Kenapa Orang Luar Begitu Menyukai Indonesia

Kenapa Orang Luar Begitu Menyukai Indonesia? Ada yang bisa jawab? Saya yakin seyakin yakinnya semua bisa menjawab. Alasannya sudah ada sejak jaman dahulu kala. Sejak kakek nenek kita kasmaran pun alasan untuk pertanyaan di atas sudah ada. Yah alasan klasik. Alasan yang barangkali merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai pemiliknya, sebagai orang yang mendiaminya, namun sebaliknya, justru alasan-alasan klasik tersebutlah membuat kita terlena, terbuai sehingga digerayangi pun kita tidak menyadarinya.

Pernah saya lontarkan pertanyaan di atas pada seorang rekan kerja. Jawabannya juga tidak jauh-jauh dari alasan klasik yang sudah ada selama ini. Mulai dari Indonesia itu negara yang unik, negara yang memiliki beribu-ribu kebudayaan, adat istiadat yang beraneka ragam, orangnya ramah, alamnya yang masih perawan (memangnya mau masuk sekolah jadi harus tes keperawanan?) dan lain sebagainya. Menurut saya, jawaban rekan kerja tersebut benar adanya. Indonesia memang demikian. Sehingga tidak heran jika orang-orang dari luar, khususnya negara-negara barat begitu menyukainya. Setiap tahun ribuan wisatawan mancanegara bolak balik mengunjungi negara yang menurut mereka sebagai surga dunia ini. Padahal menurut saya negara ini justru sedang berada diambang kehancuran.
Anak Indonesia
Barusan tadi siang, secara iseng saya lontarkan pertanyaan yang sama pada seorang bule yang datang ke tempat kerja. Jawabannya juga sama persis dengan jawaban rekan kerja saya di atas, padahal sudah saya jelaskan kondisi sebenarnya yang terjadi. Kondisi birokrasi yang hancur lebur digerogoti tikus-tikus, kondisi generasi mudanya yang mudah terlena dan terpengaruh oleh budaya-budaya luar, yang begitu mudah menyerap gaya hidup orang asing, yang enggan memelihara budaya sendiri, yang begitu mengagung-agungkan produk luar negeri ketimbang produk dalam  negeri. Atau pembangunan yang melenceng di sana sini, KKN yang terus tumbuh subur walaupun katanya sudah ada reformasi serta beberapa hal buruk yang selalu memanaskan telinga selama ini.

Saya juga coba jelaskan kalau semua yang buruk-buruk di atas jika dibiarkan merajalela, sudah pasti suatu saat Indonesia bakal hilang, bakal hancur dan semua hal yang menurut dia indah, unik yang dimiliki Indonesia bakal tidak ada lagi. Namun diluar dugaan, si bule tadi tetap ngotot mencintai dan akan selalu mengunjungi Indonesia apapun yang terjadi. Seburuk apapun pemerintahannya.

Salut buat bule yang satu ini. Begitu besar rasa sukanya pada Nusantara sampai-sampai dia tidak peduli bagaimana keadaan sebenarnya. Tidak peduli bagaimana kita rakyat sedang kecewa pada pemimpin yang hanya menyebar janji. Dia tidak peduli kalau hati kita sedang terluka akibat ulah orang-orang pintar di atas sana. Yang dengan gampang mengambil uang-uang kita untuk anak isterinya, simpananya atau apalah namanya itu. Dia juga menutup telinga ketika ada orang yang mengaku pintar mengeluarkan ide-ide mencengangkan yang menuai banyak protes seperti yang sedang heboh saat ini, ide Tes Keperawanan Siswi Sekolah Menengah Atas. Yah, bule tadi tidak peduli. Dia tetap mencintai Indonesia yang indah, yang ramah, yang sopan. Bahkan, semua yang saya jelaskan panjang lebar di atas dianggap omong kosong. Hah??!!!

Lalu, bagaimana pendapat sobat, masbrow, agan, mbaksis sekalian? Kenapa Orang Luar Begitu Menyukai Indonesia?

SLANK - UTOPIA
Katanya kita orang kaya, karna kita punya segala-2nya
kata siapa ?
Kita orang ramah tamah, karna kita slalu bermusyawarah
kata siapa ?

(Reff)
Ini hanya dlm dongeng saja
Ini hanya dlm dongeng saja cerita orang tua,,

Kita orang yang paling Beradab, karna kita slalu taat BerAgama,,
Kata siapa ?
Kita orang yang paling adil, apalagi sama orang2 kecil,,
Kata siapa ?

(Reff)
Ini hanya khayalan saja
Ini hanya khayalan saja karangan orang tua

Cuci kaki pada tidur semua,
Biar kami saja Yang Jaga malam
Kalian Sudah Tua ..
"MUNDUR !"

Terima Kasih Kunjungannya
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

29 Responses to "Kenapa Orang Luar Begitu Menyukai Indonesia"

  1. Lagunya Slank apa UTOPIA tuh mas ?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagunya Slank Mas, judulnya Utopia, heheheee

      Delete
  2. indah sekali
    dongeng tidurku
    nenek yang bercerita
    siapapun percaya
    indonesia.. indonesia..

    #tapi sayangnya indenesia banyak juga Aktor Intelektual ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya... itu lirik awalnya ya Mas Andes? Aktor Intelektual?? Yah begitulah aktornya, wkwkwkwk

      Delete
  3. heeheehe,,,,
    saya g tahu bang,,, nenek kasmaran dulu gimana ya? ,,,,,,,
    aku cinta indonesia,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, sy juga cinta Indonesia, tapi g cinta itunya.. wkwkwk, kalo soal nenek kasmaran, sy jg g paham May, wkwkwk

      Delete
  4. Bule aja seneng sama negeri ini
    Trus knapa ada sebagian orang kita..justru sebaliknya ya bang

    Kayak..mesti hrs sekolah,wisata atau yg lainnya..hrs serba luar negeri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya kita berusaha semakin membuat mereka cinta/lupa pulang ke negerinya, wkwkwkk bukan sebaliknya kita melupakan...

      Delete
  5. sejatinya kita harus bangga akan indonesia...negara kaya #katanya penuh warna.. salam hangat selalu dari anak Riau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah... bangga tentu saja ada dan selalu ada di dada, tapi bukan banga soal korupsi dan carut marut yg ada kan? wkwkwkwkk

      Delete
  6. itulah bule...sama halnya bila kita maen kerumah orang lain yang lux, tentu kita akan senang berada didalamnya, ngga perduli sipemilik rumah sedang berencana membagi harta gono gini karena sang suami keperkog mengencani babunya sendiri...gitu lah kira-kira....hehehe, keren kan komentar saya?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya iya.. keren banget, hahahahaha... tapi barangkali benar begitu ilustrasinya mas....

      Delete
  7. negeri kita memang luar biasa bang indah dan menyimpan banyak potensi kita yang sudah lama berada disini jadi tidak merasakannya kalau orang luar negeri yang baru merasakannya pasti sangat menyukai

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmmm mungkin karena tiap saat kita lihat makanya bosana ya Bang? Beda dengan orang lain yg baru liat,

      Aku Cinta Indonesia

      Delete
  8. tp justru malah orang lokal sendiri gengsi menggunakan produk lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mereka (kita kita) bingung, prouk lokal itu apa aja, hehehee

      Delete
  9. jawaban saya sama dgn keterangan diatas, klasik dan itulah bangsa Asia yang membedakan dengan bangsa barat.

    satu lagi keunikan suku papua. suku papua sangat menghormati anak mantu maupun tamu dalam rumahnya. dan salah satu keunikan Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Jawaban sayapun klasik. Mau di sangkal, inilah fakta dari keunikan bangsa Asia. Ramah dan sopan terlepas dari aib bangsa Indonesia.
    ( bang ancis, ini komen yg ketiga. semoga bisa ke update. )

    ReplyDelete
  11. Nice Info gan...
    sekalian saya blogwalking saja :)

    ReplyDelete
  12. asalamualaikum
    jelas Indonesia disukai orang luar
    karena banyak budayanya dan kekayaan alamnya

    ReplyDelete
  13. yah mungkin mereka belum tahu jeroan bangsa kita bang,.....belum tentu kali yah, bisa jadi makin cinta..hehe....

    ReplyDelete
  14. Orang luar menyukai Indonesia, kebalikannya Indonesia malah menyukai orang luar :v

    ReplyDelete
  15. yah begitulah, sejujurnya saya lebih bangga sama negara tetangga ketimbang indo, tapi walaupun begitu saya tetap mencintai indonesia demi kemajuan indonesia. ^_^

    ReplyDelete
  16. oleh karena itu sebagai orang indo saya begitu sangat bangga hehe

    ReplyDelete
  17. Indonesia adalah negara yang kaya dan mempunyai sumberdaya manusia yang bagus. Oleh karena itu mengapa banyak orang luar negeri sangat cinta dan betah dengan negara Indonesia ^_^

    ReplyDelete
  18. Kalau ada org brtanay "Kenapa Orang Luar Begitu Menyukai Indonesia?"
    ane bakalan jawab, karena orang indonesia itu ganteng kayak ane....hehehehee
    narcis dikit engk pa2 yah gan.

    ReplyDelete
  19. saya setuju aja semua di atas komenan gue bang ehhehehe

    komen back yeee

    ReplyDelete
  20. Bangsa kita ini dengan ramah tamah terbaik di dunia yang sama sekali tidak memiliki prasangka terhadap siapapun yang datang ke negaranya. Merdeka visit http://bbcustoms.blogspot.com

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *