Cara Munculkan Equation Editor pada MS Office 2003

Kembali lagi ke niat semula, niat awal yang mendorong saya untuk ngeblog yaitu berbagi tips-tips ringan seputar MS Office Word (walaupun kenyataannya jarang sekali blog ini memuat artikel tentang topik di atas). Hmmm, kali ini Bang Ancis yang saat ini sedang sibuk mengoptimasi kontes seo Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace kembali dengan satu tips/tutorial ringan mengenai tool atau aplikasi Equation Editor pada MS Office Word. Kenapa saya bisa mengangkat topik ini? Berdasarkan pada pengalaman yang saya temukan di tempat kerja, banyak dari Mahasiswa/i yang masih belum paham menggunakan aplikasi ini. Kebanyakan yang Bang Ancis temukan adalah mereka menuliskan kode, rumus-rumus baik rumus matematika ataupun rumus kimia dengan cara manual yaitu dengan menggunakan symbol (menu insert – symbol) atau dengan menggunakan garis-garis. Hal ini justru salah karena suatu saat posisinya akan bergeser bahkan rusak tidak beraturan jika ada sebagian artikel tersebut mengalami pengeditan. Lantaran kasus ini, maka saya putuskan memberikan sedikit tips/tutorial tak berguna ini, mudah-mudahan bisa membantu.
equation editor
Apa sebenarnya Equation Editor? Apa saja fungsinya? Koq bisa ada dalam menu MS Office Word? Equation Editor adalah sebuah aplikasi pada MS Office Word yang fungsinya membantu kita dalam membuat rumus-rumus matematika, persamaan, akar pangkat kuadrat, rumus kimia dan sejenisnya, intinya yah itu tadi : memudahkan kita dalam menulis dalam format rumus. Sebenarnya aplikasi ini sudah terinstal pada saat pertama kali kita menginstal MS Office ke komputer namun biasanya menu ini tidak langsung kelihatan pada Menu Bar Ms Word. Kita perlu mengaktifkan aplikasi ini sebelum menggunakannya. Apakah sobat sudah tahu cara mengaktifkannya? Jika belum, berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah-langkah Pengaktifan Equation Editor :
Buka aplikasi MS Office Word 2003 lalu pilih menu Tools – Customize atau pencet aja tombol Alt + T + C. Setelah itu akan muncul sebuah windows/layar baru seperti gambar berikut.
tips microsoft word

Tips Microsoft Office 2003
Selanjutnya pilih menu Insert di kolom sebelah kiri dan cari menu Equation Editor di kolom sebelah kanan (seperti gambar di atas) lalu tarik/drag tulisan Equation Editor ke Menu Bar. Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :
Equation Edtior on MS Office
Ok, mungkin hanya itu saja tips MS Office Word untuk kali ini. Untuk bagaimana cara pengoperasian atau cara menggunakannya silahkan sobat utak atik sendiri. Aplikasi ini mudah koq dipakai.
Semoga bisa membantu.
asad
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

5 Responses to "Cara Munculkan Equation Editor pada MS Office 2003"

  1. Subhanalloh...thanks for the share... it was really help to work my jobs...

    ReplyDelete
  2. thanks for the share.. it was really help to working my jobs..

    ReplyDelete
  3. Thank's Ea Gan... membantu skali yang Gan share ini... sekali lagi Thank's n sering-sering share tips tips yang baru ea.. heheheh Good Luck

    ReplyDelete
  4. Terima kasih ya, ini sangat membantu untuk kami para pelajar smp yang baru belajar komputer

    ReplyDelete
  5. Terimakasih, kami dari perwakilan pelajar yang baru mengenal komputer

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *