Mengenal Lebih Dalam Daun Kate Mas dan Manfaatnya

Bang Ancis Lifestyle - Tanaman kate Mas dalam bahasa Latin dikenal dengan beberapa istilah seperti Euphorbia heterophylla Desf, Euphorbia heterophylla, atau Euphorbia desfontainii.

Untuk Indonesia saja daun dari tanaman yang batangnya berongga ini punya seabrek nama, di antaranya Katemas, Petik Mas, Emas Patik, dan Mas Suduk Mentul.

Euphorbia heterophylla Desf adalah tumbuhan yang tergolong dalam keluarga Euphorbia. Beberapa zat kimia yang ditemukan dalam tumbuhan ini meliputi Saponin, Triterpenoid, Flavonoid, Asam lemak, Steroid, Tanin, Alkaloid, Kalsium oksalat.

Mengenal Lebih Dalam Daun Kate Mas dan Manfaatnya

Semua zat kimia tersebut dapat berkontribusi pada aktivitas farmakologis dari tumbuhan ini, namun juga dapat menyebabkan efek samping pada konsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan tumbuhan ini sebagai obat atau terapi.

Tanaman Kate Mas adalah tumbuhan yang berasal dari daerah pegunungan di Afrika dan Asia. Tanaman ini diketahui memiliki beberapa khasiat kesehatan, termasuk:

Anti-inflamasi: Tanaman ini diyakini dapat mengurangi peradangan di tubuh, yang dapat membantu meringankan gejala seperti sakit sendi dan asma.

Anti-tumor: Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman ini dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Anti-bakteri: Tanaman ini diyakini memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu mencegah infeksi.

Analgesik: Tanaman ini diyakini dapat digunakan sebagai obat sakit sendi.

Anti-spasmodik: Tanaman ini diyakini dapat membantu meredakan kram otot.

Daun Kate Mas diketahui tumbuh hampir di seantero Nusantara. Tanaman ini ditengarai dapat menimbulkan efek laksansia.

Efek ini merupakan efek samping dari obat atau terapi yang menyebabkan perubahan dalam fungsi tubuh yang tidak diinginkan.

Beberapa contoh efek laksansia dapat termasuk mual, diare, pusing, atau masalah kulit.

Efek laksansia dapat berbeda-beda untuk setiap individu dan dapat berbeda untuk setiap obat atau terapi yang digunakan.

Selain bermanfaat seperti apa yang sudah disebutkan di atas, daun Kate Mas juga memiliki manfaat lain yakni mengobati masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Perlu diingat bahwa tanaman ini dapat berbahaya jika digunakan dengan tidak benar, dan sebaiknya digunakan setelah berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal.***

Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar

1 Komentar

Cancel