Lockdown Itu Apa?

Lockdown Itu Apa? - Wabah Virus Corona semakin membuat panik warga Indonesia dalam beberapa hari terakhir. Di Jakarta dan sekitarnya jumlah korban semakin meningkat, sebaliknya yang sembuh juga begitu. Berita-berita yang beredar semakin membuat kita-kita yang jauh dari Jakarta ikut merinding. Padahal pemerintah meminta kita untuk tenang. Melakukan segala tipts-tips antisipas berdasarkan saran WHO dan lain-lain, meski kenyataannya berita-berita yang menyejukan masih kalah jumlah.

Kali ini saya sedang tidak ingin membahas panjang lebar tentang Virus Corona atau Covid-19. Sudah banyak dibahas di luar sana apa itu virus corona, ciri virus corona, langkah-langkah aman agar terhindar dari virus corona serta jumlah korban yang masih dalam perawatan dan yang sudah sembuh dan lain sebagainya. Saya tidak akan membahasnya di sini.
Lockdown Itu Apa
Nah, di tengah kepanikan Wabah Virus Corona, ada sejumlah oknum yang berteriak-teriak di dunia maya agar Indonesia Memberlakukan Lockdown. Mereka mencontoh China, Korea, Singapura dan Italia  yang langsung memberlakukan Lockdown begitu mendeteksi negaranya terpapar Virus Corona.

Lockdown itu apa? Apa itu Lock Down?
Dari arti katanya, Lock berarti kunci dan down berarti turun bisa saya simpulkan Lockdown berarti mengunci (pintu). Dalam hal mencegah penyebaran Virus Corona, pemberlakuan Lockdown memiliki makna sebagai langkah mengunci diri (negara) alias mengisolasi seluruh warga negaranya untuk tidak bepergian antar negara.

Langkah ini untuk sementara dianggap sukses meredam penyebaran virus ini. Karena menurut para pakar, virus corona ini tidak tahan berada di udara terbuka. Dia butuh tubuh manusia untuk hidup. Jarak Ideal Penularan Virus Corona paling jauh 2 meter. Karenanya, dengan langkah mengisolasi warga, maka peluang menyebarnya dibatasi.

Segala tempat dan bentuk keramaian dilarang. Seluruh warga dirumahkan. Tidak boleh kemana-mana. Hanya petugas-petugas kesehatan dan mungkin pihak militer yang boleh lalu lalang memberikan bantuan. Arus transportasi juga dibatasi terutama yang bersifat internasional. Penerbangan ditutup. Transportasi darat dan laut juga dibatasi.

Jika anda pernah tinggal di Bali pada saat perayaan Hari Raya Nyepi, maka Lockdown seklias mirip. Semua orang dilarang kemana-mana. Harus berada di dalam rumah 1x24 jam. Yah mirip-mirip begitulah arti istilah Lockdown.

Perlukah Indonesia Berlakukan Lockdown?
loading...
LihatTutupKomentar

13 Komentar

Cancel