Kiat Aman Mengemudikan Mobil Bagi Kaum Lansia

Aktivitas yang padat membuat kita harus lebih mandiri saat menyelesaikannya. Salah satu caranya adalah mengemudikan mobil sendiri. Usia tua bukanlah halangan bagi masyarakat modern. Sebab kini justru banyak lansia yang masih memilih menyetir mobil secara mandiri.

Kaum lansia bisa mengemudikan mobil secara aman dan nyaman asalkan kesehatannya selalu prima. Apalagi kini sudah ada Asuransi Mobil All Aisk yang siap memproteksi kondisi mobil. Sejak ada broker asuransi online bernama Futuready, tinggal klik website ini untuk memperoleh informasi dan pilihan asuransinya:
https://www.futuready.com/asuransi/produk/mobil/
Selain itu, kaum lansia juga patut memahami kiat aman ini bila ingin mengemudikan mobil sendiri:

Kondisi Fisik Harus Senantiasa Prima
Kaum lansia yang ingin mengemudikan mobil sendiri harus memastikan kalau kondisi fisiknya benar-benar prima. Jangan sampai ada penyakit yang kambuh akibat kelelahan mengemudi. Fisik yang prima juga akan membuat kita lebih fokus dan tenang saat berkendara.

Jangan Mengemudi Dalam Waktu Lama
Idealnya, seorang lansia sebaiknya mengemudi selama 1 hingga 2 jam dalam satu kali perjalanan. Durasi mengemudi tersebut terbilang cukup dan tidak akan terlalu melelahkan. Terutama bila harus melintasi jalanan yang macet. Istirahatlah agak lama sebelum melanjutkan perjalanan panjang dengan durasi lebih dari 2 jam.

Menyimpan Kontak Penting Saat Mengemudi
Ada beberapa kontak penting yang harus disimpan saat mengemudi, antara lain kontak orang-orang terdekat, bengkel langganan, dan fasilitas derek resmi. Jika terjadi kerusakan atau hal-hal tak diinginkan saat mengemudi, kita pun bisa segera mengambil tindakan yang tepat. Langkah antisipasi ini akan membuat kita tetap aman dan nyaman berkendara di usia yang tak muda lagi.

Sebaiknya Ada yang Menemani
Aktivitas mengemudi akan lebih menyenangkan dan aman bila ada orang yang menemani kita. Sehingga kita punya teman untuk mengobrol selama mengemudi. Kita tak akan mudah mengantuk dan tingkat kewaspadaan pun tetap tinggi. Risiko kecelakaan akibat lelah dan mengantuk dapat diminimalkan.
Sudah siap berkendara sendiri saat harus bepergian?
Usia senja memang bukan halangan untuk mengemudikan mobil secara mandiri. Asalkan kita mengenal kondisi fisik dan mobil kesayangan dengan baik, tentu saja kita bisa mengemudi secara lancar dan nyaman setiap saat.

Terima Kasih Kunjungannya
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

24 Responses to "Kiat Aman Mengemudikan Mobil Bagi Kaum Lansia"

  1. kalo di indonesia kayaknya aku jarang nemu ada orang lansia nyetir mobil. tapi aku banyak di luar negeri masih banyak ditemukan tuh, mas. kalo di film-film tengah malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, tapi sebenarnya masih ada... hanya itu, masih bisa dihitung... tidak banyak jumlahnya...

      Delete
    2. sayah mah ek ngomong disini ah, males dibawah mah.

      ribet dan bikin repot banget udah lansia masih bawa mobil mah, apalagi segala kudu ditemenin, kalau emang gitu mah ya udah temennya ajah yang bawa, lansianya suruh tidur aja dijok belakang, kalau perlu suruh dudukmanis aja dibagasi belakang...aman dan beres kan begitu mah?

      Delete
    3. Wadoh di bagasi belakang? Kejam Maaaannngg... emangnya barang pecah belah lansianya????

      Delete
  2. Saya belum siap berkendara bang.. lha nyetir mobil aja belum bisa, sementara nyetir sepeda dulu biar lancar, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... sementara ini masih n yetir Manusia nih, hahahaa...

      Delete
  3. Boleh ni tips buat emak gue. Hhehee... Btw, tampilan blog nya rapi banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whew... salam buat emaknya ya... hehehe...
      Soal tampilan blog, sudah dari bawaannya pembuatnya koq, hehehe

      Delete
  4. Barusan kemarin sore aku lihat orang yang sudah lansia menyetir mobil, kalau nggak salah lagi kirim etalase di tempat saya.., sempat kagum juga lihat orang yang sudah seumuran dia masih bisa mengendalikan mobil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah salut... semoga beliau bisa baca info di sini biar bisa lebih savety lagi lah kalo nyetir...

      Delete
  5. Lansia juga butuh diberikan kepercayaan untuk mengemudikan kendaraan, tapi demi keamanan dirinya dan orang lain sebaiknya selalu ada pendamping
    Karena kepercayaan yang dibetikan pada lansia bisa menambah kebanggaan dan juga kebahagiaan baginya, dg adanya kebahagiaan diharapkan lansia bisa lebih bugar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah dari itu, saya menawarkan pendampingan seperti di tulisan di atas, Bro...

      Delete
    2. betul saya baca kok, jadi jangan sampai lansia beranggapan bahwa diusia senjanya dia merasa orang yg tdk berguna ini sangat berbahaya bagi kesehatan mentalnya

      Delete
  6. Riskan juga ya kalau Lansia nyupir lebih aman pakai supir pribadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan sih seperti itu...

      Delete
  7. ga tega nengok orang lansia bawa mobil sendiri hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sih Bro, tapi kalo gak ada sopir atau mmg beliau masih kuat gimana, hehehe...

      Delete
  8. Kalau bapak saya ada tambahan, selalu bawa kacamata.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... istirahat sudah mestinya... sudah rabun itu Bro...

      Delete
  9. Iya sih, masih nanyak lansia yg bawa Mobil sendirian,

    Yah selagi badannya masih kuat sih Tak apa2, to tetap dengan pemgawasan jg.

    ReplyDelete
  10. artikel ini kudu dibaca para lansia khususnya agar lebih aman didalam mengendarai mobilnya ya bang

    ReplyDelete
  11. Ditempat saya ada lansia yg masih sanggup bawa mobil truck hehe

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *