Ambruknya Jembatan Tenggarong

Ambruknya Jembatan Tenggarong - Hari Sabtu, 26 November 2011 bisa disebut sebagai hari kelabu bagi masyarakat Indonesia khususnya di bumi Borneo dan lebih khusus lagi Bumi Kutai, Kalimantan Timur. Masyarakat di sekitar sungai Mahakam dikejutkan dengan ambruknya jembatan Mahakam II, jembatan kebanggaan yang menghubungkan Tenggarong dengan Tenggarong seberang. Beberapa kendaraan yang sedang melintas terperangkap di tiang-tiang besi jembatan Mahakam II. Ada yang jatuh dan berada dalam air, ada juga kendaraan yang masih menggantung, tersangkut di beberapa tiang besi jembatan Mahakam II. Jembatan ini sebenarnya memiliki beberapa nama, sehingga membingungkan saya untuk menyebutnya, misalnya ada yang menyebutnya sebagai Jembatan Mahakam II, Jembatan Tenggarong, dan ada juga yang menyebutnya dengan nama Jembatan Kutai Kartanegara atau biasa disingkat menjadi Jembatan Kukar.

Ambruknya Jembatan Tenggarong
Menurut Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa selama ini jembatan Tenggarong memang sedang diperbaiki. Namun sayanganya ketika sedang diperbaiki, jembatan yang menghubungkan kota Tenggarong dan Tenggarong seberang ini mendadak runtuh. Kecurigaan sementara, ambruknya jembatan Tenggarong ini karena selama proses perbaikan ini jembatan tidak ditutup. Lalu lintas kendaraan tetap dibiarkan seperti hari-hari sebelumnya sehinga menhadirkan kecurigaan kalau Jembatan Tersebut tidak kuat menahan beban lalu ambruk. Hal I ni diperkuat dengan adanya informasi yang mengatakan bahwa awal kejadiannya, tali-tali yang menghubungkan tiang-tiang sepanjang jembatan putus. Awalnya Cuma satu lalu bergantian hampir semua talinya.

Untuk melengkapi pengetahuan kita bersama, berikut ini saya berikan 10 Jembatan Terpanjang di Indonesia yang informasi saya ambil dari www.kaskus.us.

Berikut 10 Jembatan Terpanjang yang ada di Indonesia
Jembatan Kutai Kartanegara (580 m), terletak di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Hal yang unik dari jembatan ini yaitu Jembatan ini dibangun mirip jembatan Golden Gate yang terletak di San Fransisco. Mungkin jembatan ini yang runtuh Sabtu, 26 November 2011.
Jembatan Kutai Kartanegara
Jembatan Kahayan (640 m), terletak di Kalimantan Tengah. Panjang jembatan ini m640 m dan lebar 9 meter. Jembatan ini menghubungkan Kabupaten Barito Utara dengan Barito Selatan.
Jembatan Kahayan
Jembatan Tengku Fisabilillah / Jembatan Barelang (642 m), terletak di Batam. Jembatan ini disebut juga Jembatan Barelang, yaitu kepanjangan dari Batam, Rempang, dan Galang. Nama lain dari jembatan ini yaitu Jembatan Habibie, karena beliau yang memprakarsai jembatan ini.
Jembatan Tengku Fisabilillah / Jembatan Barelang
Jembatan Rumpiang (753 m), terletak di Banjarmasin dan menyeberangi sungai Barito. Jembatan ini menghubungkan Banjarmasin dengan Muarabahan.
Jembatan Rumpiang
Jembatan Mahulu (789 m), terletak di Samarinda melintasi sungai Mahakam. Jembatan ini menghubungkan Samarinda dengan Samarinda Seberang. Memiliki panjang 789m dan lebar 11 m.
Jembatan Mahulu
Jembatan Barito (1082 m), terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jembatan ini memiliki panjang 1082 m dan lebar 10,37 m.
Jembatan Ampera (1.117 m), terletak di Palembang, Sumatra Selatan, membelah Sungai Musi. Jembatan ini mempunyai mekanisme mengangkat jembatan apabila terdapat kapal besar yang melintas di bawahnya, dan ini merupakan satu-satunya jembatan yang mempunyai mekanisme seperti itu. Namun, mekanisme tersebut sudah tidak dapat digunakan kembali untuk saat ini.
Jembatan Ampera
Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah / Jembatan Siak (1.196 m), terletak di Ibukota Provinsi Riau. Memiliki panjang 1196 m dan panjang 16,95 m. Ada yang unik di jembatan ini, di puncak tiang jembatan ini terdapat restoran. Di dalam restoran tersebut kita dapat melihat pemandangan kota Riau yang mempesona.
Jembatan Tengku Agung
Jembatan Pasupati (2.147 m), Jembatan ini terletak di kota Bandung. Jembatan yang menjadi ikon baru kota Bandung ini memiliki panjang 2147 m dan lebar 21,53 m. Jembatan ini dapat mengatasi kemacetan yang sering melanda daerah tersebut.
Jembatan Pasupati
Jembatan Suramadu (5.438 m), Jembatan terpanjang di Indonesia yaitu Jembatan Suramadu. Jembatan ini menghubungkan pulau Jawa dengan Pulau Madura. Memiliki panjang 5.483 m dan lebar sekitar 30 m. Jembatan ini menjadi jembartan terpanjang nomor 3 di Asia Tenggara.
Jembatan Suramadu

Okey, diakhir kata saya mengajak anda sekalian yang membaca artikel ini untuk memanjatkan doa agar runtuhnya Jembatan Tenggarong / Jembatan Mahakam II di Kalimantan Timur ini tidak memakan banyak korban jiwa.

Terima Kasih Kunjungannya
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

0 Response to "Ambruknya Jembatan Tenggarong"

Post a Comment

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *