Cikal Bakal Lagu Bagimu Negeri

Siapa yang tidak mengenal lagu Bagimu Negeri ciptaan Kusbini? Lagu yang sarat makna, sarat dengan nilai-nilai nasionalisme akan NKRI ini begitu menyentuh perasaan. Sebuah lagu yang sering dinyanyikan sekedar untuk membangkitkan semangat cinta tanah air, semangat membangun negeri. Bahkan ketika gubernur nonaktif DKI Jakarta Ahok ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus "Dugaan Penistaan Agama", lagu ini pun dinyanyikan oleh para pendukungnya.

Namun, di balik sakralnya lagu "Bagimu Negeri karya Kusbini ini, apakah kita semua paham akan sejarahnya? Apa yang memotivasi Kusbini untuk menciptakan lagu dahsyat ini?
Source http://orig12.deviantart.net/27c5/f/2007/202/9/b/bagimu_negeri_by_santi.jpg
Alkisah, kedatangan Jepang justru memperparah kondisi ekonomi, politik, sosial dan budaya bangsa Indonesia yang waktu itu baru saja ditinggalkan Belanda. Jepang melarang keras paham nasionalisme tumbuh subur di negara Indonesia. Semua jenis propaganda terkait nasionalisme Indonesia dikecam, bahkan dihilangkan, lantas digantikan dengan propaganda nasionalisme ala Jepang.

Melihat kondisi ini, pada tahun 1940-an, Presiden Ir. Soekarno memerintahkan Kusbini agar menciptkan lagu nasional untuk mengimbangi propaganda kebudayaan Jepang pada masyarakat Indonesia.

Beberapa sumber sejarah mengatakan bahwa lagu Bagimu Negeri ini lahir sebagai pengganti sementara lagu Indonesia Raya karena lagu ini dilarang oleh Jepang. Alhasil, terbukti lagu Bagimu Negeri mampu mengembalikan semangat juang dan patriotisme para pemuda kala itu. (tvone)

Related Posts:

0 Response to "Cikal Bakal Lagu Bagimu Negeri"

Post a Comment

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *