Jalan Tol Pertama di Bali

Jalan Tol Pertama di Bali. Yahhh Bali, khususnya wilayah Denpasar, Kuta dan Nusa Dua akan segera memiliki jalan tol. Walaupun baru kali ini kita mendengar ada jalan tol di pulau Bali, dan dalam proses pembangunannya, jalan tol Bali ini mendapat berbagai protes keras dari sebagian warga sehubungan dengan pengrusakan Hutan Mangrove, namun berkat sosialisasi yang ampuh dan merata, pembangunan jalan tol yang hingga saat ini belum diberi nama ini berlanjut.

Informasi terakhir yang saya dengar plus pengecekan saya sendiri, pembangunan jalan tol Bali ini sudah memasuki tahap finishing. Jalan tol yang menghubungkan Nusa Dua - Ngurah Rai - Benoa lewat laut ini sudah rampung dan akan segera digunakan oleh masyarakat luas. Selain itu, pembangunan jalan tol Bali ini juga dipersiapkan untuk menghadapi event internasional yang akan dilaksanakan di Pulau Bali pada tahun ini yakni APEC, Miss World, dan beberapa forum international lainnya.

Apa Nama Jalan Tol Pertama Bali
Walaupun pembangunannya sudah rampung, namun hingga saat ini namaresmi untuk Tol Pulau Bali ini belum ditetapkan. Banyak usulan dari masyarakat yang mengingikan nama jalan tol yang dibangun di atas laut ini adalah nama-nama tokoh pahlawan, terutama pahlawan yang berasal dari pulau Bali sendiri. Ada juga yang mengusulkan agar nama Jalan Tol, yang merupakan jalan tol di atas laut pertama di Indonesia ini memakai nama penguasa laut, Dewa Baruna, dengan sebutan kerennya Baruna Bali Tol atau Baruna Bali Highway.

Dari sekian banyak usulan nama Jalan Tol yang melibatkan hampir 3000 pekerja ini, nama-nama yang muncul dan sering dibahas adalah beberapa nama/tokoh terkenal diantaranya Jalan Soekarno-Hatta, Jalan I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Patih Jelantik, atau I Gusti Nyoman Lempad (pelukis besar Bali abad ke-20). Ada pula yang mengusulkan nama jalannya  Jalan Made Mangku Pastika (gubernur dan juga seorang putra Bali yang berhasil membongkar kasus bom Bali 2002).

Meskipun demikian banyaknya usulan nama untuk Jalan Tol Bali ini, namun hingga saat ini nama resmi utnuk Jalan Tol Terindah di Indonesia ini belum diresmikan atau di tentukan. Menurut kabar yang saya dengar, walaupun banyak nama yang diusulkan, keputusan penetapan nama jalannya tetap pada pemerintah pusat. Yahh.. saya hanya berharap, semoga nama yang ditetapkan nanti merupakan nama tokoh yang bisa diterima masyarakat luas, khususnya masyarakat Bali.

Agar lebih lengkap, berikut saya pamerkan beberapa foto Jalan Tol Bali biar semua bisa tahu rasa, tahu dan merasa.


  • Jalan Tol Pertama di Bali
    Jalan Tol Pertama di Bali

  • Jalan Tol Pertama di Bali
    Jalan Tol Pertama di Bali

  • Jalan Tol Pertama di Bali
    Jalan Tol Pertama di Bali

  • Jalan Tol Pertama di Bali
    Jalan Tol Pertama di Bali

Bagaimana? Keren kan sob??

Terima Kasih Kunjungannya
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

25 Responses to "Jalan Tol Pertama di Bali"

  1. Wah, Indah yah mas ... Jadi pengen cepet2 kesana ... btw kapan dibuka nih ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm masih rumor sih Sob, tapi katanya antara bulan Juli atau oktober sudah bisa beroperasi...

      Delete
  2. wih keren.. tanggal 28 ane visit bali mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah... 28 Juni ini ya Sob, kira2 tujuannya Bali mana Sob? Kalau sy di Denpasar...

      Delete
  3. Wah bagusss,,, moga aja jadi bang ancis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahahahahaha.... jangan ngelantur ya Mae.. wkwkw

      Delete
  4. cetar membahana nih bang...namanya :)
    selain keindahan akan alamnya yg udah di kenal di seluruh dunia...sekrng du tambah sama kemegahan jembatan di atas lautan...semakin hebring ya bang...dan makin bikin mudah akses untuk berkunjung ...

    sayang sy ndak bisa liat langsung dari deket... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, liat dr gambar maketnya aja udah indah sekali, mmg utk yg sekarang masih amburadul karena belum ditata, nanti jalan ini bakal ada ditengah2 hutan mangrove...

      Delete
  5. Yang jelas namanya pasti bukan Tol Bang Ancis, hehehe ....

    ReplyDelete
  6. wah keren nih sob.. bali memang sudah pantas untuk memiliki jalan tol.. karna bali sudah seperti ibukota kedua setelah jakarta sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm bgtu ya Sob, tp setidaknya mmg begitu, hahahahaa

      Delete
  7. ini yang pernah di sebut oleh menteri bumn dalam manufacturing hope nya, keran mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm iya Sob, sepertinya beliau jg ada andil dalam proyek ini...

      Delete
    2. andil sebagai penyemangat dan juga pencari jalan keluar atas keruwetan masalahnay

      Delete
  8. wah nantinya bisa makin bagus aja bali ya mas ,, sayangnya belum pernah kesana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whew... kapan2 klo ada liburan, liburlah ke bali, murah koq transportasinya, walopun biaya maminya sedkt mahal, tp kan bisa liat Bali.. hehehehe///

      Delete
  9. wahhhh kapan saya bs liat bali lagi...pengen liat jalan tolnya yg pasti bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... yahhh.. kapan yo? heheheee tentunya tar lg ada wisata baru di Bali, Tol di atas laut, heheheee

      Delete
  10. wah kok diliat di gambarnya keren yaa, ajak saya ke bali dong bang ancis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... ayo, kapan brow, xixixixii

      Delete
  11. mungkin bukan cuma jakarta, bali juga sudah muak sama macet kayanya.. hahaha

    salam kenal mas..
    http://dedewk.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.. iya Sob, bener2 parah macetnya...

      Delete
  12. Semoga Bali makin maju dengan dibangunnya jalan tol,dan diharapkan menjadi salah satu kota International tahun tahun depan...:)

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *