Beberapa Manfaat Sinar Matahari Untuk Tubuh

Beberapa Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Tubuh - Secara umum kita semua tentu sudah paham betul apa saja fungsi sinar matahari dalam kehidupan. Meski demikian, mungkin saja sebagian orang masih menganggap kalau manfaat sinar matahari pagi hanya sebatas untuk berjemur, mengeringkan pakaian dan hal-hal standar lainnya. Padahal manfaat sinar matahari terutama sinar di pagi hari itu sangatlah kompleks termasuk membunuh kuman penyakit. Itulah sebabnya banyak orang menjemur kasur, bantal, seprei dan selimut di bawah sinar matahari.

Manfaat Sinar Matahari Untuk Tubuh

Meski dalam beberapa kasus, kelamaan terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit seperti keriput dan kusam serta bisa menyebabkan kanker kulit, namun sebenarnya manfaat sinar matahari ternyata sangat baik untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Biasanya karena disibukan dengan segala rutinitas harian seperti bekerja dan bersekolah, kita jadinya jarang bahkan sama sekali tidak pernah menyisihkan sedikit waktu untuk berjemur. Karena itu, dalam situasi Pandemi Covid-19 ini, di mana kita disarankan untuk bekerja dari rumah ini bisa kita manfaatkan untuk menambah asupan sinar matahari bagi tubuh. Mengapa?

Tubuh memerlukan campur tangan vitamin ini dalam proses pengambilan zat kalsium dari bahan-bahan makanan yang kita konsumsi untuk dipakai dalam proses perkembangan bagian-bagian tubuh lainnya.

Nah untuk melengkapi sekilas informasi di paragraf-paragraf sebelumnya, ada baiknya saya sedikit mengulas beberapa manfaat sinar matahari untuk kesehatan tubuh di bawah ini:

Sinar Matahari Sebagai Sumber Vitamin D

Fakta mengatakan bahwa hampir 90% Vitamin D di dalam tubuh kita diperoleh karena bantuan sinar matahari. Logikanya adalah ketika sinar mengenai kulit, kolesterol yang berada di bawah lapisan kulit akan diubah menjadi vitamin D. Vitamin ini lantas dipakai oleh tubuh untuk menyerap kalsium serta mineral.

Membentuk dan Memperkuat Tulang

Penyakit pengeroposan tulang atau Osteoporosis serta Rakhitis yang biasa menyerang anak-anak bisa dengan mudah dicegah hanya dengan asupan sinar matahari yang cukup. Vitamin D yang dihasilkan oleh tubuh dipakai untuk menyerap kalsium yang nantinya dipakai dalam proses perkembangan tulang termasuk penguatan tulang.

Mengatur Mood atau Suasana Hati

Sinar matahari juga dipercaya sangat mempengaruhi mood seseorang. Baik buruknya mood tergantung dari seberapa besar tubuh menyerap sinar matahari. Suasana hati yang kita rasakan selama ini sebenarnya diatur oleh sebuah hormon bernama Hormon Serotonin. Jika kekurangan zat ini, mood bisa saja jadi berantakan. Sinar matahari diyakini para ahli dapat meningkatkan hormon ini.

Memproduksi Hormon Melatonin

Melatonin merupakan sebuah hormon yang kualitas tidur kita. Cara kerjanya adalah memberikan sinyal pada tubuh tubuh untuk beristirahat atau bekerja. Jika tubuh kekurangan hormon ini, maka tidak adalagi zat yang mengatur tidur bangunnya kita. Banyak orang yang kesulitan tidur di malam hari dikarenakan hormon ini terganggu. Untuk meningkatkannya bisa dengan sinar matahari.

Mengatasi Penyakit Kulit

Paparan sinar matahari pada kondisi kulit yang mengalami gangguan seperti eksim, penyakit kuning, dan jerawat diyakini para ahli bisa menyembuhkan. Penyakit kulit lainnya seperti ruam kemerahan, kulit bersisik dan kering bisa berkurang dengan bantuan sinar matahari.

Menambah Sistem Kekebalan Tubuh

Nah ini mungkin manfaat sinar matahari yang sedang kita butuhkan di tengah pandemi Covid-19 ini. Dengan membiarkan tubuh terkena sinar matahari, sel darah putih dirangsang untuk bekerja memerangi virus apa saja yang masuk ke dalam tubuh serta menjaga tubuh terindar dari infeksi.

Okey... Mungkin ini saja beberapa Manfaat Sinar Matahari yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga saja kita bisa benar-benar memanfaatkan waktu untuk berjemur setelah mengenal dan mengetahui beberapa manfaat dari Sinar Matahari di atas. Salam.
LihatTutupKomentar

22 Komentar

  • Himawan Sant 1.7.20
    Nah, terdapat sederet manfaat baik dari sinar matahari pagi buat kesehatan , tapi kok ya banyak orang masih malas buat berjemur ..

    Mungkin berjemur yang terbaik adalah mengenai kulit tubuh secara langsung, ya bang ..
  • Astria tri anjani 2.7.20
    Sumber vitamin gratis ya bang... Nggak perlu bayar, tinggal nongkrong atau lari-lari pagi aja udah dapat beragam manfaat dari sinar matahari.
    Saya juga suka berjemur kalau pagi. Soalnya dingin😁
  • iidyanie 3.7.20
    Kegiatan berjemur pada saat pandemi ini meningkat ya, memang salah satu cara yang paling murmer buat menambah kekebalan tubuh
    • Bang Ancis 3.7.20 ?
      Benar sekali Mbak.. hanya jangan kelamaan, yang hitam bisa jadi putih entar, eh.
  • Satria Mwb 3.7.20
    Yaa betul sekali bang Tak hanya untuk kesehatan saja mungkin, Tetapi sinar matahari juga bisa memberi manfaat bagi kehidupan manusia dibumi..😊😊 Meski semuanya itu tetap ada aturan dan tidak berlebihan..😊
  • Pipit Widya 3.7.20
    Sinar matahari itu anugerah yang luar biasa. Manfaatnya banyak sekali. Bahkan bisa digunakan untuk pembangkit energi.

    Setelah kena matahari pagi, biasanya mood saya lebih baik.
  • Agus Warteg 3.7.20
    Banyak sekali ya bang manfaat dari sinar matahari, yang aku tahu sih cuma sumber Vitamin D dan menguatkan tulang karena itu ada di pelajaran sekolah. Eh ternyata banyak manfaat lainnya.
    • Bang Ancis 3.7.20 ?
      Kalau yang didapat di sekolahan itu benar dan kayaknya garis besarnya saja, kalau di artikel ini yang garis kecil-kecilnya :v
  • BlogSabda.com 4.7.20
    benar sekali, sinar matahari mempengaruhi mood. saya sendiri merasa lebih bahagia kalo berjemur mas. seneng rasanya
  • Gustyanita Pratiwi 5.7.20
    Ternyata justru bisa menghilangkan ruam ya bang, sip deh kucatat manfaatnya ini biar aku bisa rajin berjemur di vawah sinar matahari pagi
  • Bara Anggara 6.7.20
    selain manfaat-manfaat tersebut, berjemur di pagi hari juga menyenangkan. saya suka sekali ketika sinar hangatnya menggerus sisa2 dingin yg masih menempel di tubuh setelah melewati dinginnya pagi dan diguyur air mandi..
    • Bang Ancis 6.7.20 ?
      Bener bro.. daripada berdiang di api.. mendingan berjemur di bawah terpaan mentari pagi.. sehatnya dapet. Romantisnya juga..
  • Reyne Raea 7.7.20
    wah kalau saya sinar matahari kadang malah memicu alergi saya muncul, khususnya alergi di kulit tangan, makanya sering nggak berani lama-lama berjemur :D
    • Bang Ancis 7.7.20 ?
      Aduh koq bisa begitu ya?? Kemungkinan kulitnya sensitif ya sehingga sinar matahari yang begitu banyak manfaatnya malah (keliru) dianggap benda asing. Coba konsumsi obat2an khusus untuk alergi SM..
  • devina 7.7.20
    baru tahu kalau ada hormon serotonin dan berfungsi meningkatkan mood kita, besok mau rajin berjemur biar mood lebih bagus
Cancel