Push Notification Rekomendasi Artikel di Blogger

Follow us on Google News

Push Notification Rekomendasi Artikel di Blogger

Selain informasi Hoax yang saya peroleh dan sudah saya bahas di artikel Bantuan Sosial Finansial BPJS 3 Jutaan, ada satu kegiatan lain yang saya lakukan dalam beberapa hari disela-sela kesibukan menggerayangi domain pesanan teman saya. Pop up atau push notification yang menawarkan Rekomendasi Artikel. Memang tidak terlalu penting. Berhubung iklan di blog saya masih dibatasi, yang mana versi mobile lebih banyak dan beragam iklan yang nongol ketimbang versi desktop, maka saya berniat membuat pop up rekomendasi artikel untuk memperganteng blog.

Push Notification Rekomendasi Artikel di Blogger

Segala tutorial di pencarian Mbah Google sudah saya obok-obok tapi tidak ada yang memuaskan. Padahal seingat saya, jaman dulu script untuk menampilkan rekomendasi artikel seperti ini banyak dibahas di mana-mana. Tapi entah kenapa untuk saat ini sulit ditemukan. Tanya Kenapa?

Menggunakan Layanan OneSignal

Memang banyak sekali trik dan tutorial yang saya temukan, hanya semua tutorial tersebut berbasis wordpress. Ada juga versi blogger namun tetap saya tetap tidak puas. Dalam tutorial menampilkan Push Notification versi blogger ini, rata-rata mereka merekomendasikan kita unutk menggunakan layanan dari onesignal.com. Sempat saya gerayangi juga situs ini. Lumayan bagus, padat dan berisi, hanya belum mampu memuaskan hasrat saya yang sedang glodak gluduk. Notification Rekomendasi Artikel yang saya cari bukan pop up ucapan selamat datang atau berlangganan artikel.

Setelah ribuan kilo jalan yang kutempuh, lewati rintangan dan secara tidak sengaja saya menemukan sebuah blog berbahasa linggis yang ada Push Notification Rekomendasi Artikelnya. Setelah saya perhatikan bolak-balik, ternyata widget ini masuk dalam layanan addthis. Tanpa mengecek antara hoax dan tidaknya, saya langsung ke sumber mata air. Mendaftarkan diri, mengobok-obok tubuh gembrot addthis dan akhirnya berhasil. Rekomendasi Artikel berhasil terpasang di blog tua bangka ini. Apakah teman-teman sudah melihat penampakan itu?

Begini Cara Membuat Pop Up Rekomendasi Artikel di Blogger

Pertama, Kunjungi Situs addthis.com

Sebuah prosedur yang baik dan benar ketika ingin menggunakan layanan milik pihak lain adalah mendaftarkan diri. Setelah situs addthis terbuka, segera daftarkan diri anda di sanaaa... (tempat lahir beta).

Kedua, Konfirmasi Email

Setelah melalui proses registrasi, jangan lupa untuk konfirmasikan email. Cek email. Kalau tidak ada, mungkin mereka lupa (hehee..), lanjutkan saja ke poin berikut.

Ketiga, Pasang Kode di Blog

Setelah email terkonfirmasi, selanjutnya adalah login. Di dashboard, perhatikan menu-menu bagian kanan atas. Ada menu get code, klik menu tersebut. Nanti akan muncul beberapa tab. Untuk blogger, copy saja kode di tab yang pertama.

Keempat, Pasang Kode di Blogger

Setelah kode yang diberikan addthis tercopy, teman-teman bisa membuka blogger, edit html lalu paste kode tadi sebelum kode penutup body: </body>, kalau tidak salah posisi kode ini baris kedua dari bawah. Lalu save template anda.

Kelima, Pilih Layanan (Tool) Addthis

Setelah kode terpasang, kembalilah ke dashboard addthis. Sekarang perhatikan menu atas bagian kiri. Di sana ada menu Tool, klik saja menu tersebut. Setelah itu, perhatikan tombol biru Add New Tool di sebelah kanan lalu pilih Related Post.

Keenam, Pengaturan Tool Rekomendasi Artikel

Setelah melakukan langkah di poinsebelumnya, kita lalu dibawa ke sebuah tampilan berisi pengaturan yang rata-rata dalam bentuk dropdown. Tidak perlu bingung, atur saja sesuka hati lalu lihat previewnya di sebelah kanan. Jika sudah selesai tinggal pencet tombol Update Tool. Di dashboard addthis ini nantinya kita bisa pantau hasil kerja dari tool ini. Ada di menu Analytic.

