Sukses Custom Domain web.id di Blogger

Salam Blogger...
Kurang lebih 4 hari lamanya Bang Ancis disibukan dengan mengobrak abrik mbah gugel hanya untuk mencari tutorial tentang Cara Custom Domain di Blogger. Memang secara tiba-tiba Bang Ancis ingin mengubah nama domain untuk blog ini. Pilihan akhirnya jatuh pada domain web.id. Selain karena murah, domain ini juga secara tidak langsung memberitahukan pada pengunjung kalau pemilik blog berasal dari Indonesia.

Singkat kata dan singkat cerita domain web.id berhasil saya dapatkan. Proses pembelian sampai penyerahan beberapa kelengkapan administrasi saya lengkapi dengan sukses tanpa kendala apapun.

Permasalahan justru muncul ketika mau mengalihkan atau bahasa kerennya migrasi domain bangancis.web.id ke ancispengelana.blogspot.com. Awalnya saya mengira di tempat saya membeli domain itu saya bisa mengatur DNA eh DNS (Domain Name System) sesuka hati. Ternyata eh ternyata perkiraan saya ternyata salah. Sekedar informasi, saya daftar domain web.id di Situs pengelolaan domain .ID.
Pening, mumet, stress bahkan meriang menjadi teman Bang Ancis dalam mencari tutorial Custom Domain di Blogger. Semua tutorial mastah-mastah saya babat habis namun domain saya belum bisa diakses juga. Katanya harus menunggu 2-3 hari. Tapi dasar Bang Ancis, saya orangnya tidak sabaran. He..he...

Sukses Custom Domain web.id di Blogger
Akhirnya Bang Ancis Sukses juga. Dengan menggunakan jasa Free DNS Hosting di freedns.afraid.org dimana dari proses register, setting CNAME dan segala macam settingan lainnya hanya memakan waktu kurang dari 3 jam. Begitu pengaturan di blogger selesai, klik view blog, eh ternyata bangancis.web.id sudah online.

Akhir kata, hanya inilah sedikit cuap-cuap saya tentang pening, mumet dan stress yang Bang Ancis alami selama melakukan Custom Domain web.id di Blogger.

NB.
Terima kasih saya ucapkan untuk semua sahabat yang sudah memberi sumbangan dan ide serta informasinya selama proses pening, mumet dan stress yang Bang Ancis alami beberapa hari kemaren.
Bang Ancis
Saya hanyalah seorang blogger iseng. Kenapa? Karena keisenganlah maka saya menjadi seorang blogger. Mampir ya di blog saya www.bangancis.web.id

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter