Mengendalikan Mulut

Organ indera yang terpenting dan paling besar pengaruhnya adalah lidah. Bila engkau dapat menguasai lidah yang terdapat dalam rongga mulut, maka dengan mudah pula engkau akan menguasai semua organ indera lainnya.

Kuda dapat berlari cepat, tetapi bila kendali (tali) dipasang dimulutnya tempat lidah bersemayam, dan dipegang/ditarik erat-erat, seluruh gerakan hewan ini akan dengan mudah dikendalikan. Bagaimana tali yang kecil itu dapat mengendalikan binatang yang besar, kuat dan cepat larinya itu? Jawabannya adalah krena mulut merupakan bagian bada kuda yang paling peka dan penting bila ditinjau dari segi pengendaliannya. Sekali mulut dikekang, binatang itu dapat dikendalikan seluruhnya.
Mengendalikan Mulut
image from tiogadentalnews.com
Paragraf di atas hanyalah sebuah pengandaian bagaimana pentingnya sebuah lidah dan mulut pada seekor kuda. Tapi sebenarnya, jika pada manusia, mulut dan lidah pun merupakan indera terpenting di antara kelima organ lain. Dengan percikan api yang kecil kita dapat menyalakan api unggun yang besar. Kekuatan bicara dapat dimisalkan dengan percikan api. Dengan mengendalikan lidahmu, sebenarnya engkau dapat mengendalikan dunia.

Kemampuan bicara dapat digunakan untuk tujuan yang mulia dan luhur namun bisa juga disalahgunakan secara keji dan jahat. Ia dapat digunakan untuk memberikan doa restu namun di saat yang sama bisa juga digunakan untuk mencela dan memfitnah orang lain. Lidah juga memiliki kemampuan untuk membedakan citarasa yang baik dan buruk. Karena itulah banyak tetua-tetua tempo dulu menyarankan sebuah kebenaran yang sangat baik dan terpuji serta bermanfaat :
"Jangan kau biarkan dirimu terlibat dalam percakapan yang tidak berguna. Sebaliknya sibukkan dirimu dengan menyanyikan dan mengharumkan nama Tuhan dengan kebaikan dan kebenaran."
Ada juga pepatah yang mengatakan bahwa kaki yang tergelincir mungkin tidak akan menyebabkan cidera yang berat, tapi lidah yang tergelincir dapat menjerumuskan engkau ke dalam kesusahan yang berlarut-larut. Lidah yang digunakan secara sembrono dapat menyakiti dan memedihkan hati orang lain.

Ingat :

Kiriman oleh Bang Ancis.

@WMP 1990

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel