Jujur Itu Capek, Jujur Itu Pembunuh

Jujur Itu Capek, Jujur Itu Pembunuh. Selain merupakan sebuah sikap yang mulia tapi sebenarnya Jujur/Kejujuran bisa juga berbahaya. Bisa memakan korban. Katanya jujur itu ajaran agama, tapi nyatanya orang jujur banyak yang dipenjara, diburu. Yang memenjarakan justru orang-orang yang mengaku beragama. Bingung? Sama..... Katanya, jujur itu perhiasan jiwa yang lebih bercahaya daripada berlian, tapi pada kenyataannya banyak orang yang menjauhinya. Alhasil, jujur akhirnya hanya hidup sendirian, tiada teman. Yah, Honesty is such a lonely word.

Jujur Itu Capek, saya akui kebenarannya. Membawa kejujuran sama saja dengan memikul gunung. Jarang ada orang yang bisa, terkecuali mereka-mereka yang mempunyai kemauan yang kuat serta teguh pendirian. Belum lagi efek yang bakal timbul pada mereka yang memuja kejujuran. Bisa saja dijauhi, dipandang sebelah mata, dibenci, dibantai dan hal-hal negatif lainnya. Sadis bukan?
Banner Kejujuran
Memahami arti kata jujur tidak serta merta membuat orang tersebut jujur. Bahkan ketika disodorkan Pengertian Sejati tentang kejujuran pun saya rasa belum cukup untuk mengubah tabiat orang untuk menjadi jujur dalam kesehariannya. Padahal sebenarnya untuk menjadi orang jujur itu sangat mudah dan simpel. Cukup menjadikan kejujuran sebagai sebuah kebiasaan. Lama-lama kebiasaan ini mengendap dalam alam bawah sadar kita dan berubah menjadi sebuah karakter. Jika sudah menjadi karakter, dihantam badai kebohongan sekalipun kejujuran yang sudah menjelma menjadi karakter ini tidak mudah ambruk. Itulah hebatnya karakter. Menjadi jujur, kita hanya perlu mengkondisikan dan membiasakan berkelakuan jujur yang pada akhirnya kejujuran benar-benar menjadi bagian yang utuh dari dirinya.

Selain itu, pendidikan yang tinggi, banyaknya informasi yang berjejal di kepala juga tidak mampu mengubah prilaku seseorang. Kenyataannya, dalam setiap detik kehidupan, orang-orang bisa saja dengan santai berbagi makna kejujuran kepada sesama. Baik makna kejujuran sesuai ajaran agama atau pun hasil pemikiran para ahli filsafat namun pada saat yang sama mereka terus melakukan korupsi. Pendidikan dan informasi pada akhirnya hanya menjadi sampah tanpa merangsang adanya perubahan cara berpikir apalagi kelakuan.

Wah sudah panjang ternyata pembahasan saya. Padahal awalnya saya hanya ingin menyampaikan sebuah hal yang singkat, padat tapi jelas. Ya sudah, anggap saja pembahasan di atas sebagai ilmu tambahan kalau memang bisa mencerahkan, tapi kalau sebaliknya maka coba perhatikan pernyataan tidak senonoh saya di bawah ini terkait dengan efek negatif yang timbul jika berkelakuan jujur. Monggo disantap....

"Jujur itu capek"
"Jujur bisa membunuhmu"
"Jujur itu ngeselin"
"Jujur itu membosankan"
"Jujur itu pegal"
"Jujur, maaf kalau saya juga ikut menjauhimu, demi nafkah dan demi kehidupanku. Maaf ya.."

Tiba-tiba ada cewek cakep nan bahenol teriak dari kamar kost sebelah;

"Tapi, jujur itu sebenarnya "INDAH", lho bang..."
"Indahnya kapan?" saya balik bertanya.
"Jujur saja saya juga tidak tahu pasti..."

Referensi dari berbagai sumber. Masih di internet tentunya, masa' dari tong sampah?.

Terima Kasih Kunjungannya
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

32 Responses to "Jujur Itu Capek, Jujur Itu Pembunuh"

  1. jujur itu memang berat dilakukan, tapi adakalanya pribahasa berbohong untuk kebaikan itu tak apa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah memang tidak mengapa jika berbohong demi kebaikan, Sob. Yah kebaikannya mungkin bersifat horisontal saja kayaknya..

      Delete
  2. Semua kebohongan itu memang tujuannya baik gan :D tapi hasilnya belum tentu baik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... kalo masih ngambang.. mendingan bohong saja sekalian gimana? hahahahaha...

      Delete
  3. sulit untuk bersikap jujur sepertinya itu sudah jadi kepribadian orang Indo. *mungkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... mungkin.. barangkali memang begitu...

      Delete
  4. enakan jujur apa enak bohong emangnya bang :)

    ReplyDelete
  5. sekarang sih udah jarang nemuin orang yang jujur, setiap kita pasti pernah berbohong baik itu disengaja maupun nggak disengaja hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju... hanya saja kalo untuk suatu kepentingan besar seperti negara... ojo bohonglah... kasihan kan rakyat... lho????

      Delete
  6. ga berani komeng bang
    aku aja gak jujur orangnya. ga semudah ngomonginnya sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, nulis artikel ini bukan berarti saya orang jujur lho mas.. hanya saja kenapa orang yg tidak jujur itu berlaku tidak jujur ke kita-kita yang sebenarnya sama sama tidak jujur..

      Delete
    2. soalnya tidak dipasangin plang bertuliskan sesama orang ga jujur jangan saling menjujuri...

      Delete
    3. Whuahahahahha... kira2 begini ya, Sesama Orang Tidak Jujur Dilarang Saling Mendahului....

      Delete
  7. artikelnya bagus banget Mas..

    ReplyDelete
  8. namanya orang, tidak semua orang bisa berkata jujur disetiap perjalanan hidupnya. Aku pun kadang2 masih berbohong, hehehe
    tp, sudah sy minimalisir...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya... saya juga begitu... hanya untuk hal-hal tertentu saja lah..

      Delete
  9. jujur emang sulit , sampe di indo aja banyak koruptor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha iya Nduk... susah juga... mungkin sudah warisan?

      Delete
  10. Kejujuran atau mengatakan hal yang sebenarnya bukan perkara mudah. Sakit memang, tapi itulah kebenaran yang seharusnya bisa ditegakkan di persada Nusantara ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah semua kembali kepada pribadi masing2...

      Delete
  11. Kejujuran untuk saat ini menjadi hal yang antik dan langka ya Gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm kayak margasatwa ya... perlu ada undang-undang tuh buat ngelindungi beliau...

      Delete
  12. bahkan koruptorpun jujur jujur dengan dirinya sendiri dan mengakuinya, tp terus melakukannya, jan josh bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.... brtolak belakang sekali ya Ms Rizky?

      Delete
  13. jujur awal nya ane juga bngung gan mau koment apa
    tapi ya mau gmn lagi
    ane juga harus jujur, kalo jujur itu lebih baik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalahhhh.... jujur... saya ndak paham koment di atas,,,, wkwkwkw

      Delete
  14. jujur bakalan ajur,,,,,,,,

    ReplyDelete
  15. Kejujuran dan kebohongan sudah menjadi bagian hidup.

    dari pada bohong2 an mending saling Follow aja gan, ane sukses Follow :D

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *