Kamera WhatsApp Keluarkan Bunyi Senapan Mesin

Follow us on Google News

Stastitik Pengguna WhatsApp

Siapa yang tidak mengenal WhatsApp? Aplikasi messenger yang saat ini dimiliki oleh Facebook merupakan aplikasi pesan atau chat yang diperuntukan bagi ponsel-ponsel cerdas baik iOs maupun android.

Dilihat dari statistik yang dipaparkan oleh tatista.com, pada tahun 2020 yang lalu pengguna WhatsApp Mesenger di dunia yang dimulai sejak April 2013 hingga 2020 terus mengalami penigkatan. Pada Maret 2020, WhatsApp memiliki dua miliar pengguna aktif bulanan, naik dari lebih dari 1 miliar sejak Februari 2016.

Pengguna WhatsApp Menurun Drastis

Camera WhatsApp Keluarkan Bunyi Aneh

Meski terus mengalami peningkatan pengguna aktif bulanan, disinyalir pada 2021 ini pengguna WhatsApp mengalami penurunan. Penurunan drastis katanya. Hal ini disebabkan oleh adanya kebijakan baru yang dikeluarkan pada pertengahan Januari 2021 kemarin.

Banyak pengguna termakan isu yang mengatakan bahwa pihak WhatsApp bakal membaca, melihat semua lokasi, pesan pribadi, riwayat panggilan, baca kontak pengguna dan lain sebagainya, banyak penggunanya hijrah ke aplikasi lain.

Apakah isu itu benar adanya? Simak tulisan saya sebelumnya di Kebijakan Baru WhatsApp Merugikan?

Nah, karena sudah paham akun jenis mana yang masuk dalam poin-poin kebijakan tersebut, banyak pengguna yang enggan berpisah. Mereka masih setia dengan WhatsApp. Termasuk saya dan teman-teman di kompleks sini.

Karena memang akun kami bukanlah akun bisnis yang menjadi target dari kebijakan baru itu. Meski tetap setia, namun ada sedikit keanehan di salah satu ponsel saya.

Camera WhatsApp Keluarkan Bunyi Senapan Mesin

Sudah dua mingguan lebih saya sibuk mengulik satu masalah di WhatsApp. Keanehan ini saya alami setelah ada peringatan untuk segera memperbaharui aplikasi. Sekitar 20an Januari 2021.

Pernah dengar suara senapan mesin ketika ditembakan? “Teteteteteteet...” begitulah bunyi yang keluar dari WhatsApp. Bunyi ini saya katakan aneh karena setelah menelusuri file sound di ponsel, tidak ada nada yang demikian. Munculnya pun aneh. Setelah pengambilan foto.

Singkat kata singkat cerita, WA dalam keadaan belum dibuka. Setelah 5 menit saya buka lalu coba mengambil gambar (memfoto). Fotonya bebas, mau di dalam chat atau di story. Nah, Shutter Sound Camera kan sudah tidak asing lagi. Itu normal. Saat memfoto juga keluar bunyi itu seperti biasa.

Anehnya adalah setelah shutter sound berhenti berbunyi, muncul bunyi lain. Mirip tembakan senapan mesin. Aneh kan? Padahal selama ini tidak pernah.

Kapan Suara Aneh di Camera WhatsApp?

Suara atau bunyi aneh dari WhatsApp Camera ini hanya terjadi di foto pertama. Selanjutnya diam. Hanya shutter sound. Tapi coba tutup aplikasinya beberapa menit. Buka kembali lalu coba foto. Keluar lagi bunyi peperangan. Satu lagi, bunyi seperti ini hanya terjadi ketiga tersambung ke jaringan internet.

Konsultasi Dengan Pihak WhatsApp

Mendapati kejadian yang menurut saya sedikit aneh seperti ini, saya lalu berinisiatif mengontak pihak WhatsApp. Barangkali, sekali lagi barangkali keanehan seperti ini baru pertama kali terjadi sehingga jawaban mereka ada meminta rekaman suara aneh tersebut dalam bentuk video.

Saya lantas coba merekam. Dengan ponsel lainnya saya coba untuk merekam ponsel yang sedang eror ini. Ups tidak bisa. Ditutup 10 menitan juga tidak keluar bunyi tembakan. Saya coba menginstal aplikasi perekam layar ponsel, lalu coba merekam.

Ups sekali lagi. Tidak bisa merekam full. Begitu selesai suara shutter sound yang mana biasanya dilanjutkan dengan suara tembakan, aplikasi perekam layar malah eror. Rekamannya hanya sampai setelah suara shuttersound.

WhatsApp Support

Saya lalu coba merekam di malam hari. Ponsel perekam saya diamkan di suatu tempat. Posisi rekaman sudah berjalan. Saya lalu arahkan ponsel saya ke dalam frame lalu mencoba take pic via WhatsApp. Hiaatt.. Berhasil.

Jawaban WhatsApp Support

Rekaman tersebut saya kirimkan ke pihak Support WhatsApp. Jawabannya klise sekali. Disuruh perbaharui aplikasi tanpa menguninstal terlebih dahulu. Saya lakukan. Tetap tidak ada perubahan.

Setelah menimbang-nimbang, saya akhirnya memilih untuk Hard Reset. Ponsel saya kembali perawan. Saya instal ulang semua aplikasi termasuk WhatsApp.

Apakah hasilnya memuaskan? Tidak Juga! Masih sering terjadi peperangan yang saya sendiri tidak tahu di mana medan perangnya. Biarlah mereka berperang. Saya capek. Hanya saja, hawa nafsu untuk beralih ke lain app perlahan membara.

Adakah teman-teman yang mengalami hal serupa?

Imbas dari Verifikasi Domain di Facebook Business?

Kenapa dugaan saya malah mengarah pada Facebook Business? Jujur saja. Akhir-akhir ini saya sibuk memverifikasi domain blog ini di facebook. Berhubung blog saya masih dalam blokiran facebook, saya mencoba menempuh langkah ini. Siapa tahu pihak FB membuka blokirannya.

Akhirnya saya sukses memverifikasi domain blog ini di facebook business. Caranya cukup menyisipkan kode yang diberikan di DNS Management penyedia domain. Termasuk verifikasi nomor ponsel dan WhatsApp. Saya coba share artikel. Akh sialan. Masih dibelenggu si mrak.

Nah... Firasat saya, jangan-jangan dengan berbagai langkah verifikasi ini, pihak FB dan WA menganggap akun WA saya adalah akun bisnis sehingga ada suara peperangannya itu. Tapi kenapa harus di foto? Untuk apa bunyi senjata mesin setelah foto?

Atau ponsel saya minta dilembiru ini? Donasinya Donk!!!

Update Status WhatsApp Saya 19 Feb. 2021

Karena tidak ada perubahan setelah Inul dan update, bunyi tembakannya tetap ada, akhirnya saya mencopot aplikasinya dan menggantinya dengan aplikasi yang saya kirimkan dari ponsel lain yang masih aman. Dan ternyata aman. Suara tembakan sudah hilang. Sedang ada perundingan damai, barangkali?

Untuk alasan tertentu video belumbisa saya tampilkan di sini.

LihatTutupKomentar

25 Komentar

  • Gustyanita Pratiwi 12.2.21
    waduh kok bisa begitu ya bang, aku pribadi belum pernah menggunakan kamera wa sih, seringnya pale kamera bawaan settingan hapenya langsung

    dan setelah bertanya ke support systemnya jawabannya sangay klise ya, disuruh instal yang baru :D
    • Bang Ancis 12.2.21 ✖
      Wah iya nih. Sudah pakai file manager untuk cari tahu siund tembakan juga tdk ketemu. Entalah..
  • Vicky Cahyagi 12.2.21
    Thx infonya bermanfaat. Belum pernah juga menggunakan kamera WA. Sejak isu data privasi itu, pihak WA seperti mencari cara untuk meyakinkan pelanggannya untuk tidak khawatir
  • Agus rusdi 12.2.21
    wah aku bisa begitu ya kayak senapan aku mau lihat wa ku seperti itu atau tidak, BTW innity legit bro aku udah po sih batas 1 juta untuk di klaim
  • fanny_dcatqueen 13.2.21
    Wa ku ga bisnis sih mas, jd mungkin kameranya juga normal2 aja. Tadi aku coba beberapa kali soalnya :D. Ga ada suara aneh2 saat ditekan. Tapi itu lumayan ganggu sih kalo misalnya sedang di luar dan mau memotret sesuatu pake kamera wa . Ga kebayang kalo sampe kedengaran suara seperti Medan perang ahhahahaa. Shutter berbunyi ceklik aja aku risih, apalagi kayak suara senapan :D
    • Bang Ancis 13.2.21 ✖
      Wah sempet nyoba foto-foto juga ya... Saya masih bingung juga skrg. Setelah update malah muncul suara-suara aneh...
  • Ikrom Zain 13.2.21
    syaa baru tau ya kalau ada suara spt itu
    biasanya kalau saya pas ngehang dna engga bisa akses paling paling menghitam
    tapi memang WA sekarang makin aneh aja
  • Agus Warteg 13.2.21
    Wah sudah di hard reset dan instal ulang aplikasi WhatsApp tapi masih ada bunyi suara senapan kalo buka kamera, sepertinya memang eror dari sananya bang.

    Aku sendiri belum pernah langsung foto pakai WA langsung sih, biasanya paling share foto yang ada di galeri jadi kurang tahu masalahnya dimana.
  • Dodo Nugraha 14.2.21
    Waaah, saya tidak tahu loh Bang kalao ada suara gitu yaa. Saya tadi barusan coba kamera pake WA, ga ada suara aneh aneh sih
    Suara seperti biasa aja... (?)
    • Bang Ancis 14.2.21 ✖
      Iya bro.. aplikasi teman2 yang lain juga masih aman-aman saja.. Hanya punya saya yang eror. Disadap mungkin ya?
    • Dodo Nugraha 19.2.21 ✖
      hoo, bisa jadi juga begitu bang.. Jadi gimana sekarang kelanjutannya?
    • Bang Ancis 20.2.21 ✖
      Sudah saya instal ulang apknya tapi bukan dari playstore... Saya kirimkan dari ponsel lain.. Sudah Aman..
  • ila - the ilagularity 17.2.21
    Aduh, kok bisa begitu ya, Bang Ancis? Gara-gara baca tulisan ini saya jadi iseng-iseng coba foto lewat aplikasinya (biasanya lewat aplikasi bawaan HP) tapi hasilnya normal-normal saja. Jadi kepo nih, mana respon dari official-nya sekenanya begitu, makin penasaran. Sampai hari ini apa aplikasinya masih suka "perang-perangan" sendiri, Bang?
    • Bang Ancis 20.2.21 ✖
      Nah itu... Malah respon terakhir mereka bilang kalau ponsel saya bermasalah.. Tapi setelah instal ulang dengan apk dariponsel lain malah aman dan damai...
  • Ursula Meta Rosarini 19.2.21
    pengguna WA menurun drastis mereka pada kemana bang? pindah ke telegram kah? kalau di WAku suara cekrek biasa aja sih, ga ada yg aneh hihihi
    • Bang Ancis 20.2.21 ✖
      Rata-rata ke telegram sama signal atau apa namanya itu... Kalau suara cekrek itu biasa Mbak.. Tapi setelah cekrek tiba-tibad ada suara tembakan.. aneh sekali..
  • Himawan Sant 21.2.21
    Dugaanku, .. tapi ini dugaanku loh, ada suara tembakan di tombol kamera ew itu memang benar adanya keterkaitan dengan akun bisnis facebook, semacam peringatan.
    Soalnya kamera wa kugunain baik sebelum dan setelah diminta upgrade ngga ada suara aneh seperti itu.
    Kayak gencatan perang saja ya..
Cancel