Hati-Hati Kalau Diajak Tukar Link

Hati-Hati Kalau Diajak Tukar Link. Tukar link atau istilah bahasa asingnya Link Exchange merupakan sebuah konsep membangun persahabatan antar webmaster serta menambah lalulintas link pada blog kita. Kegiatan ini sebenarnya disizinkan oleh google selama tidak menyalahi aturan. Aturan yang saya maksudkan adalah boleh bertukar link asalkan web/blog yang mau melakukan tukar link tersebut memiliki kesamaan tema dan topik dengan web kita. Jumlah link yang disarankan untuk kegiatan ini pun dibatasi. Saya masih kurang paham berapa jumlah batasannya. Namun banyak yang menyarankan agar jangan berlebihan dalam melakukan Link Exchange.

Hati-Hati Kalau Diajak Tukar Link
Lha koq harus hati-hati, memangnya kenapa +Bang? Yah.. saya hanya menyarankan agar kita berhati-hati, karena tidak semua web/blog yang mengajak kita melakukan aktifitas ini benar-benar serius dan menguntungkan kedua belah pihak. Kebanyakan dari mereka hanya mengambil keuntungan sendiri. Mereka hanya mencari backlink dari web/blog kita sementara kita sendiri tidak mendapatkan apa-apa. Memang link web/blog kita terpasang manis manja group di halaman tukar link blog tersebut. Namun kita juga harus jeli, apakah halaman tukar link blog tersebut diindeks mesin pencari (google, bing, yahoo, dll) atau tidak? Karena banyak saya temukan halama-halaman tukar link dari beberapa blog dengan sengaja tidak mengizinkan robot google (robot mesin pencari) untuk mengindeks halaman tersebut. Kalau sudah begini, siapa yang diuntungkan dan sebaliknya? Jelas-jelas kita yang rugi, karena kita dengan tulus ikhlas memberinya linkback ke website/blognya dia, sementara blog tersebut tidak memberikan apa-apa. Tema/topik berbeda pula, benar-benar menyalahi aturan.

Lalu bagaimana cara mengetahui diindekx dan tidaknya sebuah halaman tukar link blog? Caranya sangat mudah. Saya menggunakan sebuah add-ons dari mozila firedox, namanya Seo Doctor. Untuk mengenal lebih intim add-ons ini, saya mengajak sobat semua untuk membaca artikel lawas saya: SEO Doctor, Free SEO Tool Untuk Anda. Hanya saja dalam penjelasan di artikel tersebut masih ada kekurangan mengenai pengecekan indeks dan tidaknya sebuah halaman web/blog.

Lanjut..!!! Setelah add-ons seo doctor terintegrasi dengan browser firefox, cobalah untuk membuka sebuah halaman web. Tunggu sampai selesai loading, lalu perhatikan add-on barnya. Letaknya paling bawah browser, letak seo doctor biasanya di tengah. Jika muncul bendera warna hijau atau kuning beserta berapa persen (%) di sebelahnya berarti halaman web tersebut masuk dalam gerayangan indeks google. Sebaliknya, jika halaman tersebut tidak masuk dalam perayapan robot google, maka akan muncul tulisan "None" dengan logo merah di sebelah kirinya. Coba klik logo merah tersebut. Page Indexable. Tampilannya kurang lebih seperti di gambar berikut :
Page Indexable

Bagaimana, apakah artikel ini membantu? Jika ya maka saudara.. saudara... berrrrrrrhati-hatilah mengisi BBM campuran...... maksud saya, berhati-hati dan harus jeli menerima pinangan tukar link dengan orang lain. Salam Blogger...
Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar
Cancel