Pengaturan Tool Addthis

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, widget Push Notification Rekomendasi Artikel di Blogger ini tidak langsung muncul. Butuh beberapa jam untuk pengaplikasiannya. Pengalaman saya kemarin, malamnya saya buat, besok siangnya baru muncul anune, hahahaa... sekian.

LihatTutupKomentar

24 Komentar

  • Agus rusdi 1.2.21
    bisa gitu ya Bang Ancis tambah hebat sekarang blog ya yang mirisnya pengetahuan aku masih seperti waktu 10 tahun lalu hikkks
  • Gustyanita Pratiwi 1.2.21
    memperganteng blog hahhaha..keren juga istilahnya bang...

    mantab kali ada tambahan widget ginian..jadi oembaca bisa tergiring ke berbagai macam artikel lagi sehingga lebih banyak variasinya
    • Bang Ancis 1.2.21 ✖
      Hahaaa iya.. rata2 orang kan bilang cantik dan lain2.. Jarang ada yg bilang seperti di atas..
  • Himawan Sant 1.2.21
    Baaang ..., bahasamu 'Sempat saya gerayangi juga situs ini' ...
    Kenapa kata gerayangi itu bikin bulu2 saya merinding yaa .. wwwwk :D!.

    Unik juga tampilan blog ada kolom rekomendasi artikel seperti itu .., pengunjung tinggal klik ke beberapa plihan artikel yang dibutuhkan.
  • ila - the ilagularity 1.2.21
    Stuck di bagian "linggis", kirain salah baca ternyata itu plesetan toh... Ada-ada saja, Bang Ancis! Hahahaha! Wah, fitur AddThis yang satu ini praktis sekali, ya? Cara pasangnya pun mudah, boleh nih dicoba. Terima kasih buat panduannya, Bang.
    • Bang Ancis 1.2.21 ✖
      Hahaha seperti kehidupan yang tidak selalu normal, sesekali dibikin plesetanlah biar anu begitu hidupnya, hahaha.. Thanks juga sudah mampir..
  • Jaey Zone 2.2.21
    Ada bayarannya gak bang pasang begituan? 🤭🤭
  • t h y a 3.2.21
    wah.. ngerti bahasa "linggis" hebat banget ey.. hehehe..
    kayaknya seru juga pake pop up notif gitu buat di blog..
    nyoba ah kapan2.. :D
    • Bang Ancis 4.2.21 ✖
      Hahahaaa sepintas kayak random artikel gitu, tapi hanya dua yg muncul dlm bentuk pop up...
  • Banyu Akasa 3.2.21
    Wah sangat bermanfaat. Efektifkah?
    • Bang Ancis 4.2.21 ✖
      Yah saya rasa fungsinya seperti Random Artikel yang muncul menawarkan artikel lain, bahkan artikel jadul..
  • abesagara 3.2.21
    ini push notificationnya bisa muncul di mobile juga gak bang? Menarik nih, aku bookmark deh, siapa tau besok-besok butuh.
  • Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis 3.2.21
    bermanfaat... nanti saya coba.
    thank you for sharing
  • Martin Karakabu 4.2.21
    Ama mio e bahasanya keren betul eh, diobok - obok lah, saya kira Josua mantan artis cilik itu yang nulis artikel ini kwkkw

    Setelah ribuan kilo jalan yang kutempuh, lewati rintangan dan secara tidak sengaja saya menemukan skrip kode saya kira menemukan jantong hati aii mio ee

    ngeri eu ama kkwkkw
  • fanny_dcatqueen 5.2.21
    Wkwkwkwk harus pake kata2 gerayangi ya mas :p

    Tapi ini artikel yg kluar sbnrnya artikel dari tulisan kita sendiri yg lama2, ato artikel dari mana aja juga ikut muncul ? Td aku liat di atas, ada tulisan2 dari tempat lain tapi berbau dukun2an judulnya :p. Ada juga tulisan mas yg lama2.

    Kalo cuma tulisan kita ga masalah sih. Tp kalo tulisan lain, agak males aja :D
    • Bang Ancis 5.2.21 ✖
      Hahahaa bingung memilih kata makanya "Just Hajar", Hahahaa.. Wait, ada dukun dukunnya? Kayaknya itu Ads Mbak.. Bukan Artikel saya.. Artikel yang saya maksudkan dalam postingan ini yang muncul sebelah kanan bawah kalau versi desktop...
  • Andrie Kristianto 5.2.21
    Wah keren nih, jadi bisa mendapatkan updatean terbaru untuk blog yang tayang yaa.. Tapi ini gak limit kan ya, takutnya nanti kalo ada batasnya bayar bayar gitu hihi :v
Cancel