Semoga Rumah Adat Tana Toraja Menjadi Warisan Dunia

Salam Blogger - Satu lagi warisan budaya Indonesia (rumah adat Tongkonan) sedang dalam perjalanan menuju salah satu warisan dunia. Setelah  beberapa situs budaya dan kekayaan alam kita seperti Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Ujung Kulon, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Situs manusia purba Sangiran, Taman Nasional Lorentz, Hutan Hujan Tropis Sumatera masuk dalam nominasi sebagai warisan dunia, sekarang pemerintah Indonesia sedang mengupayakan Situs Budaya Tana Toraja khususnya Rumah Adat Tana Toraja agar bisa menjadi salah satu warisan dunia.

Dalam rangka mewujudkan Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja menjadi salah satu warisan dunia, pemerintah pun mencari dukungan. Untuk sementara dukungan datang dari negara yang pernah menjajah kita tempo dulu : Jepang. Yah menurut informasi, Jepang akan mendukung penuh usaha pemerintah Indonesia menjadikan Rumah Adat Tana Toraja agar masuk nominasi warisan dunia. Dukungan itu pun sudah terealisasi dengan ikut sertanya Jepang dalam upaya konservasi Rumah Adat di Tana Toraja.

Jepang selain mengkonservasi rumah adat Tana Toraja, juga memiliki minat yang sangat besar untuk mengkonservasi rumah adat Nias, Sumatera Utara. Dengan banyaknya ahli dan data yang kuat membuat Jepang layak digandeng untuk mengkonservasi sesuatu. Apakah kita membutuhkannya? Kurang tahu juga tapi sebenarnya prioritas kita dengan bantuan ini  terutama dalam proses menjadikan Rumah Adat Tana Toraja sebagai warisan dunia.

Dukungan Pemerintah Jepang ini juga merupakan sebuah bagian dari kerja sama proyek konservasi antara Pemerintah Jepang dan Pemerintah Indonesia yang telah berjalan (dijalin) sejak tahun 1998. Kegiatan lain yang pernah dilakukan dalam hubungan kerja sama ini, dalah konservasi istana tua Sumbawa di Nusa Tenggara Barat yang telah dimulai pada tahun 2006. Istana Tua Sumbawa yang dibangun dari kayu jati dan memiliki 99 tiang ini, merupakan salah satu warisan budaya penting dari Raja Sumbawa.

Agar sahabat yang menemukan artikel ini tidak penasaran, berikut saya sisipkan beberapa gambar (keindahan) dari Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja.

Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja
Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja
Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja

Hmmm cukup 3 gambar saja. Kalau mau yang lebih di gogling aja ya Sob.
Mari kita wujudkan Rumah Adat Tana Toraja Menjadi Warisan Dunia bersama-sama, biar dikenal dunia.

Sumber gambar :
  1. http://debbypurnama.blogspot.com/2009/11/rumah-rumah-di-toraja.html
  2. http://www.sekilaktravel.com/
  3. http://www.northtoraja-tourism.com/eng/index.php?option=com_content&view=frontpage&Itemid=13&lang=in
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

2 Responses to "Semoga Rumah Adat Tana Toraja Menjadi Warisan Dunia"

  1. salam sahabat<
    ehm saya mendukung,memang bagus banget modelnya,semoga yach

    ReplyDelete
  2. mantep sob aku pengen liat langsung hehehe :D

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *