Rini Sugianto, Animator Indonesia Tembus Hollywood

Rini Sugianto, Animator Indonesia Tembus Hollywood - Siapa sangka seorang gadis asal Indonesia bisa dengan leluasa menembus Hollywood? Dialah Rini Sugianto. Berkat kecintaannya pada seorang detektif bernama Tintin dalam sebuah serial komik semasa kecil, Rini Sugianto, seorang animator asal Indonesia berhasil menembus dunia perfilman Hollywood yang mana kita ketahui bersama sangat sulit ditembus oleh “orang-orang luar”.

Sekilas Tentang Komik Petualangan Tintin

Petualangan Tintin sendiri adalah sebuah komik yang diciptakan oleh seorang artis dari Belgia bernama Hergé. Komik Petualangan Tintin ini untuk pertama kalinya diedarkan dalam bahasa Perancis yang dimuat sebagai lampiran di koran Belgia, Le Vingtième Siècle pada tahun 1929. Petualangan Tintin kala itu sengaja dimuat di koran yang secara khusus dipersembahkan untuk anak-anak. Karena penulisan komik ini tersu berlanjut dari tahun ketahun, akhirnya serial menjelma menjadi bacaan favorit dan bahan kritikan dari para kritikus selama lebih dari 70 tahun. (sumber: wikipedia)
The Adventures of Tintin
Mungkin saja karena menjadi bacaan favorit, serial komik ini pun menarik minat baca dari Rini Sugianto sewaktu masih kecil. Alhasil, dia akhirnya keranjingan membaca komik ini, dan Tintin pun menjadi tokoh favoritnya.

Profil Rini Sugianto, Animator Indonesia Tembus Hollywood
Rini sugianto adalah seorang gadis Indonesia lulusan S2 dari Academy of Arts di San Fransisco, California. Selama ini ini dia menetap di California. Namun setelah mendapat tawaran untuk ikut menggarap film animasi The Adventures of Tintin yang di sutradarai oleh stephen Spielberg dengan komitmen dia harus pindah ke Selandia Baru, dia tanpa banyak pertimbangan langsung menyetujuinya. Mungkin karena dari kecil sudah mengidolakan tokoh Tintin inilah yang menjadi sebab Rini langsung menerima tawaran tersebut.

Sebenarnya film “The Adventures of Tintin” merupakan film layar lebar Hollywood pertama di mana Rini sugianto ikut serta menjadi salah satu animatornya. Ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dan sudah pasti cukup membuat hati Rini senang karena bisa diberi kesempatan untuk ambil bagian sebagai animator dalam film sebesar Tintin. Apalagi film ini disutradari oleh Stephen Spielberg, seorang sutradara besar dimana telah melahirkan beberapa film hebat seperti Indiana Jonse, the Extra-Terresterial (ET),  Jurassic Park, Gremlims, Back to Future, dan Who Framed Roger Rabbit.

Walaupun bekerjasama dengan seorang sutradara hebat, menurut pengakuan Rini Sugianto, dia bahkan belum sekalipun bertemu langsung dengan Stephen Spielberg. Hanya saja seminggu sekali ada director review lewat video conference. Jadi Rini hanya melihatnya dari video.

Kontribusi Rini Sugianto dalam Film “The Adventures of Tintin”
Rini mendapat peran dan andil yang cukup besar sebagai animator dalam film ini. Banyak adegan yang dikerjakan olehnya. Total ada 70 shot di film Tintin yang merupakan hasil karya Rini “Tintin” Sugianto.
Rini sugianto

Ketika mengetahui ada orang Indonesia yang berperan dalam sebuah film, apalagi film besar seperti Tintin, kita tentunya patut berbangga. Namun selain berbangga, kita juga patut merasa heran, kenapa orang hebat seperti ini justru mendapat kepercayaan di luaran sana? Banyak. Banyak sekali orang-orang hebat seperti Mbak Rini Sugianto. Tapi mereka justru memilih (dipercaya) untuk berkarya di luar negeri. Tanya kenapa!!!
Rini sugianto
Okey, akhir kata, saya ingin menginformasikan kalau saat ini, Rini sedang sibuk menggarap film animasi Hollywood lainnya yakni “The Avengers”. Mari kita nantikan. Dan mari berbangga. Oh ya, bagaimana pendapat sahabat sekalian tentang Rini Sugianto, Animator Indonesia Tembus Hollywood?
**** Disadur dari berbagai sumber****

catatan kaki (siapa?)
Pengertian Animator. Animator adalah seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar yang akan membentuk ilusi seolah-olah bergerak pada saat ditayangkan dengan cepat yang disebut dengan frame. Animator dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti film, televisi, video games, dan internet. Biasanya, sebuah karya animasi membutuhkan beberapa animator. Cara kerja dalam menciptakan gambar tersebut, sangat bergantung dari gaya dan keahlian mereka. (sumber)
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

3 Responses to "Rini Sugianto, Animator Indonesia Tembus Hollywood"

  1. Saya telah melacak situs Anda untuk waktu yang lama saya membaca artikel ini, ini adalah bacaan yang menarik saya akan terus memperhatikan lebih
    Artikel Anda adalah salah satu gaya yang paling klasik, ketika saya membaca sekali, saya telah sangat cinta dengan mereka, Anda berharap untuk bekerja lebih sempurna.

    ReplyDelete
  2. wow ternyata dia animator the avenger juga tah

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *