Salut Buat Speedy, Tapi...

Salut Buat Speedy, Tapi... Yah... judul tulisan saya kali ini benar-benar merupakan sebuah pujian yang tulus dari sanubari saya untuk salah satu Internet Service Provider Indonesia : Speedy. Saya salut karena dia berhasil (entahlah) memblokir DNS Publik dari google yang mana seperti kita semua tahu bahwa DNS Publik Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) tersebut bisa kita pakai untuk bebas berselancar dan membuka situs-situs yang diblokir oleh operator internet. Situs-situs tersebut misalnya situs perjudian, situs dewasa, situs yang menyediakan konten-konten porno dan situs-situs yang melanggar undang-undang lainnya.

Nah, saya tiba-tiba salut pada speedy karena dia "berhasil" memblokir DNS Publiknya google, sehingga siapapun yang menggunakan DNS Google di jaringan Speedy, tidak akan masuk ke beberapa situs tertentu (masih cari tahu). Entahlah.. ditempat lain atau ada sahabat yang koneksi internetnya menggunakan speedy juga mengalami hal yang sama seperti saya atau tidak. Namun yang pasti, siang tadi ketika online di kantor yang menggunakan speedy plus DNSnya menggunakan DNS Publiknya Google, malah muncul keanehan.
speedy blokir dns google
image source : bekas.com
Hampir semua web/blog seperti Kompas, Detik dan sejenisnya termasuk blog gratisan Blogspot dan website yang menggunakan hosting sendiri bisa diakses dengan mudah dan tanpa ada gangguan. Bahkan dengan iseng saya membuka satu-dua situs terlarang (lha koq terlarang?) pun masih bisa tembus, berkat DNS publiknya google di atas.

Keanehan yang membuat saya geram adalah web/blog yang menggunakan Top Level Domain dan Sub Level Domain yang menggunakan hosting gratis di Blogger/Google malah tidak bisa dibuka sama sekali alias "connection timeout", termasuk blog ini. Dan lebih anehnya lagi, meski tidak bisa dibuka, namun ketika di PING malah bisa tersambung. Sebaliknya, blog/web yang tidak bisa dibuka tersebut baru dapat diakses kembali jika settingan DNS menggunakan DNSnya Speedy.

Melihat kenyataan ini saya lantas berasumsi kalau speedy sudah berhasil memblokir DNS publiknya Google. Salut Buat Speedy, Tapi... kenapa harus dan hanya blog-blog atau wesbite TLD/Sub TLD yang host di blogger yang diblokir? Atau memang ada masalah teknis yang sedang terjadi? Saya mohon pencerahannya.

Kesimpulan, apakah salutnya saya di atas masih pantas?? Atau, ada sahabat yang mengalami hal yang sama?
Bang Ancis
Saya hanyalah seorang blogger iseng. Kenapa? Karena keisenganlah maka saya menjadi seorang blogger. Mampir ya di blog saya www.bangancis.web.id

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter