Penyebab Perubahan Warna Foto Setelah Upload

Dua hari yang lalu saya sempat menulis keluhan saya tentang perubahan warna foto setelah upload di blogger editor. Waktu itu saya berpendapat kalau hal itu mungkin karena ada kesalahan teknis dari mesin blogger, namun setelah sedikit mencari tahu di berbagai belahan dunia (lewat internet tentunya) saya akhirnya menemukan sebuah alasan (sebenarnya masih kemugkinan) kenapa beberapa foto mengalami perubahan warna setelah upload di blogger.

Mungkin banyak yang sudah tahu kalau saat ini Hosting Gambar untuk blogspot tidak lagi berada di servernya Picasa Web. Semua gambar yang kita upload di berbagai akun Google saat ini akan otomatis tersimpan di Album Google Plus. Sementara Koleksi foto-foto lama kita yang sebelumnya berada di Picasa Web Album sudah dialihkan atau diintegrasikan ke album google plus kita masing-masing.
Album Foto Google Plus
Web picasa sendiri, menurut saya mungkin tidak akan beroperasi lagi, karena ketika saya mencoba mengaksesnya lewat alamat picasaweb.google.com ternyata secara otomatis diredirect/dialihkan ke album google plus. Untuk penjelasan lebih lanjut soal integrasinya Picasa ke Google Plus, sahabat semua bisa baca pencerahannya di sini : Picasa Web Albums and Google+.

Kembali ke topik, Perubahan Warna Foto Setelah Upload.
Setelah saya mengutak atik jeroan google plus, ternyata ada sebuah setingan yang secara otomatis akan mengubah warna foto yang kita upload. Hal ini sudah dijelaskan oleh Google sendiri di tautan ini "Koreksi Otomatis". Memang tidak semua foto akan berubah warna. Hanya foto-foto tertentu saja. Hal ini juga masih menjadi tanda tanya besar buat saya. Kenapa hanya foto-foto tertentu saja.

Sementara cara agar foto yang kita upload di blogger tidak mengalami perubahan warna (auto enhance). Ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.
  1. Masuk ke Google Plus dan cari menu Setting/Setelan.
  2. Scroll Mouse anda kebawah dan cari menu Foto dan Video. Agak kebawah sedikit, tepatnya di bawah menu Google Drive ada sub menu Koreksi Otomatis, lalu centang saja pilihan Nonaktif.
  3. Secara otomatis pengaturannya tersimpan sendiri. Selanjutnya, foto-foto yang bakal diupload dari berbagai akun google tidak akan mengalami perubahan warna lagi.
  4. Dan yang terakhir.. Good Luck

ITU SAJA...
Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar
Cancel