Suci Dalam Debu

Suci Dalam Debu. Pasti banyak yang sudah akrab dengan lagu ini, kecuali orang-orang yang mengaku musisi tapi tidak pernah mengenal alur musik dari tahun-tahun sebelumnyalah yang barangkali tidak mengenal lagu ini. Suci Dalam Denu merupakan sebuah lagu dari negeri seberang, Malaysia ini pernah merajai chart musik di beberapa negara di tahun 90an silam, di antaranya Indonesia, Singapura, Brunei, Thailand, dan Gugusan Kepulauan Melayu Cocos serta tidak ketinggalan Negeri Kanguru: Australia. Lagu ini cukup menggemparkan.

Dengan aliran khas Malaysia tahun-tahun itu: Slow Rock, di tambah dengan judulnya yang indah namun sulit dipahami membuat lagu ini seolah tidak terkubur dan hilang meski ribuan lagu populer banyak yang datang dan pergi, muncul lalu menghilang.
Suci Dalam Debu
Suci Dalam Debu
Oh ya, sebenarnya saya tidak ada rencana sama sekali untuk menulis di blog ini. Hanya karena penasaran dan emosilah yang memaksa saya melakukan aktifitas ini. Awalnya saya mendengar lagu ini di Youtube. Saya lantas penasaran dengan makna yang tersirat dalam lagu tersebut, karena jujur saja, meski sudah akrab di telinga, namun makna dari lagu ini masih buram di fikiran saya. Karena itulah saya mencoba mengobrak-abrik mbah gugel, mencari tahu makna lagu Suci Dalam Debu ini.

Setelah memenuhi rasa penasaran dengan mencari informasi sana sini, yang saya dapati malah emosi. Siapapun bakal emosi. Betapa tidak, dari halaman 1 sampai halaman 10 di pencarian google, semua yang muncul hanya berisi Link Download Lagu Suci Dalam Debu plus beberapa tulisan menyangkut lirik lagunya. Apa yang saya harapkan tidak saya temukan alias Not Found. Kenapa semua menampilkan Link Download Lagu ini, kenapa tidak sekalian Link Download Video Asusila Threesome di Bogor Beredar via Ponsel yang sedang naik daun? #Daun Dinaikin#. Apa blogger-blogger lendir tidak tergiur ribuan visitor dengan menyediakan link download video ini??

Hahaha...Stop...!!! Stop...!!! Setoooooooopp..!!!

Dan trenyata pemirsa, saya akhirnya berhasil menemukan juga apa yang saya cari. Setelah ngambek dengan mbah gugel, saya akhirnya coba mampir ke sebuah forum terbesar di Indonesia: Kaskus. Meski belum 100% memuaskan dahaga saya, namun tidak ada salahnya saya share ke mari makna Lagu Suci Debu menurut seorang kaskuser di sana. Ingat, makna lagu ini bukan sekedar kisah cinta antara sepasang kekasih, karena menurut penerawangan saya, ada makna lain yang lebih besar dan dahsyat dari sekedar kisah percintaan yang konon sangat laku di Industri Musik Tanah Air...

Makna dan Arti Lirik Lagu Iklim, Suci Dalam Debu

engkau bagai air yang jernih (jiwa atau hati kita pada dasarnya bening/jernih.)
di dalam bekas yang berdebu (asad/badan kita)
zahirnya kotoran itu terlihat, kesucian terlindung juga (maksudnya walaupun di dalam jasad kita yang sudah kotor/banyak dosa, ada yang selalu suci yaitu kata hati).

cinta bukan hanya di mata, cinta hadir di dalam jiwa,
biarlah salah di mata mereka, biar perbezaan terlihat antara kita,

(maksudnya di mata manusia itu kita terlihat berbeda-beda atau dibeda-bedakan)

kuharap engkau kan terima, walau dipandang hina,
namun hakikat cinta kita, kita yang rasa,

(tentang hubungan pribadi manusia dengan Tuhannya yang orang lain takkan tahu.)

Reff :
suatu hari nanti pastikan bercahaya, pintu akan terbuka kita langkah bersama,
(Suatu saat semua akan jelas, saat terbuka hijab atau after life.)

di situ kita lihat bersinarlah hakikat, debu jadi permata hina jadi mulia,
(semua bertambah jelas apa yang kita anggap baik dan benar di dunia belum tentu benar di akhirat nanti)

bukan khayalan yang aku berikan, tapi keyakinan yang nyata, (disuruh belajar. hehehe)
kerana cinta lautan berapi, pasti akan kurenang juga,
(para pencari akan mencari sampai kemanapun, tapi...... mencari apa ???)

=archivekaskus=

Yahhh.. meski tidak 100% tapi saya cukup puas dengan terjemahan bebas ini. Salut buat kaskuser yang berhasil menerjemahkan ini.
And the last, saya berharap semoga ada pelajaran yang bisa dipetik dari lagu ini. Adakah lagu di negeri kita Saat Ini yang Liriknya membuat kita penasaran?? Kalau ada mohon informasinya.

Related Posts:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *