Hati-Hati Kalau Diajak Tukar Link

Hati-Hati Kalau Diajak Tukar Link. Tukar link atau istilah bahasa asingnya Link Exchange merupakan sebuah konsep membangun persahabatan antar webmaster serta menambah lalulintas link pada blog kita. Kegiatan ini sebenarnya disizinkan oleh google selama tidak menyalahi aturan. Aturan yang saya maksudkan adalah boleh bertukar link asalkan web/blog yang mau melakukan tukar link tersebut memiliki kesamaan tema dan topik dengan web kita. Jumlah link yang disarankan untuk kegiatan ini pun dibatasi. Saya masih kurang paham berapa jumlah batasannya. Namun banyak yang menyarankan agar jangan berlebihan dalam melakukan Link Exchange.

Hati-Hati Kalau Diajak Tukar Link
Lha koq harus hati-hati, memangnya kenapa +Bang? Yah.. saya hanya menyarankan agar kita berhati-hati, karena tidak semua web/blog yang mengajak kita melakukan aktifitas ini benar-benar serius dan menguntungkan kedua belah pihak. Kebanyakan dari mereka hanya mengambil keuntungan sendiri. Mereka hanya mencari backlink dari web/blog kita sementara kita sendiri tidak mendapatkan apa-apa. Memang link web/blog kita terpasang manis manja group di halaman tukar link blog tersebut. Namun kita juga harus jeli, apakah halaman tukar link blog tersebut diindeks mesin pencari (google, bing, yahoo, dll) atau tidak? Karena banyak saya temukan halama-halaman tukar link dari beberapa blog dengan sengaja tidak mengizinkan robot google (robot mesin pencari) untuk mengindeks halaman tersebut. Kalau sudah begini, siapa yang diuntungkan dan sebaliknya? Jelas-jelas kita yang rugi, karena kita dengan tulus ikhlas memberinya linkback ke website/blognya dia, sementara blog tersebut tidak memberikan apa-apa. Tema/topik berbeda pula, benar-benar menyalahi aturan.

Lalu bagaimana cara mengetahui diindekx dan tidaknya sebuah halaman tukar link blog? Caranya sangat mudah. Saya menggunakan sebuah add-ons dari mozila firedox, namanya Seo Doctor. Untuk mengenal lebih intim add-ons ini, saya mengajak sobat semua untuk membaca artikel lawas saya: SEO Doctor, Free SEO Tool Untuk Anda. Hanya saja dalam penjelasan di artikel tersebut masih ada kekurangan mengenai pengecekan indeks dan tidaknya sebuah halaman web/blog.

Lanjut..!!! Setelah add-ons seo doctor terintegrasi dengan browser firefox, cobalah untuk membuka sebuah halaman web. Tunggu sampai selesai loading, lalu perhatikan add-on barnya. Letaknya paling bawah browser, letak seo doctor biasanya di tengah. Jika muncul bendera warna hijau atau kuning beserta berapa persen (%) di sebelahnya berarti halaman web tersebut masuk dalam gerayangan indeks google. Sebaliknya, jika halaman tersebut tidak masuk dalam perayapan robot google, maka akan muncul tulisan "None" dengan logo merah di sebelah kirinya. Coba klik logo merah tersebut. Page Indexable. Tampilannya kurang lebih seperti di gambar berikut :
Page Indexable

Bagaimana, apakah artikel ini membantu? Jika ya maka saudara.. saudara... berrrrrrrhati-hatilah mengisi BBM campuran...... maksud saya, berhati-hati dan harus jeli menerima pinangan tukar link dengan orang lain. Salam Blogger...
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

26 Responses to "Hati-Hati Kalau Diajak Tukar Link"

  1. Jadi seperti itu yah sob ... :) saya sekarang tidak melakukan tukar link .. :D

    ReplyDelete
  2. makasih pencerahannya bang ancis,,,,
    maya bru tahu

    ReplyDelete
  3. wah jadi gitu ya bang ancis? pahahal kita udah iklash untuk naruh linknya. eh malah jadi gitu ya. kok gak pernah ke blog aku lagi bang? kickymaulana.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah kalo tuker link di sidebar, sy jg pasti mau Sob, tp pasti mikir2 kalo ada halaman khusus...

      Delete
  4. wah ane baru tau, makasih gan udah perhatian sama blogger blogger lain hehe :)

    ReplyDelete
  5. Kalo saya cuma modal kejujuran antar teman aja kok sob. Gak mikir sampe segitunya. Klomau tukar link ya main jujur aja.

    ReplyDelete
  6. itulah sebabnya saya kurang suka dengan link exchange yang menggunakan halaman posting bang, padahal gak susah ya bang pasang blogroll di sidebar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Sob, klo di sidebar, semua pasti mau, wkwkwk

      Delete
  7. Dulu aku masih sering diajak utk tukeran link, tapi sekarang sudah gak lagi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, malah halaman tuker linkku (karena dulu buanyak sekali jd pake halaman khusus) sudah sy hapus...

      Delete
  8. Bener mas.apalagi kalau kita sudah pasang linknya diblog kita..tapi beberapa hari kemudian link kita dihapus ..kan rugi.saya pernah ngerasain yang begituan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... bukannya apa tapi kan harus ada timbal balik, kecuali link kontes atau pa, g ada timbal balik jg g papa...

      Delete
    2. Mas wahyu sama dg sy dong..makanya sy skrng stopin buat sementara :)

      Delete
    3. Saya malah lebih dr itu, blogrol di sidebar plus yg di halman khusus saya hapus semuanya, hehehehee

      Delete
  9. Wah baru tau malah saya bang. makasih infonya..

    ReplyDelete
  10. wahhh bahaya nihh, makasih atas infonyaaa...

    ReplyDelete
  11. Ok terimakasih mas infonya, jadi lebih berhati2 lagi nih.

    Hehe

    ReplyDelete
  12. kalau kita menggunakan atribut blogger list. apakah harus di periksa terindexs atau tidak sob...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg lewat menu blogger selama ini sih index Sob, tp sepertinya bisa di setting di dalam edit html utk no index, barangkali...

      Delete
  13. Dari dulu ane gk pernah mau kalo tuker link di page tertentu, kalo di sidebar ane mau :D

    ReplyDelete
  14. Wah,info mantap nih...
    Baru tahu saya...
    Makasih tas infonya,Mas...
    Nanti tak coba ya.... :)

    ReplyDelete
  15. wah...untung gue gak pernah tukar link gituan bang heheheh...bermanfaat nih buat gue bang

    komen back ye

    ReplyDelete
  16. ngeri jg ya gan..

    come back.

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *