Bumi Terancam Badai Matahari

Badai Matahari
Satu bencana besar diperkirakan kembali mengancam dan bahkan terjadi di bumi ini. Beberapa ilmuwan memperkirakan badai matahari akan menerjang bumi dalam waktu dekat dan menurut perkiraan mereka (ilmuwan) semua peralatan elektrik bisa rusak dan manusia kembali ke zaman kegelapan jika badai matahari benar-benar menerjang bumi. Ancaman ini bukanlah sekedar skenario ilmiah satu banding sejuta tapi ancaman itu benar-benar nyata, dan akan terjadi pada September 2012 setelah sebelumnya Badai matahari dahsyat pernah terjadi pada pagi 1 September 1859.

Seorang Astronomer Inggris, Richard Carrington yang saat ini sedang mengamati struktur permukaan matahari mengatakan bahwa ia menemukan sesuatu yang tidak biasa terjadi di permukaan matahari. Sesuatu yang aneh itu adalah sebuah cahaya terang yang keluar dari permukaan matahari. Cahaya itu membentuk gumpalan besar saat menuju bumi. Hanya dalam tempo 48 jam kemudian mulai menerpa dan efeknya luar biasa.

Masih menurut Richard Carrington, sebelum mencapai bumi, aurora terang muncul di langit malam. Saking terangnya, orang bisa membaca koran saat tengah malam. Di California sekelompok penambang bangun dari tidur, mengira hari sudah pagi, padahal waktu itu baru jam 2 pagi. Efek lain yang bisa ditimbulkan oleh terjangan badai matahari adalah operator telegrap terkena sengatan lisrik, saat badai matahari terjadi, bumi seperti dikelilingi medan listrik yang besar. Tapi pemulihan di zaman itu berlangsung sangat cepat.

Ketika badai matahari 1859, peralatan yang ada pada waktu itu hanyalah mesin uap dan tenaga otot sehingga tidak begitu dirasakan. Namun di zaman modern sekarang, kehidupan semuanya ditopang oleh listrik, dimana badai matahari bisa menyebabkan lonjatan tenaga lisrik hingga miliaran watt. So, apa yang bakal terjadi?

Diperkirakan dunia akan mengalami masa kegelapan. Pasokan air bersih yang menggunakan listrik akan berhenti. Komunikasi global akan rusak. Badai matahari juga bisa merusak jaringan GPS satelit yang semua penerbangan tergantung padanya. Intinya, badai matahari ini melumpuhkan semua peralatan elektronik yang bergantung pada tenaga listrik.

Nah, apakah badai matahari memang benar akan terjadi, dan mengapa kita atau sebagian orang merawa kekhawatirannya pada tahun 2012? Pertama badai matahari pernah terjadi pada 1859. Pada 20 tahun lalu badai kecil pernah merontokkan pembangkit litrik di timur laut Kanada dan membuat jutaan orang hidup tanpa listrik. Selain itu ilmuwan menghitung naik turun aktifitas matahari terjadi selama tenggang waktu 11 tahun.

Saat ini matahari memang sedang tenang. Namun solar maximum atau puncak aktifitas, diprediksikan akan terjadi pada 2012.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Pembangkit listrik cadangan harus disiapkan. Selain itu satelit baru juga harus diluncurkan untuk mengamati apa yang terjadi di matahari.

Tapi mungkin saja, badai matahari tidak terjadi pada 2012. Tapi pada 2023 akan kembali rawan karena daur solar maximum kembali terulang. Cepat atau lambat, badai itu pasti akan terjadi. Mungkin kita harus menyiapkan lilin, jika listrik pada akhirnya untuk sementara tidak tersedia.

Refferensi :  INILAH : Badai Matahari Mengancam Bumi
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

6 Responses to "Bumi Terancam Badai Matahari"

  1. duh, bisa ngumpet gak yach

    ReplyDelete
  2. Waduh musti siap2 nih... :P (jangan lupa banyakin doa juga )

    ReplyDelete
  3. smoga nggk berdampak fatal bagi mahkluk hidup di dunia ini..
    mas maaf boleh request nma link exchange Gieterror Blog's Jadi Download Dan Info Anda,,
    goodluck yya :)

    ReplyDelete
  4. hasil penelitian biasanya benar.. tapi biasanya kalo soal dampaknya bersifat prediksi dan belum tentu benar. salam kenal sobat :)

    ReplyDelete
  5. wah 2012 yah,,,,bli lilin yang banyak ahhh

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *