Dikabarkan Sedang Sakit Parah, Berikut Profil Paus Benediktus XVI

Bang Ancis Lifestyle – Kabar mengejutkan datang dari Vatikan. Mantan Paus Benediktus XVI dikabarkan sakit parah dan saat ini sedang dirawat secara intensif.

Dilansir dari vaticannews.va, kabar ini disampaikan langsung oleh Paus Fransiskus saat mengahkiri sebuah pertemuan di Aula Paulus VI. Paus Fransiskus lantas meminta doa dari umat atas kesembuhan Paus Benediktus XVI.

Kabar tentang kesehatan Paus Benediktus XVI dibenarkan oleh Direktur Kantor Pers Takhta Suci, namun situasinya dikabarkan stabil.

Profil Paus Benediktus XVI
Foto: vaticannews.va

Menurutnya, setelah meminta doa dari umat beriman di seluruh dunia, Paus Fransiskus lalu pergi ke biara Mater Ecclesiae di Vatikan dimana Benediktus XVI tinggal.

“Saya ingin meminta doa khusus kepada Anda semua untuk Paus Emeritus Benediktus, yang diam-diam mendukung Gereja. Ingat dia - dia sangat sakit - mohon Tuhan untuk menghiburnya, dan dukung dia dalam kesaksian cinta untuk Gereja ini, sampai akhir,” kata Paus Fransiskus, dikutip dari vaticannews.va.

Profil Paus Benediktus XVI

Paus Benediktus XVI, lahir Joseph Aloisius Ratzinger, adalah pensiunan uskup Gereja Katolik yang menjabat sebagai Paus dari tahun 2005 hingga 2013. Ia lahir pada tanggal 16 April 1927, di Marktl am Inn, Bavaria, Jerman.

Dia ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1951 dan melayani dalam berbagai kapasitas dalam Gereja, termasuk sebagai profesor teologi, sebelum diangkat menjadi Uskup Agung Munich dan Freising pada tahun 1977.

Pada tahun 1981, Paus Yohanes Paulus II mengangkatnya sebagai Prefek Kongregasi untuk Ajaran. Iman, dan dia diangkat menjadi kardinal pada tahun yang sama.

Paus Benediktus XVI terpilih sebagai Paus pada 19 April 2005, setelah kematian Paus Yohanes Paulus II.

Selama kepausannya, dia bekerja untuk mempromosikan ajaran Gereja Katolik, khususnya pada isu-isu seperti teologi moral, pertahanan pernikahan tradisional, dan perlindungan kehidupan manusia.

Dia juga melakukan upaya untuk memperkuat hubungan Gereja dengan agama lain dan mempromosikan dialog antaragama.

Paus Benediktus XVI mengumumkan pengunduran dirinya pada 11 Februari 2013, dengan alasan usia lanjut dan kekuatan yang semakin berkurang sebagai alasan keputusannya.

Dia adalah Paus pertama yang mengundurkan diri sejak Paus Gregorius XII pada tahun 1415. Sejak pensiun, Paus Benediktus XVI tinggal di Vatikan tepatnya di sebuah biara di dalam taman Vatikan.

Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar
Cancel