Internet 4G LTE Hadir di Indonesia

Jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) di Indonesia saat ini sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Hal ini bisa kita lihat dari aktifitas sejumlah operator yang sedang melakukan di beberapa daerah. Bahkan Telkomsel, salah satu perusahaan plat merah baru saja meresmikan layanan 4G LTE-nya meskipun belum mencakup seluruh daerah Indonesia, begitu informasi yang saya terima. Sementara jaringan 4G LTE untuk operator lain seperti XL dan Indosat akan mulai diresmikan awal tahun depan, 2015.
Akhirnya, sesuai perkiraan sebelumnya, jaringan internet super cepat ini akhirnya menyambangi negara kita, Indonesia. Koneksi yang disinyalir berkecepatan 36 hingga 75 Mbps ini akhirnya resmi hadir akhir tahun ini meskipun salah satu perusahaan telekomunikasi Internux sudah meluncurkan layanan 4G LTE sejak setahun yang lalu.

Sebagai informasi, agar bisa menikmati layanan 4G, pihak operator mesti membuatkan kartu SIM Card baru yang mana sudah dilengkapi dengan fitu-fitur penunjang 4G LTE. Khusus untuk pengguna Telkomsel, kita hanya tinggal menukarkan kartu saja. Sim Card yang lama kita tukarkan dengan yang baru. Penukaran ini bisa dilakukan di gerai Grapari.

Lalu, perangkat apa saja yang mendukung koneksi 4G?
Untuk sementara, khusus pengguna Telkomsel, perangkat yang mendukung layanan 4G ini adalah sebagai berikut :
perangkat yang mendukung layanan 4G
Meskipun digadang-gadangkan sebagai jaringan yang super cepat, namun pendapat seorang pakar malah sebaliknya. Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi, kehadiran koneksi 4G LTE ini tidak serta merta menjadikan internet kita langsung ngebut karena infrastrukturnya juga belum memadai misalnya jumlah BTS (Base Transceiver Station) dan kecepatannya juga harus diupgrade.

Jadi, boleh saja kita menyambut dengan antusias kehadiran jaringan 4G LTE ini namun untuk mendapatkan hasilyang maksimal mungkin kita perlu bersabar dan memberi waktu pada operator untuk menyiapkan infrastruktur pendukungnya.

Related Posts:

15 Responses to "Internet 4G LTE Hadir di Indonesia"

  1. memang tidak mudah juga beralih ke 4G, selain bisa menukarkan sim card khusus untuk telkomsel dan pengadaan bts, customer juga harus beralih ke gadget yang sudah mendukung 4G juga, baik ponsel atau pun modem sudah mendukung 4G
    ponsel saya masih 3G dan modem masih 3.5G.. :)
    selain itu juga, biaya untuk penggunaan jaringan 4g juga relatif lebih mahal dari jaringan 3G..
    saya menggunakan telkomsel flash bulanan 70ribu, kalau beralih ke 4G mungkin 100ribu atau lebih.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang betul juga yang Mbak Ana uraikan diatas, namun semua konsekwensi pasti ada seba dan musabab nya ya Bang,,? dengan biaya yang agak mahalan dikit 4g mungkin bisa memberikan layanan speed internet yang mungkin jauh lebih cepat ketimbang yang 3g maaf jika salah bantuan bales saya Mbak Ana + Bang Anis :)

      Delete
    2. @Ana, Yah begitulah, kita sebagai konsumen harap bersabar saja..

      Delete
  2. Merk dan typenya Internet yang sudah pakai feature 4 g di indonesia banyak juga ya Bang, saya masih pakai yang biasa nih Bang, pantesan aja lemot, makasih atas info bermanfaat ini Bang Ancis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa.. saya juga masih jadul nih... hahahaha

      Delete
  3. Wah keren Juga nih Tapi,Belum Banyak daerah yg tercakup. musik-lagump3.heck.in

    ReplyDelete
  4. teknologi jaringan tambah maju, tapi kalo perangkatnya nggak sesuai spek ya percumah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya operator lain masih sibuk njajal... semoga saja Telkomsel bisa mencakup seluruh Nusantara,,,,,,,

      Delete
  5. Kayaknya perlu di perbaiki itu pelayanan nie....
    jangan sampai dengan mengeluarka teknologi baru malah menyulitkan pelanggan

    salam sukses deh

    ReplyDelete
  6. internet di Indonesia bakal lebih wus-wus dengan teknologi 4G LTE :D

    ReplyDelete
  7. sips memang Indonesia butuh teknologi yang seperti ini. :D

    ReplyDelete
  8. Walaupun kecepatannya cepat, tapi kalau masih putus-putus juga rasanya sama saja. Semoga ini gak banyak putus-putusnya.

    ReplyDelete
  9. tapi gak semua daerah ada ya mbah, kok ditempat ane belum ada

    ReplyDelete
  10. apa itu masih d beberapa tempat perkotaan saja?

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *