Mari Mengenal Sistem Informasi Sekolah

Mari Mengenal Sistem Informasi Sekolah - Sudah sebulan ini beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di beberapa kota sudah menerapkan Sistem Informasi Sekolah atau disingkat menjadi SIS atau SISKO. Dijelaskan bahwa dengan system ini segala sesuatu informasi pendidikan termasuk kegiatan belajar mengajar siswa plus hadir dan tidaknya seorang siswa dapat dipantau dan diakses dengan sangat mudah oleh semua pihak terkait, baik itu siswa itu sendiri, guru sampai orang tua wali murid. Kenapa dibilan mudah? Yah karena system ini dilakukan hanya dengan melalui Short Message Service (sms). Bagaimana cara kerja layanan ini? Biar tidak penasaran berikut penjelasan tentan Sistem Fingerprint Melalui Sistem Informasi Sekolah.

Mari Mengenal Sistem Informasi Sekolah
Cara atau teknik yang digunakan dalam pelaksanaan Sistem Informasi Sekolah ini dibilang sangat mudah karena orang tua wali murid akan mendapatkan laporan SMS jika anaknya terlambat masuk sekolah atau tidak hadir sama sekali di sekolah. Isi dari SMS tersebut bisa saja mengatakan bahwa anaknya tidak masuk sekolah. Penggunaan fingerprint merupakan salahs atu bagian dari Sistem Informasi Sekolah. Tujuannya adalah memudahnkan orang tua/wali murid dalam mengontrol anaknya.
Mari Mengenal Sistem Informasi Sekolah
sumber gambar www.invir.com
Karena dianggap mudah dan penting, makanya saat ini beberapa sekolah sudah menerapkan system ini. Mereka bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang software yakni untuk pengambilan aplikasi program (fingerprint, misalnya) dan PT. Telkom untuk layanan SMSnya. Program SIS sendiri berbasis web dengan menggunakan akses jaringan dari internet sekolah, sementara untuk penyebaran informasinya menggunakan layanan SMS. Tampilan webnya menyuguhkan beberapa menu pilihan. Menu-menu itu seperti Kepegawaian (berisi data-data siswa), profil siswa dan lain-lain bahkan sampai jadwal pembelajaran. Menu-menu akademik yang berisi nilai-nilai siswa juga ada di sana. Lengkap mulai dari nilai Ujian Tengah Semester (UTS) sampai Ujian Akhir Semester (UAS).
Mari Mengenal Sistem Informasi Sekolah
sumber gambar padang.indonetwork.co.id
Mari Mengenal Sistem Informasi Sekolah
Agar layanan ini bisa sukses dijalankan, ada beberapa point penting yang mesti dipenuhi diantaranya :
  1. Identitas termasuk nomor handphone siswa dan orang tua wali murid harus terdaftar (didaftarkan).
  2. Perlunya sebuah server dan database.
  3. Guru-guru harus rajin mengupdate/menginput semua informasi.
  4. Dan masih banyak lagi.
Sistem Fingerprint Melalui Sistem Informasi Sekolah
System ini dipercaya bisa memudahkan kinerja antara guru dan siswa dalam proses belajar mengjar. Tugas bias saja diberikan pada siswa melalui server dari layanan ini. Tugas akan tersampaikan pada siswa melalui SMS. Penerapan Sisten Informasi Sekolah ini bisa juga untuk penghematan kertas. Karena dengan system ini, pertemuan antara wali murid dan wali kelas bisa saja berkurang. Presentase kehadiran siswa di sekolah bisa diketahui melalui sistem ini. Para wali murid juga bisa mengakses presensi putra putrinya. Bolos, sakit atau ijin berapa kali pun bisa diketahui dari sistem ini. Karena itu Sistem Informasi Sekolah dipercaya bisa membantu mengontrol orang tua terhadap anaknya.
Mari Mengenal Sistem Informasi Sekolah
sumber gambar blog.uin-malang.ac.id
Mungkin informasi menyangkut Sistem Informasi Sekolah di tulisan ini belum seberapa lengkap alias komplit. Maka maafkan saja, anda bisa mencarinya di situs-situs lain, sudah banyak yang membahas masalah Sistem Informasi Sekolah. Ayo Mari Mengenal Sistem Informasi Sekolah.
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

1 Response to "Mari Mengenal Sistem Informasi Sekolah"

  1. I love your blog! You will be in our prayers and thoughts! Nice and informative post on this topic thanks for sharing with us. Thank you

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *