Urgensi Pembangkit Listrik Cadangan Bagi Sarana Pendidikan

Urgensi Pembangkit Listrik Cadangan Bagi Sarana Pendidikan - Era pasar bebas saat ini menuntut tenaga kerja dalam negeri mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. Itulah sebabnya dunia pendidikan berkembang dengan pesat. Pendidikan kini tak hanya terbatas pada teknik pembelajaran tradisional.

Berbagai aspek pendidikan saat ini dihubungkan dengan teknologi. Sehingga proses pendidikan berbasis teknologi semakin menggeliat. Karenanya kebutuhan akan akses pasokan listrik yang lancar adalah sesuatu yang sangat urgent.

Pasokan listrik PLN tentu tak selalu lancar. Ada kalanya mengalami gangguan listrik seperti padamnya aliran listrik. Ketika proses belajar mengajar terganggu karena masalah aliran listrik, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan tentu sangat memerlukan pembangkit listrik cadangan.

Salah satu yang dapat dilakukan bila pasokan listrik terganggu adalah dengan cara sewa pembangkit listrik. Dengan demikian ketika aliran listrik PLN terganggu, maka pembangkit listrik sewaan itu dapat mem-back up proses belajar mengajar. Selain itu praktek yang sedang berlangsung juga dapat terselenggara dengan baik.
Manfaat Listrik Bagi Pendidikan

Manfaat Pasokan Listrik Dalam Proses Pendidikan

Penerangan Ruangan

Ketika para karyawan membutuhkan tambahan ilmu dan tingkat pendidikan, salah satu solusi yang dapat diambil adalah dengan mengikuti kuliah malam. Saat kuliah malam, penerangan yang tiada henti adalah suatu keniscayaan. Berbeda dengan kuliah di siang hari yang masih bisa mengandalkan cahaya matahari. Apalagi kegiatan penelitian dan praktek yang dilakukan di laboratorium benar-benar tidak dapat berjalan tanpa aliran listik.

Pendingin Ruangan

Untuk tempat beriklim panas, pendingin ruangan saat belajar di ruang kelas sangat diperlukan. Hilangnya pasokan listrik meski hanya satu atau dua jam, tidak dapat dipungkiri cukup menggangu konsentrasi para siswa dalam menyerap ilmu yang disampaikan.

Kebutuhan Praktek Laboratorium

Untuk menunjang proses pembelajaran yang maksimal maka peran laboratorium sebagai sarana praktek mutlak diperlukan. Seperti laboratorium elektronik, bahasa, biologi, kimia, komputer, dan lain sebagainya.

Belajar memang tak kenal waktu. Tidak hanya siang, malam pun tetap dijalankan. Kenyamanan dalam belajar sangat perlu diperhatikan. Dengan lancarnya pasokan listrik di industri bangunan komersial pada ranah pendidikan seperti sekolah, kampus, bimbingan belajar, kursus keahlian, dan lain-lain, maka proses pendidikan akan berjalan dengan nyaman dan lancar.

Manfaatnya adalah para penimba ilmu dan keahlian dapat menyerap pengetahuan yang disampaikan oleh para pendidik dan mentor sehingga mereka dapat menjadi orang-orang yang ahli di bidangnya. Dengan demikian diharapkan akan menjelma menjadi tenaga kerja Indonesia yang handal dan menjadi tuan di negerinya sendiri.
loading...
LihatTutupKomentar

10 Komentar

  • Arenapublik 22.8.20
    untuk pendidikan memang tidak ada habisnya ya bang... harus bsa berkorban banyak
  • Satria Mwb 22.8.20
    Untuk menghadapi itu semua memang perlu pencadangan akan tetapi bukan kita bisa bebas memanfaatkan energi listrik dengan pemborosan. Dalam artian perlunya juga penghematan dan penggunaan Listrik. Tak hanya itu saja mungkin perawatan yang berkesinambungan juga diperlukan untuk menstabilkan daya energi listrik.😊
    • Bang Ancis 27.8.20 ?
      Hemat. Kata ini yang masih jarang orang praktekan terutama dalam hal listrik. Lampu atau peralatan yang tidak perlu dinyalakan pada saat2 tertentu mestinya di matikan.. Tapi kadang malah 24 jam hidup, hehehe
  • Himawan Sant 22.8.20
    Semoga saja ngga semua universitas menerapkan pemakaian ac untuk ruangan studinya.
    Pasokan listrik jadi lebih banyak tersedia dan juga ngga bikin bentar-bentar tarif dasar tagihan listrik jadi naik.
  • Vicky Cahyagi 24.8.20
    Saya baru sempat berkunjung ke blog ini. Menarik PLN memerlukan pembangkit listrik alternatif. Setau saya, sumber listrik utama PLN akan sedikit bermasalah saat kemarau, sehingga sering terjadi pemadaman listrik. Oh ya, saya baru follow blog ini. Terima kasih
  • Agus Warteg 25.8.20
    Memang banyak sekali manfaat listrik bagi pendidikan, dari penerangan ruangan agar belajar tidak gelap, pendingin ruangan pakai AC, praktek laboratorium juga perlu listrik ya, belum lagi buat komputer.

    Untuk Jawa sih sepertinya pasokan listrik tidak masalah biarpun kadang masih ada satu dua pemadaman listrik, tapi kalo di luar Jawa sepertinya masih ada kendala. Pemadaman listrik udah biasa tiap Minggu.
Cancel