Jalan Tol Pertama di Bali

Jalan Tol Pertama di Bali. Yahhh Bali, khususnya wilayah Denpasar, Kuta dan Nusa Dua akan segera memiliki jalan tol. Walaupun baru kali ini kita mendengar ada jalan tol di pulau Bali, dan dalam proses pembangunannya, jalan tol Bali ini mendapat berbagai protes keras dari sebagian warga sehubungan dengan pengrusakan Hutan Mangrove, namun berkat sosialisasi yang ampuh dan merata, pembangunan jalan tol yang hingga saat ini belum diberi nama ini berlanjut.

Informasi terakhir yang saya dengar plus pengecekan saya sendiri, pembangunan jalan tol Bali ini sudah memasuki tahap finishing. Jalan tol yang menghubungkan Nusa Dua - Ngurah Rai - Benoa lewat laut ini sudah rampung dan akan segera digunakan oleh masyarakat luas. Selain itu, pembangunan jalan tol Bali ini juga dipersiapkan untuk menghadapi event internasional yang akan dilaksanakan di Pulau Bali pada tahun ini yakni APEC, Miss World, dan beberapa forum international lainnya.

Apa Nama Jalan Tol Pertama Bali
Walaupun pembangunannya sudah rampung, namun hingga saat ini namaresmi untuk Tol Pulau Bali ini belum ditetapkan. Banyak usulan dari masyarakat yang mengingikan nama jalan tol yang dibangun di atas laut ini adalah nama-nama tokoh pahlawan, terutama pahlawan yang berasal dari pulau Bali sendiri. Ada juga yang mengusulkan agar nama Jalan Tol, yang merupakan jalan tol di atas laut pertama di Indonesia ini memakai nama penguasa laut, Dewa Baruna, dengan sebutan kerennya Baruna Bali Tol atau Baruna Bali Highway.

Dari sekian banyak usulan nama Jalan Tol yang melibatkan hampir 3000 pekerja ini, nama-nama yang muncul dan sering dibahas adalah beberapa nama/tokoh terkenal diantaranya Jalan Soekarno-Hatta, Jalan I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Patih Jelantik, atau I Gusti Nyoman Lempad (pelukis besar Bali abad ke-20). Ada pula yang mengusulkan nama jalannya  Jalan Made Mangku Pastika (gubernur dan juga seorang putra Bali yang berhasil membongkar kasus bom Bali 2002).

Meskipun demikian banyaknya usulan nama untuk Jalan Tol Bali ini, namun hingga saat ini nama resmi utnuk Jalan Tol Terindah di Indonesia ini belum diresmikan atau di tentukan. Menurut kabar yang saya dengar, walaupun banyak nama yang diusulkan, keputusan penetapan nama jalannya tetap pada pemerintah pusat. Yahh.. saya hanya berharap, semoga nama yang ditetapkan nanti merupakan nama tokoh yang bisa diterima masyarakat luas, khususnya masyarakat Bali.

Agar lebih lengkap, berikut saya pamerkan beberapa foto Jalan Tol Bali biar semua bisa tahu rasa, tahu dan merasa.


  • Jalan Tol Pertama di Bali
    Jalan Tol Pertama di Bali

  • Jalan Tol Pertama di Bali
    Jalan Tol Pertama di Bali

  • Jalan Tol Pertama di Bali
    Jalan Tol Pertama di Bali

  • Jalan Tol Pertama di Bali
    Jalan Tol Pertama di Bali

Bagaimana? Keren kan sob??
Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar
Cancel