Pentingnya Pemeliharaan Website Untuk Eksistensi di Dunia Maya

Salam blogger. Kali ini Bang Ancis kembali menghadirkan sebuah tulisan sederhana seputar tips-tips pemeliharaan sebuah website yang semestinya dilakukan oleh seorang webmaster. Memang, di jagat maya ini sudah banyak web/blog yang membahas tips-tips yang sama, namun tidak ada salahnya sahabat semua menyimak beberapa tips yang bakal saya berikan di bawah ini. Siapa tahu ada yang kelupaan?

Layaknya sebuah peralatan, sebuah website baik yang bersifat komersil dan tidak komersil tetap membutuhkan sebuah perawatan untuk keberlangsungan hidup website tersebut. Website sebagai media digital merupakan mesin publikasi yang bekerja selama 24 jam dalam setiap hari, dengan akses oleh banyak pengunjung yang tak terhitung jumlahnya, pastilah membutuhkan pemeliharaan yang cukup serius. Tujuan dari pemeliharaan website adalah untuk memastikan bahwa website tersebut berjalan lancar, sehingga tetap dapat memperluas jangkauannya.
Tips-Tips Pemeliharaan Website
Ada banyak cara yang dilakukan untuk melakukan maintenance terhadap sebuah website, diantaranya:
  1. Pertama, back up data file secara rutin, sehingga saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat di restore kembali atau dipulihkan.
  2. Kedua, lakukan perawatan dan optimasi file-file website diperlukan, agar website tampil dengan normal dengan loading yang cepat.
  3. Ketiga, pemeriksaan SEF URL (Search Engine Friendly) dari error loading untuk memastikan tidak ada halaman yang putus saat ditemukan pada mesin pencari.
  4. Keempat, pemeriksaan keamanan untuk memastikan file web aman, tidak dihack, virus, dan malware. 
  5. Kelima, ping service secara berkala untuk menginformasikan pada mesin pencari bahwa website sudah di update. 
  6. Keenam, web hosting and balancing yang meliputi pemeliharaan, perawatan, pemeriksaan, dan perbaikan menyeluruh terhadap file-file website, analisis program, seperti awstat, bandwith monitoring, space monitoring, dan lain-lain. 
  7. Sedangkan hal yang ketujuh merupakan hal yang paling mudah dilakukan yakni input dan update data agar website selalu dalam keadaan up to date.
Sebenarnya perawatan website lebih banyak diperuntukkan bagi instansi atau perusahaan yang tidak memiliki staf khusus untuk melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan jasa pemeliharaan yang biasanya dilakukan oleh perusahaan web developer. Sebagaimana Pondok Media yang berfokus dalam bidang IT khususnya web design Indonesia, web hosting, dan internet marketing.

Sebagai jasa pembuat, Pondok Media juga menawarkan maintenance untuk website Anda. Sehingga dapat dipastikan website milik Anda akan selalu terpelihara dengan baik, dan tetap eksis di dunia maya. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki website difungsikan sebagai media komersial untuk promosi dan pemasaran (internet marketing).

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel