12 Cara Alami Mengobati Flu dan Pilek, Dijamin Cepat Sembuh

Follow us on Google News

BANG ANCIS - Penyakit flu atau pilek adalah penyakit yang cukup menggangu kegiatan keseharian kita. Penyakit ini benar-benar mudah sekali menjangkiti tubuh kita terlebih jika cuaca ekstrim yang terkadang panas tiba-tiba turun hujan.

Flu adalah infeksi virus yang berlangsung pada saluran pernapasan yang menyebabkan kemampuan saluran pernapasana menjadi terganggu.

Penyakit ini merupakan penyakit yang gampang menular lewat beragam cara seperti kontak langsung atau lewat udara.

Kuman flu tak perduli apakah mereka menyebar lewat sentuhan maupun udara, asalkan mereka bisa masuk ke dalam tubuh, jadi kita mesti hati-hati dengan virus Influensa ini.

Neo Plus, Aplikasi Penghasil Uang Kekinian

Pemicu Utama Penyakit Flu Dan Pilek

Flu atau pilek merupakan salah satu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA. Virus ini merupakan famili dari Orthomyxoviridae yang kita kenal dengan nama influenza.

Gejala yang umumnya timbul dari penyakit ini salah satunya yakni demam, nyeri tenggorokkan, tubuh menggigil, nyeri otot, sakit kepala terasa begitu berat, batuk-batuk, merasa letih serta lelah, serta rasa tak nyaman secara umumnya.

Jadi tak ada salahnya bila kita tahu mengenai langkah mencegah serta menangani penyakit flu walaupun Anda tidak sedang dalam kondisi terserang flu, agar tubuh senantiasa sehat serta siap beraktifitas seperti biasanya.

12 Langkah Mudah Mengobati Flu Dan Pilek

1. Istirahat Yang Cukup

Mengistirahatkan badan sejenak untuk tidak banyak melaksanakan kegiatan yang berat-berat sangat dianjurkan, karena dengan beristirahat dapat mengembalikan kekebalan system imun yang sedang melemah. Pastikan istirahat yang nyenyak dengan menggunakan baju hangat atau selimut dan berikan minyak esensial supaya tubuh terasa hangat.

2. Mengkonsumsi Buah Dan Sayur

Disaat kondisi badan tengah drop atau turun, maka sangat diperlukan sekali yang namanya asupan akan vitamin dan mineral untuk menolong sistim imun supaya tetap kuat. Sumber vitamin serta mineral yang bagus dapat diperoleh dari mengonsumsi buah-buahan dan juga sayuran.

3. Minum Air Hangat

Pada waktu flu menyeraang badan umumnya tubuh akan banyak keluarkan cairan baik dari ludah, ingus maupun keringat. Oleh karenanya, perbanyaklah konsumsi air putih hangat karena air hangat dapat menolong melegakan tenggorokan serta mengurangi hidung tersbumbat.

4. Makan Cabai

Kandungan capsaicin yang ada dalam cabai dapat membantu untuk bersihkan saluran pernapasan. Maka kala flu menyerang Anda, makanlah makanan yang pedas pedas yang banyak memiliki kandungan senyawa capsaicin seperti cabai dan merica.

5. Menghembuskan Angin Di Hidung

Disaat sedang Flu umumnya hidung bakal terasa terhalang dan ini adalah satu penyiksaan tersendiri untuk penderita lantaran benar-benar mengganggu. Cobalah untuk lakukan salah satu cara supaya hidung tdk mampet. Langkahnya tutuplah salah satu lubang hidung serta hembuskan angin dari lubang yang satunya kerjakan dengan cara bergantian sampai lendir dalam hidung keluar.

6. Terapi Uap Air Panas

Uap air panas adalah salah satu anjuran untuk membantu mencairkan lendir yang menyumbat pada saluran pernapasan. Anda bisa mempraktikkan terapi uap air ini sesuai cara anda sendiri yang utama bisa menghirup uap itu. Umpamanya lewat cara meletakkan air hangat kedalam baskom lalu tempatkan wajah diatas baskom sambil menghirup hirup uapnya.

7. Terapi Aroma Mentol

Aroma mentol bisa membantu mengobati persoalan hidung tersumbat. Anda dapat lakukan melalui langkah mengoleskan minyak esensial atau basem yang memiliki kandungan mentol didekat lubang hidung. Memanglah akan jadi sedikit panas akan tetapi hal ini sangat membantu untuk melegakan saluran pernapasan anda.

8. Terapi Aroma Bawang

Aroma bawang yang menyengat mampu menolong mengeluarkan cairan yang terhambat dalam saluran pernapasan. Kupaslah bawang lalu hiruplah aromanya kira-kira selama 5 menit.

9. Campuran Madu dan Jahe

Semua orang pasti telah mengetahui madu. Tidak cuman rasanya yang enak, madu ini juga kaya akan kegunaan yang salah satunya juga berguna dalam menangani penyakit flu atau pilek. Langkahnya, ambillah dua ruas jahe, lalu parut dan campur dengan madu. Lalu anda makan tiga kali sehari.

10. Meninggikan Posisi Bantal

Pada waktu tidur tempatkan posisi kepala Anda lebih tinggi dari pada dada dengan maksud untuk mengurangi proses pembentukan lendir lebih banyak.

11. Berkumur Dengan Air Hangat

Saat flu menyerang semua saluran pernapasan juga bakal terganggu, tak kecuali tenggorokan. Oleh karena itu, cobalah untuk berkumur dengan air hangat yang di campur dengan rempah-rempah alami seperti garam, jahe, kencur, atau kunyit.

Kerjakan secara teratur minimal empat kali dalam sehari, maka tenggorokan makin lama dapat terasa lega dan ringan.

12. Berobat ke Dokter

Jika Anda sudah menerapkan cara yang telah dijelaskan diatas namun Flu Dan Pilek belum juga sembuh sembuh. Alangkah baiknya jika Anda mengungjungi dokter kesehatan terdekat yang terdapat di kota Anda untuk mendapatkan penaganan yang lebih serius mengenai sakit flu yang Anda alami,

Demikian Artikel Kesehatan tentang cara alami mengobati flu, semoga bermanfaat. Salam sehat selalu untuk kita semua. (sumber hasbihtc.com)

LihatTutupKomentar
Cancel