Tips Aman Berbelanja Online

Tips Aman Berbelanja Online - Internet saat ini sudah mengalami kemajuan yang begitu pesat. Internet bukan lagi sekedar sarana orang mencari dan bertukar informasi, bukan lagi sekedar mojok di berbagai situs jejaring sosial atau sekedar mencari informasi film-film panas lalu mendownloadnya sebagai cinderamata. Internet saat ini mengalami peralihan fungsi yang sangat mencolok. Sebut saja salah satu kegiatan yang saat ini banyak dilakoni orang-orang yakni Jual Beli Online. Jika kita jeli, sebetulnya banyak celah di dunia internet yang bisa kita manfaatkan untuk berjualan, sebaliknya banyak juga barang dan jasa yangdi tawarkan si seantero jagad internet yang bisa kita dapatkan melalui pembelian online. Barang dan jasa tersebut terdiri dari bermacam-macam. Misalnya situs yang khusus menjual Baju Korea atau Tas Branded dan lainnya yang mana proses pembeliannya dilakukan secara online. Dan transaksi jual beli online untuk saat ini sebenarnya sudah banyak yang melakukannya walaupun tingkat keamanan bertransaksi masih riskan dari kejahatan seperti penipuan dan lain-lain.

Situs jual beli online yang sudah terkenal seperti eBay, Walgreens, iTunes atau Dell tentunya sudah mendapat kepercayaan dunia internasional. dan di situs-situs ini transaksinya pun tergolong aman karena pembayarannya harus melalui rekening PayPal. Namun kadang-kadang ada sistem jual beli yang kita lakukan dengan pihak ketiga yang mana proses transaksinya tidak terhubung dengan situs-situs utama. Jika anda pernah atau akan melakukan transaksi jenis ini sepertinya perlua kehati-hatian. Ada beberapa tips yang akan saya bagikan yang mana bisa membantu anda dan menciptakan keamanan dalam bertransaksi online dengan harapan bisa memberi perlindungan informasi online anda.
Berbelanja Online
Tips Aman Berbelanja Online
  • Enkripsi URL, ada cara mudah yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs yang aman adalah dengan mencari URL dalam format https. Tambahan huruf S ini menunjukkan transmisi digital dari situs yang sedang dienkripsi.
  • Logo atau stempel, Logo dari penyedia layanan keamanan seperti VeriSign dan McAfee memiliki arti kalau situs tersebut dilindungi oleh perusahaan keamanan tertentu. Verifikasi legitimasi segel dengan mengklik di atas link yang membawa Anda ke laman verifikasi keamanan layanan.
  • Bar hijau, adanya warna hijau pada address bar menunjukkan kalau situs tersebut telah diperiksa keabsahannya. Bukan merupakan situs phishing. Tampilan ini biasa terlihat di situs e-commerce dan situs bank. Versi terbaru dari browser umumnya menggunakan warna hijau sebagai cara untuk memperlihatkan adanya lapisan keamanan yang dikenal sebagau sertifikat SSL validasi diperpanjang.
  • Malware, Jujur saja, tidak satu pun dari enkripsi mampu mengatasi malware keylogger yang sudah terinfeksi. Bentuk dari penipuan ini biasanya mengunduh perangkat lunak tanpa izin dan menangkap keystrokes di layar lalu mengirimkannya ke hacker. Anda perlu berhati-hati terhadap hal ini. Pertahanan yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan perangkat lunak dengan keamanan yang berkualitas dan terupdate.
  • Piranti lunak manajemen sandi, Simpanlah data login dan personal data anda dalam format web yang dienkripsi di komputer dengan menggunakan software manajemen sandi. Anda akan aman memasukkan data pribadi anda pada situs tanpa mengetiknya ulang.
  • Gunakan kartu debit sebagai kartu kredit, sebenarnya kartu debit sedikit berisiko karena proses transaksinya adalah menarik uang langsung dari rekening Anda. Saran saya adalah harus berhati-hati.
  • Layanan pembayaran, layanan pembayaran seperti PayPal, Google Checkout dan BillMeLater menawarkan beberapa pengamanan tambahan untuk mempercayakan informasi akun sensitif Anda. Hal ini sangat berguna saat Anda sering membeli barang online di eBay, Etsy.com atau merchant-merchant lainnya.
Okey, mungkin segitu dulu tips yang bisa saya bagikan, semoga bisa membantu anda dalam Berbelanja Online.

refferensi materi : mediaindonesia.com

Related Posts:

2 Responses to "Tips Aman Berbelanja Online"

  1. makasih gan untuk tipsnya

    ReplyDelete
  2. Kalau sudah begini kan belanja online jadi aman dan nyaman bebas was-was. Menurut pendapat saya, saat ini toko online berusaha meningkatkan layanan keamanannya karena itu menjadi faktor menentukan kenyamanan konsumen dalam melakukan transaksi. Kemudahan, kecepatan, keamanan akan menentukan perkembangan toko online. Makasi tipsnya mimin

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *