Maybank Sekarang Support Bayar BPJS Online, lho

Maybank Sekarang Support Bayar BPJS Online, lho - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau yang lebih dikenal dengan istilah BPJS adalah sebuah badan yang ditunjuk negara untuk memberikan jaminan kesehatan bagi warga negara. Gotong royong adalah metode andalan layanan kesehatan ini. Gotong royong di sini artinya semua peserta menyetorkan iuran secara rutin setiap bulannya. Iuran ini kemudian dipakai untuk membiayai siapa saja yang sakit asalkan dia peserta. Sakit kan bisa datang kapan saja tanpa kita prediksi, karena itu peserta diwajibkan untuk selalu bayar BPJS karena sebesar apapun biaya perawatan ketika kita sakit nantinya akan ditanggung.
Maybank Sekarang Support Bayar BPJS Online

Sekilas Sejarah BPJS

Menurut catatan sejarah, badan penyelenggara kesehatan seperti ini sudah ada sejak jaman Belanda. Setelah merdeka, keinginan pemerintah untuk tetap memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat tetap diupayakan meski pada masa itu kepesertaannya masih sebatas Pegawai Negeri Sipil dan keluarganya.

Lalu lahirlah apa yang dinamakan dengan Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan yang ruang lingkup pelayanannya masih seputar PNS. Tahun 1984 badan ini kembali berganti nama menjadi Perum Husada Bhakti yang lingkup pelayanannya agak meluas yakni melayani jaminan kesehatan bagi PNS, pensiunan, veteran, perintis kemerdekaan, dan anggota keluarganya.

Seiring berjalannya waktu, badan penyelenggara kesehatan ini terus mengalami perkembangan hingga berubah lagi menjadi PT. Asuransi Kesehatan (ASKES) yang pelayanannya mulai menjangkau karyawan-karyawan BUMN. Namun melalui programnya Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Umum (PJKMU), diketahui kalau banyak masyarakat yang antusias mengikuti program ini meski belum tercover dengan baik. Dari sanalah akhirnya PT. Askes kemudian menjelma menjadi BPJS yang mulai resmi beroperasi sejak 2014 sampai sekarang.

Bayar BPJS Online Melalui Maybank ATM

Dunia terus berputar. Bukan hanya badan jaminan kesehatan ini saja yang melewati sejarah perubahan dan perkembangan. Teknologi dunia secara umum terus bergerak maju menuju perubahan yang lebih baik, sederhana dan memudahkan. Salah satunya adalah sistem pembayaran online yang akhir-akhir ini semakin menjamur. Meski begitu, sistem pembayaran jenis ini bisa diandalkan karena memudahkan kita dalam membayar iuran BPJS.

Sistem pembayaran online yang ada saat ini terdiri dari beberapa jenis. Ada yang berdiri sendiri, yang hadir hanya menawarkan jasa pembayaran online, ada pula yang merupakan fitur baru yang ditawarkan oleh perusahaan yang sudah ada. Contohnya adalah Maybank ATM yang baru-baru ini meluncurkan layanan terbaru mereka yang mana semua peserta BPJS yang juga nasabah Maybank bisa melakukan pembayaran iuran BPJS melalui ATM.

Maybank atau lengkapnya PT Bank Maybank Indonesia Tbk merupakan sebuah bank swasta terkemuka di Indonesia. Bank yang menjadi bagian dari grup Malayan Banking Berhad ini sebelumnya dikenal dengan nama PT. Bank Internasional Indonesia. Sama seperti bank pada umumnya, Maybank juga menawarkan berbagai produk dan layanan jasa keuangan bagi nasabahnya. Salah satunya seperti yang sudah saya singgung di atas yakni melayani pembayaran iuran BPJS melalui ATM.

Tata cara Pembayaran BPJS Melalui ATM Maybank

Jika teman-teman adalah nasabah Maybank dan ingin membayar iusan BPJS melalui ATM, caranya sangat mudah. Seperti mengoperasikan ATM pada umumnya, langkah-langkahnya hampir sama seperti berikut :
  • Masukkan kartu ATM lalu pilih bahasa Indonesia,
  • Masukkan PIN anda, lalu OK
  • Pilih menu Pembayaran Isi Ulang
  • Pilih menu Pembayaran Lainnya
  • Selanjutnya pilih menu BPJS Kesehatan
  • Penting! Masukkan Virtual Akun (VA) Anda. Jika ID BPJS teman-teman adalah 0001234567899 maka VA anda adalah 8888801234567899, lalu tekan Benar,
  • Langkah ini juga penting. Masukkan jumlah bulan yang akan dibayar, lalu tekan tombol benar.
  • Setelah itu muncul layar Konfirmasi. Perhatikan dengan teliti baik nama, nomor VA, jumlah bulan dibayar. Setelah siap, tekan tomol benar.
  • Setelah itu ecara otomatis iuran BPJS anda terbayarkan. Mesin ATM akan mengeluarkan Struk sebagai tanda bukti.
Yah, sepertinya hanya sampai di sini informasi seputar Bayar BPJS Online melalui Maybank ini. Semoga dengan kemajuan teknologi ini segala urusan bisa dipermudah. Oh ya hampir lupa, untuk setiap transaksi Bayar BPJS Online di Maybank ATM ini dikenakan biaya Rp. 2.500 per transaksi.
Sekian!
loading...
LihatTutupKomentar

15 Komentar

  • Agus Warteg 6.7.20
    Makasih banyak atas informasinya bang Ancis. Kalo aku biasanya bayar BPJS kesehatan lewat Indomaret saja soalnya dekat. Kalo lewat ATM lebih jauh lagi, sekitar 3 km, kalo Indomaret jaraknya cuma 500 meter saja.😊
    • Bang Ancis 6.7.20 ?
      Iya Mas Agus.. sama-sama.. Yah mau bayar lewat mana saja tergantung perhitungannya saja.. jarak, waktu dan tentunya tranportasi..
  • NA 6.7.20
    BPJS macam insurans pula.
  • Jaey Zona 7.7.20
    Oh jadi BPJS itu jelmaan dari ASKES, siplah 👍

    Btw kalo lewat indomaret kena pajak rp. 2500 juga gak? sperti halnya lewat ATM? 😆
    • Bang Ancis 7.7.20 ?
      Yah boleh lewat mana saja asal itu mempermudah.. Untuk nasabah Maybank, apa salahnya mencoba layanan ini..
  • Himawan Sant 7.7.20
    Satu lagi layanan perbankan yang memudahkan membayar tagihan bpjs.
    Cukup membantu kemudahan pembayaran 🙂
  • abasozora 7.7.20
    Bang saya mau cetak Kartu BPJS bagaimana ya secara online pake browser, mohon bantuannya, sudah 2 x angsuran tp saya belum cetak kartu (ini punya bapak dan ibu mertua saya)
    • Bang Ancis 7.7.20 ?
      Nah soal cetak mencetak ini.. dulu awal-awal kemunculannya saya pernah mencetak Kartu BPJS online punya teman, hanya untuk saat ini belum ketemu linknya.. Mungkin sudah ditiadakan atau bagaimana...
    • abasozora 8.7.20 ?
      ow seperti itu, terus saya mendapatkan kartu tersebut bagaimana ya, sudah 2 x angsuran ni om. apakah di kirim lewat kantor pos seperti yang dulu dulu kata tetangga saya
    • Bang Ancis 9.7.20 ?
      Lha langsung ke kantor BPJS di wilayah Klaten saja... Kalau memang sudah resmi terdaftar pasti gampang urusannya untuk nyetak kartunya..
    • abasozora 9.7.20 ?
      yg perlu di bawa apa sajakah? biar gak bolak balik hehhee karena jarak sekitar 26 KM
  • Djangkaru Bumi 8.7.20
    ada tambahan angka delapan lima kali, itu hal yang perlu diperhatikan.
    Lewat ATM lebih enak, tak rumit.
Cancel