Facebook Graph Search vs Google Search

Facebook, sebuah jejaring sosial terpopuler di dunia saat ini seakan tidak pernah padam ide kreatifitasnya. Fitur-fitur serta aplikasi yang memanjakan para penggunanya terus diciptakan. Dan terbukti, fitur-fitur dan aplikasi tersebut sangat friendly sehingga penggunanya semakin betah dan berlama-lama di situsnya.

Fitur terbaru yang baru saja diperkenalkan oleh Facebook adalah sebuah mesin pencari model baru. Pihak facebook menamakannya Graph Search atau Facebook Graph Search. Beragam spekulasi pun mulai muncul ke permukaan salah satunya adalah apakah kehadiran Facebook Graph Search ini  ingin menyaingi Google Search?

Memang selama ini sebagian besar pengguna internet masih mengandalkan Google Search sebagai mesin pencari utama di samping Yahoo dan Bing. Dan seperti kita ketahui, dengan menjadi Raksasa Mesin Pencari di dunia ini Google telah banyak meraup keuntungan.

Karena pendapatan yang tinggi dari Google Search inilah yang menarik minat beberapa kalangan untuk menciptakan mesin pencari sendiri. Tidak terkecuali Facebook. Sebagai jejaring sosial terpopuler di dunia, pihak facebook barangkali ingin meraup keuntungan di setiap aktifitas yang dilakukan di situsnya. Inilah yang menjadi alasan beberapa pernyataan menyusul diluncurkannya Facebook Graph Search pada 15 Januari kemarin.
Facebook Graph Search vs Google Search
Cara Menggunakan Facebook Graph Search
Fitur terbaru dari facebook ini bertujuan untuk membantu penggunanya yang sedang mencari informasi tentang orang, tempat, foto, kesukaan dan segala hal yang ada di Facebook. Apa saja. Layaknya google search, di Facebook Graph Search ini kita hanya tinggal mengetikan kata kunci di kotak pencariannya dan menentukan di kota mana kita akan melakukan pencarian. Kalau selama ini yang kita cari hanya seputar nama orang, fans page dan beberapa lainnya, kali ini Facebook Graph Search diklaim memiliki wilayah jelajah yang luar biasa hebat.

Sayangnya, fitur ini baru dirilis versi beta saja. Dan baru diuji coba di Amerika saja. Facebook Graph Search untuk Indonesia belum tersedia sehingga saya tidak bisa menjelaskannya dengan panjang lebar. Namun, mengingat kembali spekulasi yang beredar bahwa kehadiran Facebook Graph Search merupakan ancaman bagi Google Search bagi saya tidak berpengaruh banyak. Toh facebook hanya mengindeks data-data yang ada dalam servernya saja sementara google mengindex jutaan bahkan miliaran halaman website di seluruh dunia. Google Search bisa saya kategorikan sebagai mesin pencari umum sedangkan Facebook Graph Search adalah mesin pencari khusus (khusus di facebook). Walaupun Facebook sudah bekerja sama dengan Bing, namun saya rasa masih belum cukup untuk menumbangkan Google Search atau mesin pencari lainnya.
(maaf kalau saya sedikit lebih memihak ke google daripada facebook graph search, berhubung saya sempat menjadi seorang blogger dan punya website yang hosting di google/blogger dan yang terpenting adalah saya menjaring visitor blog saya dari Google Search.. maafkan dan lupakan saja saya).

Jadi, Apakah Kehadiran Facebook Graph Search ini merupakan ancaman "serius" bagi Google Search?
Ads??
Info Menarik Lainnya:

Related Posts:

2 Responses to "Facebook Graph Search vs Google Search"

  1. saya setuju dengan artikel diatas. google search memang lebih bagus dan komplit :)

    ReplyDelete

Don't Spam

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *