Indonesia Channel 2010

Kota Pahlawan beruntung menjadi tuan rumah acara Indonesia Channel 2010. Sebanyak 59 mahasiswa luar negeri penerima Program Beasiswa Seni dan Budaya (BSBI) siap menampilkan karyanya. Acara ini didahului oleh pameran lukisan di Gedung Merah Putih komplek UPTD Balai Pemuda ini akan dimulai Kamis, 21 hingga 23 Oktober 2010. Karya-karya yang dipamerkan merupakan hasil karya peserta asal Perancis, Spanyol, Italia dan Rusia yang telah menimba ilmu di daerah-daerah di Indonesia.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Kamis (21/10) secara resmi membuka Indonesia Channel di Balai Pemuda. Kegiatan hasil kerja bareng Kementerian Luar Negeri RI dengan Pemerintah Kota Surabaya ini menampilkan seni budaya dari berbagai daerah Indonesia yang akan dipersembahkan oleh 59 peserta dari 31 negara.

Menurut Kusuma Habir, Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri dalam sambutannya menyampaikan ada yang baru dari penyelenggaraan Indonesia Channel dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya yakni adanya pameran lukisan hasil karya peserta Indonesia Channel. Peserta tersebut adalah penerima beasiswa Seni dan Budaya (BSBI) tahun 2010. Sejak akhir Juni 2010, para peserta mendalami Sei dan Budaya Indonesia di Institut atau sanggar seni budaya di 6 kota di Padang Panjang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar.

Indonesia Channel 2010
Peserta penerima program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) menampilkan berbagai kesenian daerah Indonesia dalam acara Indonesia Channel 2009 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo,  Minggu (18/10) malam. Pagelaran dengan tema One World, Diversed Culture, One Destiny diikuti 50 peserta dari 31 negara. Espos/Agoes Rudianto
http://www.solopos.com/2009/feature/pentas-para-penerima-program-bsbi-6496

Sementara itu, Walikota Surabaya dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri RI karena telah memberikan kpercayaan kepada Kota Surabaya untuk menjadi tuan rumah Indonesia Channel 2010.

Kegiatan Indonesia Channel diawali dengan pameran lukisan yang diikuti para peserta Indonesia Channel. Dan nantinya saya juga berharap agar program beasiswa dan pameran seperti ini juga dapat diikuti pelukis asal Surabaya, agar Surabaya tidak hanya terkenal dengan Boneknya tetapi juga terkenal akan budayanya dan masyarakat yang berbudaya.

Penyelenggaraan Indonesia Channel 2010 dibuka untuk umum dan terbagi menjadi dua bagian yaitu : Pameran lukisan oleh 9 orang pelukis muda asala Spanyol, Perancis, Italia dan Amaerika Serikat di Balai Pemuda yang dibuka mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

Sedangkan pagelaran Seni dan Budaya Indonesia akan diselenggarakan Jum\'at (22/10) pukul 19.00 di Taman Surya, Balai Kota Surabaya. Pagelaran ini akan menampilkan 50 orang berbakat yang berasal dari 28 negara yaitu Afrika Selatan, Austria, Azerbaijan, Balanda, Fiji, India, Indonesia, Inggris, Jepang, Kamboja, Kepulauan Solomon, Kiribati, Korea Selatan, Laos, Nauru, Papua New Guinea, Perancis (Koledinia Baru), Rusia, Samoa, Suriname, Thailad Tiongkok, Timor Leste, Tonga, Tuvalu, Vanuatu dan Vietnam.

Indonesia Channel merupakan acara puncak dari program BSBI yang secara rutin diselenggarakan oleh Kemlu sejak tahun 2006. Indonesia Channel telah diselenggarakan di berbagai kota yaitu: Solo (2009), Yogyakarta (2008), Jakarta (2007), dan Bandung (2006).

Sementara itu, Program BSBI adalah program rutin yang diselenggarakan Kemlu RI sejak 2003 untuk memajukan kekuatan seni dan budaya Indonesia untuk menjadi salah satu aset Soft Power Indonesia. Program ini diharapkan dapat menciptakan konstituen diplomasi RI di kalangan masyarakat internasional sekaligus meningkatkan pemahaman dan rasa kecintaan terhadap seni dan budaya.

Selama tiga hari kedepan, Surabaya akan menjadi tuan rumah Indonesia Chanel 2010 sebab, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menggelar Indonesia Channel 2010, 21-23 Oktober 2010 di Surabaya. Acara ini menampilkan seni budaya dari berbagai daerah Indonesia, yang akan dipersembahkan oleh 59 peserta dari 31 negara.

Sumber :
Detik Surabaya, Seniman Asing Hibur Warga Surabaya di Indonesia Channel 2010
Situs Resmi Pemerintah Kota Surabaya, Kenalkan Budaya Surabaya Melalui Indonesia Channel

Terima Kasih Kunjungannya
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

0 Response to "Indonesia Channel 2010"

Post a Comment

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *