Internet 4G LTE Hadir di Indonesia

Jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) di Indonesia saat ini sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Hal ini bisa kita lihat dari aktifitas sejumlah operator yang sedang melakukan di beberapa daerah. Bahkan Telkomsel, salah satu perusahaan plat merah baru saja meresmikan layanan 4G LTE-nya meskipun belum mencakup seluruh daerah Indonesia, begitu informasi yang saya terima. Sementara jaringan 4G LTE untuk operator lain seperti XL dan Indosat akan mulai diresmikan awal tahun depan, 2015.
Akhirnya, sesuai perkiraan sebelumnya, jaringan internet super cepat ini akhirnya menyambangi negara kita, Indonesia. Koneksi yang disinyalir berkecepatan 36 hingga 75 Mbps ini akhirnya resmi hadir akhir tahun ini meskipun salah satu perusahaan telekomunikasi Internux sudah meluncurkan layanan 4G LTE sejak setahun yang lalu.

Sebagai informasi, agar bisa menikmati layanan 4G, pihak operator mesti membuatkan kartu SIM Card baru yang mana sudah dilengkapi dengan fitu-fitur penunjang 4G LTE. Khusus untuk pengguna Telkomsel, kita hanya tinggal menukarkan kartu saja. Sim Card yang lama kita tukarkan dengan yang baru. Penukaran ini bisa dilakukan di gerai Grapari.

Lalu, perangkat apa saja yang mendukung koneksi 4G?
Untuk sementara, khusus pengguna Telkomsel, perangkat yang mendukung layanan 4G ini adalah sebagai berikut :
perangkat yang mendukung layanan 4G
Meskipun digadang-gadangkan sebagai jaringan yang super cepat, namun pendapat seorang pakar malah sebaliknya. Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi, kehadiran koneksi 4G LTE ini tidak serta merta menjadikan internet kita langsung ngebut karena infrastrukturnya juga belum memadai misalnya jumlah BTS (Base Transceiver Station) dan kecepatannya juga harus diupgrade.

Jadi, boleh saja kita menyambut dengan antusias kehadiran jaringan 4G LTE ini namun untuk mendapatkan hasilyang maksimal mungkin kita perlu bersabar dan memberi waktu pada operator untuk menyiapkan infrastruktur pendukungnya.
Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar
Cancel