Selamat Hari Kartini Wahai Wanita Indonesia

Selamat Hari Kartini Wahai Wanita Indonesia
Setelah sekian minggu absen dari gelap dan dinginnya (OL malam-malam) dunia blogging akhirnya hari ini, 21 April 2012 dimana hari ini bertepatan dengan Hari Kartini, saya mencoba untuk membuka blog ini sekedar corat coret sedikit soal Hari Kartini dengan harapan semoga gairah ngeblogku bisa kembali seperti sedia kala. Yah berharap semangat R. A. Kartini berpuluh-puluh tahun yang lalu itu bisa menjadi motivasi bagi saya untuk terus menggeluti dunia blogging ini.

Sekali lagi saya ucapkan Selamat Hari Kartini Wahai Wanita Indonesia.... semoga kita semua dan Kaum Wanita pada umumnya bisa meneruskan perjuangan Kartini dalam memperjuangkan hak-hak kaum wanita di Indonesia yang tercinta ini.

Semua mungkin sudah mengetahui alasan di balik penetapan tanggal 21 April di setiap tahun sebagai hari besar negara Indonesia. Namun, jika ada saja orang yang masih berada di zaman prasejarah alias belum mengetahui alasan ditetapkannya tanggal 21 April sebagai Hari Besar Indonesia, maka saya ajak anda untuk memahami alasannya sebagai berikut.

Kenapa?
Tanggal ini "dikeramatkan" karena merupakan hari lahirnya seorang Wanita Indonesia yang memiliki sebuah pemikiran yang bisa dibilang begitu modern. Wanita ini bernama Raden Ajeng Kartini. Dia lahir pada tanggal dan bulan ini (21 April) pada tahun 1879. Pada saat remaja, wanita yang aktif berorganisasi ini sering dan selalu memperjuangkan hak-hak kaum wanita Indonesia yang pada saat itu menurut dia sangat tidak diperhatikan. Kaum Wanita pada jamannya Kartini mengalami apa yang dinamakan diskriminasi sosial. Mereka begitu diikat oleh aturan adat dan tradisi, hidup dibalik dinding-dinding pingitan, kesempatan untuk mengenyam pendidikan pun tidak ada dan bahkan kebebasan berbicara oleh Kaum Wanita sama sekali tidak diperbolehkan.
ucapan selamat hari kartini 2012
gambar sy pinjam dari http://www.inilah.com/read/detail/1439442/selamat-hari-kartini-wanita-indonesia
Kaum wanita pada masa itu hanya mengenal tiga tempat yang dilambangkan dengan inisial "3UR" yakni, Di Dapur, Di Kasur dan Di Sumur. dan masih ada beberapa hal lain yang sangat mengekang kebebasan berekspresi untuk kaum wanita pada masa itu. Maka, dengan melihat diskriminasi ini, tergeraklah hati nurani R. A. Kartini untuk memperjuangkan hak-hak kaum wanita agar bisa bebas berekspresi selain  3UR di atas. dan usaha Kartini mendapat apreasiasi dari berbagai kalangan. Negatif dan positif tentunya. Namun karena beliau begitu gigih berjuang akhirnya cita-citanya terwujud. Lihat saja Wanita Indonesia di zaman modern ini. Apa yang anda lihat? Tanya kenapa?

Karena usaha Kartinilah maka Kaum Wanita bisa menikmati dunia ini sama seperti kaum pria. Dan karena perjuangannya inilah makan Pemerinta Negara Republik Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Besar. Yahh sekedar untuk mengenang dan menghormati jasa-jasanya di masa lampau.

Selamat Hari Kartini Wahai Wanita Indonesia....

JIka ada sahabat yang "barangkali" melontarkan pernyataan seperti di bawah ini :

Ga rela kalo WANITA mendominasi apa yg seharusnya jd tgas LAKI2. malu dong masak dipimpin WANITA!

Jujur saya tidak bisa bahas di sini, tapi sebenarnya ada sorang sahabat yang sudah menjelaskannya. Kalau sudi, maenlah ke blog beliau, nih alamatya : KARTINI VS PEMIKIRAN JAMAN BATU.
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

2 Responses to "Selamat Hari Kartini Wahai Wanita Indonesia"

  1. Ibu kita kartini putri sejati, putri indonesia, harum namanya :D

    ReplyDelete
  2. selamat hari kartini wahai wanita indopmesaia dan menjadi mantap surantap pokoe deh

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *