Benarkah Gempa Penyebab Terjadinya Lumpur Lappindo?

Salam jumpa lagi sahabat-sahabat Blogger, Bang Ancis Datang lagi neh setelah rehat ngeblog.
Hmmm mo ngomong apa ya? Oh iya, sebenarnya sadarkah kita kalau beberapa bulan belakangan negara kita tercinta ini dilanda berbagai macam bencana? Benarkah kejadian ini adalah nyata kejadian alam atau memang sengaja dibuat? Yang paling sering terjadi akhir-akhir ini adalah gempa dan yang sering terkena gempa adalah Pulau Andalas (Sumatera) ditambah beberapa daerah lain di Indonesia. Mengapa harus Indonesia? Mengapa gempa selalu terjadi di Sumatera? Adakah sesuatu di balik semua ini? Kita, sebagai bangsa yang berpendidikan harusnya waspada dan pantas curiga.

Ehm serius banget ya.. he..he.. neh saya kasih sedikit Perngertian Gempa.
Sebenarnya, Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan. (Sumber : Wikipedia)

Sumber lain mengatakan bahwa, Gempa bumi merupakan peristiwa pelepasan energi yang menyebabkan dislokasi (pergeseran) pada bagian dalam bumi secara tiba-tiba.

Penyebab Terjadinya Gempa Bumi
1. Proses tektonik akibat pergerakan kulit/lempeng bumi
2. Aktivitas sesar di permukaan bumi
3. Pergerakan geomorfologi secara lokal, contohnya terjadi runtuhan tanah
4. Aktivitas gunung api
5. Ledakan nuklir

Mekanisme perusakan terjadi karena energi getaran gempa dirambatkan ke seluruh bagian bumi. Di permukaan bumi, getaran tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan runtuhnya bangunan sehingga dapat menimbulkan korban jiwa. Getaran gempa juga dapat memicu terjadinya tanah longsor, runtuhan batuan, dan kerusakan tanah lainnya yang merusak permukiman penduduk. Gempa bumi juga menyebabkan bencana ikutan berupa kebakaran, kecelakaan industri dan transportasi serta banjir akibat runtuhnya bendungan maupun tanggul penahan lainnya.
Gejala dan Peringatan Dini
•Kejadian mendadak/secara tiba-tiba
•Belum ada metode pendugaan secara akurat (Sumber : BNPB)

Nah, ada tuh di poin 5, penyebab terjadinya gempa adalah terjadinya Ledakan Nuklir, hmmmm jangan-jangan?

Lalu Apa Hubungan Gempa Dengan Lumpur Panas Lappindo?

Sejumlah ahli menyimpulkan letusan lumpur Lapindo bukan karena human error. Juga tidak pada prosedur eksplorasi tak layak. Penyebabnya, begitu due dilligence dua penelitian, karena faktor alam: gempa!

Teori Richard Davies, geolog asal Universitas Durham, Inggris, tentang lumpur Lapindo, terbantahkan. Davies sebelumnya berpendapat lumpur disebabkan prosedut kegiatan eksplorasi yang tak layak. Dia menilai pengeboran gas Banjar Panji-1 tak memenuhi syarat kelayakan. Banyak pihak yang menjadikan penelitian Davies sebagai pijakan berpikir dan bertindak. Lapindo nyaris tersudut. Padahal, letusan lumpur, menurut penelitian sebagian besar ilmuwan dari berbagai negara, disebabkan gempa bumi yang pernah melanda Yogyakarta dan sekitarnya.

Kesimpulan penelitian itu terungkap dalam dua laporan terbaru yang dipaparkan dalam acara komunitas ilmuwan geolog di Cape Town, Afrika Selatan. Mereka menyimpulkan bahwa bencana letusan lumpur Sidoarjo bukan dipicu kegiatan pengeboran.

Laporan pertama dibuat berdasarkan studi due dilligence mengenai proses pengeboran. Pada laporan bertajuk Pengamatan pada Perencanaan Peristiwa Banjar Panji-1 dan Alasan Program Pengeboran, terungkap banyak hal. Antara lain soal perencanaan yang selayaknya operasi pengeboran demi menjaga prosedur industri. Perencanaan juga dilakukan dengan standar tinggi dengan menjaga keselamatan kru.

"Gempa dan gempa-gempa susulan di Yogyakarta serta dampak yang ditimbulkannya merupakan kunci penyebab kejadian," demikian penggalan dalam laporan tersebut. Laporan ini ditulis dua orang insinyur petroleum terkemuka. Mereka adalah Maurice Dusseault PhD dari Universitas Waterloo, Kanada dan Baldeo Singh, insinyur S3 dari Massachusetts Institute of Technology, AS.

Bencana letusan lumpur Sidoarjo berawal pada tanggal 29 Mei 2006. Peristiwa itu terjadi setelah gempa bumi yang berkekuatan 6,3 skala richter menyerang Yogyakarta dan sekitarnya. Lumpur panas mulai meletus dari retakan panjang pada jarak 200 km dari pusat terjadinya gempa.

Sejak itu, 150.000 m3 lumpur terus keluar tiap hari, menggenangi desa-desa sekitar dan menyebabkan kerusakan pada infrastruktur lokal. Menurut para ahli, aliran lumpur sepertinya dapat berkelanjutan hingga waktu lama.

Laporan kedua due diligence disodorkan Ralph Adams, insinyur asal Kanada yang sudah berpengalaman 29 tahun dalam pengeboran minyak dan gas di Indonesia. Adams menulis laporan Banjar Panji-1 Well Control Incident Report.

"Program pengeboran dan perubahan rangka sumur pengeboran bukan menjadi penyebab letusan. (Semburan) dibuka oleh gempa besar kurang dari 24 jam sebelum kena sumur," tulisnya.

Dua hasil penelitian ini memperkuat kajian tim geologi Norwegia, Prancis, dan Rusia yang menyimpulkan gempa bumi Yogyakarta sebagai penyebab terjadinya letusan lumpur Sidoardjo. Tim yang dipimpin volkanolog lumpur, Dr. Adriano Mazzini dari University of Oslo, telah melaporkan hal ini di Earth and Planetary Science Letters pada 12 Juli 2007.

"Ini menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut mendistribusikan tekanan berulang-ulang di beberapa bagian pada pulau Jawa," tulis Dr. Mazzini dalam laporannya. Di beberapa tempat yang dapat memperparah pecahan pada kesalahan terdahulu, menyebabkan tekanan hawa menjadi lembab. Sehingga menyerap dan menghasilkan letusan melalui banyak proses di bawah permukaan tanah. (Sumber : inilah)

Bagaimana pendapat sobat? Menurut pendapat saya, semua kejadian ini ada sebab dan akibatnya terserah penyebabnya itu karena alam atau karena memang disengaja tinggal bagaimana kita menyikapinya saja, namun satu yang pasti : Kita harus selalu waspada dan curiga, zaman semakin modern sob.

Ada lagi nih yang mengganjal di hati, bagaimana pendapat sobat sekalian tentang kondisi negara kita tercinta ini? Carut marut kan?

Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

2 Responses to "Benarkah Gempa Penyebab Terjadinya Lumpur Lappindo?"

  1. Pertamax....

    NO Comment aja...

    ReplyDelete
  2. sebab akibat pasti ada
    tetei yang perlu dipikirkan sekarang adalah
    cara mengatasi akibat yang ditimbulkan

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *