Persamaan dan Perbedaan Antara Peer To Peer Lending Dengan Crowdfunding

Persamaan dan Perbedaan Antara Peer To Peer Lending Dengan Crowdfunding

BANGANCIS.WEB.ID - Sudah menjadi rahasia umum jika sebagian besar orang memiliki masalah dalam hal pendanaan ketika mempunyai beragam rencana atau project. Urusan pendanaan yang kerap kali menjadi masalah kini dapat teratasi seiring dengan semakin canggihnya teknologi melalui kemudahan dalam berinternet.

Ya, kehadiran internet memudahkan segala hal termasuk dalam hal pencarian dana melalui online, seiring dengan semakin banyaknya platform fintech peer to peer lending dan crowdfunding. Namun, apakah yang membedakan antara peer to peer lending dan crowdfunding?

Tujuan Peer to Peer Landing dan Crowdfunding

Pada dasarnya, baik peer to peer lending maupun crowdfunding memiliki tujuan yang sama yakni membantu pendanaan suatu project atau usaha. Keduanya sama-sama hadir berkat kemudahan internet serta memudahkan para pegiat yang ingin menjalankan suatu project atau usaha tertentu. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan kedua jasa platform tersebut. Baik peer to peer lending maupun crowdfunding.

Meski sama-sama membantu pendanaan suatu project atau usaha, bukan berarti keduanya memiliki sistem yang sama. Ada perbedaan yang mencolok antara peer to peer lending dan crowdfunding yang membuat keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing di sisi pihak yang membutuhkan dana. Salah satunya adalah perjanjian dalam pemberian dana tersebut.

Ketika Anda membutukan dana dan ingin meminjam melalui platform peer to peer lending, maka Anda akan dibebankan sejumlah bunga perbulannya sebagai imbal hasil kepada para orang yang memberikan uangnya kepada Anda.

Di sisi lain, skema peer to peer lending bisa menjadi peluang investasi yang menjanjikan bagi para peminjam dana mengingat bunga yang ditawarkan cukup menggiurkan. Karena tujuannya untuk mendulang keuntungan, maka tak heran jika platform ini memberikan bunga sebagai imbal hasilnya.

Skema Crowdfunding

Sementara itu, pada skema crowdfunding, jika Anda membutuhkan dana, Anda dapat mempresentasikan secara online mengenai seberapa menjanjikan project atau usaha yang akan Anda jalankan. Nantinya, para sukarelawan akan memberikan uangnya secara Cuma-Cuma tanpa harus Anda kembalikan dikemudian hari karena crowdfunding bertujuan untuk penggalangan dana atau aksi social. 

Oleh karena itu, jika Anda mencari dana melalui platform crowdfunding Anda harus mempresentasikan project Anda sebaik mungkin sekaligus mempertanggungjawabkan dana yang telah Anda terima dengan memberikan laporan dikemudian hari.

Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar
Cancel