Kepalsuan Itu Boleh Asal Jujur

Cara Cek Kepalsuan dan Plagiat di Sosial Media - Beberapa hari ini banyak sekali berhamburan di timeline sosmed saya terutama facebook, berbagai umpatan, makian, cibiran dan bentakan (bisa begitu, ya?) yang diberikan oleh para hatersnya Dek Afi Farida terkait tulisan di status facebooknya yang kembali dianggap sebagai sebuah hasil Copy Paste. Tidak masalah bagi saya sebenarnya. Namun melihat situasi timeline yang kurang kondusif seperti ini, insting hewani saya mengamuk ingin keluar mencari sumber paling sahih dari tulisan yang menjadi biang keributan ini, sekaligus menjajal tool facebook graph untuk mengecek tingkat kepalsuan dan plagiat di sosial media, dalam hal ini facebook.
Baca : Tentang Afi, Kasih, Mita dan Keributannya
Cara Cek Kepalsuan dan Plagiat di Sosial Media
Cara Cek Kepalsuan dan Plagiat di Sosial Media
 “Hah, mau ngecek kepalsuan di sosmed? Emang bisa, Bang?”

“Hahaha... bisa saja, kawan. Kalau ada niat pasti diberi jalan.”

“Ya.. ya..yaaaa... tapi facebook kan bukan Google, yang apa saja bisa kita cari...”

“Trus situ percaya kalo Google ‘hebat’?”

“Semua orang juga begitu bilangnya, bang”

“Hahahaa... memang hebat, tapi yang bener itu dia hebat dalam hal ngumpulin data, bukan hebat ngasih apa  saja yang kita cari.”

“Tapi kenyataannya kan...?

“Begini. Si Mbah itu bisa kita anggap dia perpustakaan, pusat informasi sekaligus etalase. Dia ngumpulin semua judul buku (artikel, file etc). Setiap buku dicatat lengkap sama dia sampai hari bulan tahun menit bahkan detik. Menurut saya, Mbah itu pusat informasi dari semua yang ditulis dan simpan orang-orang di internet.”

“Nah, hebat kan, bisa ngumpulin semuanya...”

“Yang hebat itu oknum-oknum yang dengan ikhlas menulis dan berbagi apa saja di situs, web dan blognya. Oknum-oknum ini juga membutuhkan sebuah etalase untuk memajang apa yang dia hasilkan, makanya ada Google dan kawan-kawan. Hebatnya si Mbah adalah bisa ngumpulin semuanya dalam bentuk catatan yang dipajang di etalasenya.”
Baca: Facebook Graph Search vs Google Search
“Hmmmm... trus??”

“Etalase ini ada beberapa, selain Google, ada juga  Yahoo yang sebentar lagi tinggal nama itu. Ada juga Bing punya microsoft, dan masih banyak lagi. Mereka inilah etalasenya para penggiat dunia maya. Cara kerja etalase ini sederhana menurut kita orang awam. Mereka ngumpulin semua informasi yang ada di internet lalu dipajang. Jadi, ketika kita mencari sesuatu dan kebetulan sesuatu itu ada di pajangannya mereka, maka kita lantas diarahkan ke situs, web dan blog asli  yang menuliskan sesuatu yang kita cari tadi... Bayangkan kalo tidak ada Google dan kawan-kawan, kita mesti hapal semua situs, web dan blog yang jutaan jumlahnya itu.”

“Owhhh saya paham.... kalau Facebook dan cara cek kepalsuan di atas?”

“Cara kerja facebook sebenarnya mirip dengan Google dkk di atas, namun yang dicatat sama facebook hanya sebatas apa yang tertulis dan terupload di situs facebook saja. Nah, dengan teknologi terbarunya “Facebook Graph”, tanpa hashtag pun kita bisa telusuri sebuah kiriman/tulisan yang kita anggap plagiat, copy paste dari tulisan lainnya..”

“Yups... Caranya, Bang???”

“Halahhh.... Sangat mudah. Copykan saja satu kalimat dari tulisan yang kamu anggap copy paste, lalu masuk kepencari facebook (versi web) dan tempelkan/paste kalimat tadi dengan format post about “kalimat yang dicopy tadi” lalu enter. Atau sebagai contoh, jika ingin mengecek siapa saja yang pernah menulis kalimat “insting hewani saya mengamuk”, maka kita tinggal masuk ke pencarian facebook lalu tulis saja Post About “insting hewani saya mengamuk” lalu enter. Nanti akan muncul semua status facebook yang ada kalimat “insting hewani saya mengamuk.”nya. begitu...”
Cara Cek Kepalsuan Plagiat di Sosial Media
Kepalsuan Itu Boleh Asal Jujur
Baca: Tips Jitu Pencarian di Facebook
“Wahhh.. ternyata guampang banget ya, Bang? Hanya sepotong tapi ulasannya kayak naskah drama.”

“Hahahaha... begitulah kalau gagal diet. Semua aspek jadi melar, hahahaa.... Oh ya, kalau mau ngecek kepalsuan di Google malah lebih gampang. Tinggal pastekan saja kalimat bahkan paragraf yang dicurigai di pencarian Google tanpa tanda titik koma petik dan sebagainya lalu enter..... Dari sekian banyak hasil yang mengambang, hasil dengan tanggal, bulan dan tahun tertualah penulis aslinya.”

“Lha koq lebih hebat dan sederhana versinya Mbah Google ya, Bang?”
“Emang..!!!!”
Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar
Cancel