Membangun Kebiasaan Tidur Yang Baik Pada Bayi

Kebiasaan Tidur Yang Baik Pada Bayi
Apakah anda mempunyai bayi? Tahukah anda kalau seorang Bayi (biasanya bayi yang baru lahir) bisa menghabiskan waktu tidur hingga 17 jam sehari. 17 jam ini bukan secara terus menerus, tetapi secara bertahap alias tidak tetap. Walaupun kadangkala bayi-bayi ini bisa sekaligus menghabiskan waktu tidur mereka selama selama 2 – 4 jam dalam sehari. Dan akibatnya adalah anda sebagai orang tuanya serta bayi anda kelelahan.

Sebenarnya bayi memang harus banyak memiliki atau diberi waktu tidur yg banyak karena ini sangat membantu perkembangan otaknya. Namun kebiasaan pada bayi ini akan berkurang ketika berada pada usia 6 – 8-minggu. Mereka secara otomatis mulai menghabiskan waktu tidur dengan jumlah waktu yang lebih pendek di siang hari namun lama pada malam hari.
bayi
Lalu bagaimana langkah-langkah dalam membangun kebiasaan tidur yang baik bagi seorang bayi? Berikut ini ulasan dari Direktur Sleep Disorders Center di Children Hospital Philadelphia dan penulis Sleeping Through the Night Jodi Mindell yang saya ambil dari sebuah portal berita nasional :

Pelajari tanda kelelahan
Selama enam sampai delapan minggu pertama, bayi tidak mampu terbangun lebih dari dua jam. Jadi perhatikan tanda-tanda kelelahannya. Apakah ia menggosok mata, menarik telinga atau lebih rewel dari biasanya?

Mulai mengajari perbedaan siang dan malam
Begitu bayi berumur sekitar 2 minggu, Anda mulai bisa mengajarkannya perbedaan siang dan malam. Ketika dia terjaga di siang hari, seringlah berinteraksi dengannya sebanyak mungkin. Ciptakan lampu kamar yang terang. Malam harinya saat ia terbangun, rendahkan pencahayaan dan kurangin kebisingan.

Pertimbangkan memulai rutinitas tidur
Lakukan hal sederhana seperti menyanyikan lagu pengantar tidur dan memberinya ciuman selamat malam.

Beri dia kesempatan tidur sendiri
Saat usia 6 sampai 8 minggu, berikan kesempatan untuk tidur sendiri. Ketika dia mengantuk usahakan Anda masih terjaga.

sumber http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2012/04/21/6879/7/Tips-Mengantarkan-Bayi-Tidur-Tenang
Belanja Celana Boxer Cowok dan Cewek
LihatTutupKomentar
Cancel