperti ini :

Klik untuk memperjelas

Nah sub-sub menu yang terdapat di dalam menu “Page Layout” juga memiliki “Short Key”. Khusus untuk sub-sub menu, disini tombol alt tidak di butuhkan lagi. Sebagai contoh : anda mau masuk ke dalam sub menu “Size” (Size = SZ) caranya adalah : tekan Alt+P+SZ, lalu lihat apa yang muncul. Untuk Menu-menu yang lain anda tinggal mencoba sendiri.

2. Munculkan Ruler

Untuk memunculkan “Ruler” di lembar kerja pada document MS. Office Word 2007, caranya begitu gampang, anda cukup klik tab menu “View” lalu beri centang pada sub menu “Ruler” seperti pada gambar di bawah ini.

Klik untuk memperjelas

3.“Page Setup” pada MS. Office Word 2007

Untuk menu yang satu ini untuk memunculkannya ada 3 cara, yaitu :
Langkah Pertama, kalau document anda sudah ada “Ruler”nya, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah “Double Click” tepat di rulernya. Okey...?,
Langkah ke-2, langkah ini paling gampang, anda tinggal pilih menu “Page Layout” lalu klik pada sebuah tombol kecil di kanan bawahnya, seperti pada gambar :

Klik untuk memperjelas

Langkah ke-3 agak sulit, tapi apa salahnya kita coba saja. Betul tidak...?
Pertama-tama click logo Microsoft yg ada di pojok kiri atas lalu pilih menu “Word Options” yang ada di bagian bawah, setelah itu muncul satu window baru seperti ini :

Klik untuk memperjelas

Selanjutnya cari menu “Page Setup” di kolom sebelah kiri lalu di add ke kolom di sebelah kanan. Anda juga bisa menambahkan menu2 lain sesuai selera anda. Untuk hasil dari langkah ke-3 di atas lihat gambar berikut :

Klik untuk memperjelas

4.Cara memunculkan “Text Boundaries” pada pada MS. Office Word 2007

Apa itu “Text Boundaries?” Hmmm, Bang Ancis juga tidak bisa menjelaskannya, he..he.. tapi coba ikuti tutorialnya berikut biar sama-sama mengerti.
Pertama-tama, anda harus masuk ke dalam “Word Options” (klik logo Ms word di pojok kiri atas – word options), kemudian pilih menu “advanced” di kolom sebelah kiri. Scroll mouse anda ke bawah cari sub menu dengan judul : “show document content”, lalu berikan tanda centar pada kolom sebelah kanan tepatnya lihat gambar :
Klik untuk memperjelas

Sudah paham maksudnya? He..he... “Text Boundaries” adalah garis putus-putus yang mengelilingi document dimana garis ini menandakan batas “margin” top, bottom, left dan right yang kita gunakan. Okey...? Sebagai perbandingannya Bang Ancis perlihatkan gambar berikut ini :


Klik untuk memperjelas

Hmmm kira-kira segitu aja dulu ya soalnya lagi tidak berselera, kalau ada pertanyaan via kotak komentar saja.

Terima Kasih Kunjungannya
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

0 Response to "Sedikit Trik MS Office 2007"

Post a Comment

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *