Menambah Widget Iklan di Template Kompi Flexible Non AMP

Menambah Widget Iklan di Tema Kompi Flexible Non AMP - Awalnya bingung mau diberi judul apa untuk tulisan ini. Sedikit susah merangkum apa yang saya maksudkan dalam satu rangkaian judul.

Maksud saya sebenarnya adalah menambah widget iklan yang nantinya tampil sejajar dengan widget Featured Post di halaman utama. Bisa juga di halaman utama hanya tampil Featured Post sementara di halaman post yang muncul hanya widget iklan.

Hapus Komentar Disqus di Template Kompi Flexible

Kalau dipikir-pikir, mudah saja menambah widgetnya. Kan tinggal add gadget. Hanya masalahnya, di template Kompi Flexible Non AMP punyanya Mas Adhy Kompi Ajaib ini gerak gerik kita di bagian Layout dibatasi.

Di sana tersedia widget yang sudah paten tanpa perlu kita rubah lagi. Tidak ada itu tombol add a Gadget. Mungkin tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat eror sekaligus menambah kecepatan loading. Kalau tetap ngotot mau menambah widget baru yah bisa melalui jeroan template alias bercumbu dengan edit html.

Menggali Ide Menulis

Alasan saya menambahkan widget iklan ini karena saya merasa kosong. Ketika artikel dibuka, bagian atas yang sebelumnya bertengger Widget Featured Pos jadi hilang. Saya merasa sepertinya ada yang kurang. Kosong. Nolep dan lainnya.

Kita mulai saja ya. Kalau ada teman-teman yang belum berkenalan dengan Template Kompi Flexible Non AMP ini, bisa main-main ke blognya Kompi Ajaib. Template di sana bagus-bagus, ringan dan tentu saja unsur SEO diutamakan. Lanjut!

Cara Menambah Widget Iklan di Tema Kompi Flexible Non AMP

Pertama-tama masuk dulu ke menu edit html. Lalu cari kode ini :

Setelah ketemu, copy kode di bawah ini lalu paste tepat di bawah kode di atas :

Coba save template anda dan masuk ke bagian Layout alias tata letak. Di bagian atas widget Featured post sudah ada widget html baru yang masih kosong. Tinggal teman-teman masukan kode iklannya saja. Selesai.

Namun, setelah berhasil menambahkan widget iklan tersebut, bukan lagi merasa kurang tapi sebaliknya saya merasa lebih. Kelebihan widget di halaman utama tentunya. Saling menumpuk. Imajinasi lantas memaksa untuk show/hide widget. Di halaman utama cukup menampilkan widget Featured Post, lalu di halaman postingan hanya widget iklan yang nampak. Caranya masih tempat yang sama seperti di atas:

Masuk dulu ke menu edit html. Lalu cari kode ini :

Setelah ketemu, hapus 1 baris kode di bawahnya :

Setelah di hapus, ganti kode di bawah ini :

Dengan kode ini :

Selanjutnya cari dan ganti kode di bawah ini,

Dengan Kode ini :

Setelah itu scroll pelan ke bawah. Nanti ketemu kode </b:if> lalu hapus. Kode ini berada tepat di atas kode <div id='main-wrapper'>.

Langkah terakhir adalah save template lalu lihat penampakannya di blog. Di halaman utama hanya menampilkan widget Featured Post, sebaliknya di halaman postingan hanya widget iklan yang kelihatan.

DEMO [Link Mati]

Hapus Komentar Disqus di Template Kompi Flexible

Sekedar Informasi, di blog yang saya jadikan kelinci percobaan di atas, terlihat kalau komentar disqus yang menjadi komentar bawaan Template Kompi Flexible Non AMP sudah hilang dan berganti dengan komentar default blogger.

Sebenarnya belum sempurna. Tombol reply belum berfungsi. Padahal banyak teman-teman yang penasaran bagaimana Menghapus Komentar Disqus di Template Kompi Flexible Non AMP karena tidak semudah tutorial di luaran sana.

Di template Kompi Flexible, sepertinya semua source kode komentar blogger dihilangkan dan di ganti dengan komentar disqus. Mungkin lain kali saya akan membahasnya. Meski tidak 100% berhasil, ya?

Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar

30 Komentar

  • Rudi Chandra 12.11.20
    Boleh juga nih dicobain langkah-langkah nambah widget iklannya, kayaknya nggak begitu sulit.
  • Intan Sudibjo 12.11.20
    sejak kapan bang ancis suka ginian yahh, sekarang mainnya kode kodean
  • Agus Warteg 12.11.20
    Baru tahu kalo bang ancis jago html sehingga bisa edit template. Kalo saya lihat kodenya saja sudah pusing bang.😂
  • Agus rusdi 12.11.20
    la Bang Ancis di lawan html ma lewat, btw bener bang blog smp dulu memang bareng-bareng semua blogger komunitas blogwalking dan blogger bertuah membantai dua keyword anak smp dan satu erita dewasa
  • Martin Ruma 12.11.20
    Adu kocak betul e, saya baca, baru sampai di bercumbu dengan HTML berhenti, tahan tawa kwkwk, ama tidak ada pilihan kata yang lain ka kwkwk, ole nara...
    • Bang Ancis 13.11.20 ✖
      Hahahaa.. namanya juga asa tulis ni ka, jadi begitu kata-kata yang keluar...
    • Martin Ruma 13.11.20 ✖
      asal tulis saja begini, bagaimana dengan yang serius, pastinya lebih baik lagi, luar biasa ama, hebat. Oh ya, sebelumnya pakai viomagz milik mas Sugeng Kan? kenapa diganti ama? kwkkw #sekedarkepo ama hehehe.. bae jo..
  • Martin Ruma 12.11.20
    Hehe ama saya lanjutkan lagi, cumbuan HTML blog yang terputus tadi hehehe, ama bisa bagi trik cara menghilangkan iklan disqus di Template Kompi Flexible, sekaligus cara menggantinya dengan komentar blog?

    Beberapa kali mencoba bercumbu dengan HTML (meminjam diksinya bang Ancis hehe), tetapi selalu gagal alias buta huruf dengan HTML...
    • Bang Ancis 13.11.20 ✖
      Hahahahaa pake bercumbu lagi ni... Btw, Kalau hilangkan iklan disqus, itu ada di pengaturan Admin di kita punya akun disqus. Tinggal dinonaktifkan saja. Kalau soal hapus komentar disqus, di blog demo sepertinya sudah 90% berhasil. Hanya tombol reply dan beberapa yang belum utak atik. Agak susah le, hahaha...
    • Martin Ruma 13.11.20 ✖
      Itu diksi yang seksi ama kwkkw, saya coba pakai kode ini #disqus_thread>iframe[src*="ads-iframe"]{display:none!important} awalnya bisa. eh sebulan kemudian iklan muncul lagi, kemudian saya coba melalui tuturial Kang Adhy yang ada di YT, berhasil, tetapi saya tidak suka disqus le, mau komentar blog saja hehehehe..., kalau sudah finsih buatkan tutorialnya e ama. Bangga le, orang nagi pintar koding...semangat terus no... salam.
  • Satria Mwb 13.11.20
    Menarik juga nih bang buat saya coba meski harus dipahami dulu...Soalnya bukan Ahli Template..Tapi aku lihat demonya malah keren banget jadinya.
    😊
  • Hermansyah 14.11.20
    Lihat hasil demonya bagus, bang tapi pas lihat susunan kode html-nya jadi puyeng, bang..hihihi
    • Himawan Sant 14.11.20 ✖
      Kok samaan kita, mas ..., Hahaha...
      Rasanya perlu kudu minum dulu obat kembung, *eh obat puyeng sebelum nguprek kode html 😉
  • Himawan Sant 14.11.20
    Wah, ndak nyangka ternyata bang Ancis jago nguprek susunan huruf kode njlimet.
    Bakat terpendam nih namanya.
  • Eka Ikhsanudin 15.11.20
    punya saya masih pakai template yg lama sih dari Mas kolis yg sudah di edit oleh Mas Adhy. saya cuma ngedit dikit komentar disqus sama biar responsif dikit hihihi, terus Belum pernah nyoba template Flexible non amp juga. Tapi membantu sekali untuk yg masih awam seperti saya ini tentang menambahkan widget iklan pada template yg sudah paten. Berarti yg 2 kosong putih pada demo itu ya bang hasilnya.
  • Andrie K 18.11.20
    Waduh gambarnya kok bikin salah fokus, dah baca serius serius pulaa.. kacau ni
  • obat 20.11.20
    belum pernah coba form komentar pakai disqus
    sulit ya caranya
Cancel