Mengendalikan Mulut

Organ indera yang terpenting dan paling besar pengaruhnya adalah lidah. Bila engkau dapat menguasai lidah yang terdapat dalam rongga mulut, maka dengan mudah pula engkau akan menguasai semua organ indera lainnya.

Kuda dapat berlari cepat, tetapi bila kendali (tali) dipasang dimulutnya tempat lidah bersemayam, dan dipegang/ditarik erat-erat, seluruh gerakan hewan ini akan dengan mudah dikendalikan. Bagaimana tali yang kecil itu dapat mengendalikan binatang yang besar, kuat dan cepat larinya itu? Jawabannya adalah krena mulut merupakan bagian bada kuda yang paling peka dan penting bila ditinjau dari segi pengendaliannya. Sekali mulut dikekang, binatang itu dapat dikendalikan seluruhnya.
Mengendalikan Mulut
image from tiogadentalnews.com
Paragraf di atas hanyalah sebuah pengandaian bagaimana pentingnya sebuah lidah dan mulut pada seekor kuda. Tapi sebenarnya, jika pada manusia, mulut dan lidah pun merupakan indera terpenting di antara kelima organ lain. Dengan percikan api yang kecil kita dapat menyalakan api unggun yang besar. Kekuatan bicara dapat dimisalkan dengan percikan api. Dengan mengendalikan lidahmu, sebenarnya engkau dapat mengendalikan dunia.

Kemampuan bicara dapat digunakan untuk tujuan yang mulia dan luhur namun bisa juga disalahgunakan secara keji dan jahat. Ia dapat digunakan untuk memberikan doa restu namun di saat yang sama bisa juga digunakan untuk mencela dan memfitnah orang lain. Lidah juga memiliki kemampuan untuk membedakan citarasa yang baik dan buruk. Karena itulah banyak tetua-tetua tempo dulu menyarankan sebuah kebenaran yang sangat baik dan terpuji serta bermanfaat :
"Jangan kau biarkan dirimu terlibat dalam percakapan yang tidak berguna. Sebaliknya sibukkan dirimu dengan menyanyikan dan mengharumkan nama Tuhan dengan kebaikan dan kebenaran."
Ada juga pepatah yang mengatakan bahwa kaki yang tergelincir mungkin tidak akan menyebabkan cidera yang berat, tapi lidah yang tergelincir dapat menjerumuskan engkau ke dalam kesusahan yang berlarut-larut. Lidah yang digunakan secara sembrono dapat menyakiti dan memedihkan hati orang lain.

Ingat :


@WMP 1990
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

19 Responses to "Mengendalikan Mulut"

  1. Bak pepatah bilang mulutmu lebih tajam daripada belati...kayaknya sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha... coba masukin belati ke mulut mana yang menang wkwkwk :D

      Delete
    2. @Jenx Indah (maap sy lupa nama asline/// intip FB dulu), setuju sama pendapatnya.. hehehe

      @Brow Intan, jiahhh koq malah diadu????

      Delete
  2. mulutmu harimau mu, sama sama mengucap hendaklah mengucap yang baik dan bermanfaat daripada mengucap yang kotor dan hanya membuang buang energi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uppss.. beri pendapat apa marahin admin blognya nih? wkwkwkwkwk

      Delete
  3. kok kuda matanya di tutup bang?


    bicara yg bermanfaat dan seperlunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koq mata, May??? kalo matanya ditutup, sama aja kuda mau buat jalan baru... sembarangan larinya...

      Delete
  4. hmmm mengendalikan lidah saat emosi itu jg jauh lebih sulit mas,, aduh repot deh . hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmg sulit... hahahah pengalaman fribadi...

      Delete
  5. Mulutmu harimaumu, benar juga kata pepatah ya :D

    ReplyDelete
  6. Ole karena
    Orang bijak mengatakan
    Diam itu emas..ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka dari itu... kita aja yg jarang niru orang2 jadul... hahahahaa

      Delete
  7. tidak salah jika ada ungkapan, mulutmu hariamaumu..yah karena dari mulut kadang timbul permusuhan....

    ReplyDelete
  8. mulut bila digunakan secara bijak..tentulah kan menghasilkan sesuatu yang bijak pula dalam kehidupan dunia dan akhirat,
    demikian juga bila sebaliknya.....terimakasih sudah atas pencerahannya kawan....keep happy blogging always,,salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  9. mulut kalau nggak dikendalikan bisa bahaya ya mas hehehe harus dijaga mulut nya agar tidak berbuat salah :)

    ReplyDelete
  10. emang bner gan indera yang diciptain tuhan buat kita itu yang paling sensitiv itu memang mulut, kepleset sedikit bicaranya bisa merusak suasana tapi klo baik bisa jadi taulada baik bagi orang :)

    ReplyDelete
  11. mulut itu output dari semua indera ya.. bagaikan soud.. harus bner2 dijaga :)

    ReplyDelete
  12. emang yang namanya mulut harus dijaga yah min, makasih infonya..sukses selalu

    ReplyDelete
  13. Selamat malam sobat.
    Artikelnya sangat bermanfaat sob tentang mengendalikan mulut ini. Terus terang saya nggak bisa mengendalikan mulut sob hehehe. Izin belajar dan menyimak dengan seksama informasi yang dijelaskan dalam artikel diatas. Terimakasih sobatku

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *