Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja Selama Pandemi

Kebersihan Lingkungan Kerja
Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja Selama Pandemi - Hari ini, informasi seputar Pandemi Covid-19 masih berada di urutan teratas dari sekian jenis informasi yang paling dicari. Hal ini terjadi bukan saja karena semua lini kehidupan sedang fokus padanya, namun ada hal lain yang lebih utama dari semua itu yakni Virus Corona hingga saat ini belum ada vaksinnya. Langkah-langkah antisipasi dan pencegahan sudah kita lakukan, namun kluster-kluster baru terus muncul membawa ancaman. Jika faktanya demikian, yang jadi pertanyaan adalah apakah kita sudah mengikuti semua protokol kesehatan dengan benar? Apakah kita sudah benar-benar menjaga kebersihan termasuk kebersihan lingkungan kerja?

Work From Home selama pandemi Covid-19 ini sepertinya sudah menjadi sebuah style baru. Tapi tidak semua begitu. Fakta di lapangan menunjukan kalau masih banyak orang yang tetap setia datang ke kantor untuk bekerja. Termasuk saya sendiri. Hal ini tentu dengan berbagai pertimbangan.

Karena itu, bagi siapa saja yang masih datang ke tempat kerjanya selama Pandemi Covid-19, kebersihan lingkungan kerja perlu mendapat perhatian yang baik. Percuma saja kita menerapkan protokol kesehatan terhadap tubuh jika lingkungan di sekitar tetap menjadi tempat berkembangnya bakteri. Alih-alih terhindar dari Corona, kita malah menjadi sumber kluster yang baru.

Untuk tujuan itu, berikut ini sudah saya sediakan beberapa cara praktis yang bisa teman-teman lakukan agar kebersihan lingkungan kerja tetap terjaga selama pandemi covid-19 ini.

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja Selama Pandemi

Lakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Berkala

Sesuai anjuran pemerintah dan WHO bahwa cairan bahan kimia seperti etanol, alkohol, sodium hipoklorit (mis. bayclin) dapat digunakan untuk membunuh virus. Karena itu selalu bersihkan area tempat kerja kita setiap hari dan lakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. Perlu diingat juga untuk tidak menyentuh benda sembarangan untuk mencegah tertular.

Selalu Menjaga Kualitas Udara di Tempat Kerja

Virus Corona ini dalam penyebarannya hampir 90 persennya melalui udara. Di dalam ruangan, virus bisa dengan cepat menyebar, karena itu kualitas dan kebersihan udara harus mendapat perhatian. Sirkulasi udara perlu diatur sedemikian rupa agar udara segar dari luar bisa leluasa masuk ruangan. Maksimalkan juga penggunaan ventilasi atau jendela kantor dengan baik agar sirkulasi udara bisa berjalan lancar.

Menjaga Tingkat Kelembaban Ruangan

Selain kualitas udara, tingkat kelembaban juga perlu diperhatikan mengingat ruangan yang jarang terkena sinar matahari apalagi sirkulasi udaranya tidak lancar biasanya lembab. Kondisi ini justru menjadi tempat berkembangbiaknya virus.
Kebersihan Lingkungan Kerja Selama Pandemi

Perhatikan Kebersihan Alat Makan dan Minum

Namanya di kantor yang adalah tempat kerjanya banyak orang. Peralatan makan seperti piring dan gelas yang ada bisa digunakan oleh siapa saja. Kemungkinan perabotan tersebut mengandung virus tentu selalu ada. Karenanya, selalu perhatikan kebersihannya dengan mewajibkan untuk selalu dicuci bersih setelah pemakaian.

Rutin Melakukan Pengukuran Suhu Tubuh

Salah satu gejala umum yang paling banyak ditemui di lapangan ketika seseorang terjangkit Covid-19 adalah meningkatnya suhu tubuh. Meski tidak mesti mengidap virus corona, namun ketika suhu tubuh melebihi angka 37° Celcius, maka perlu mendapat perhatian intensif. Karena itu, saya menyarankan untuk rutin mengukur suhu tubuh semua orang di tempat kerja demi meminimalisir penyebaran virus.

Lakukan 3M: Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak

Ketiga cara ini merupakan syarat atau cara pencegahan Covid-19 yang diwajibkan di seluruh dunia. Saya kira maksud dari 3M ini sudah jelas yakni mencegah penyebaran dan penularan virus. Pakailah sabun anti bakteri atau alkohol untuk membersihkan tangan. Masker untuk mecegah tertular virus melalui udara (droplet/cipratan air liur ketika batuk dan bersin dari orang lain).

Akhir kata, saya hanya ingin menegaskan satu hal buat teman-teman semua kalau Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati. Beberapa cara yang sudah saya ulas di atas merupakan bentuk pencegahan yang mau tidak mau harus dilakukan. Saya kira melakukan pencegahan jauh lebih baik daripada harus berobat yang mana untuk saat ini kemungkinan hidup dan mati itu masih seimbang prosentasenya.
Mari jaga kebersihan lingkungan kerja kita masing-masing!
LihatTutupKomentar

17 Komentar

  • Agus Warteg 27.9.20
    Betul bang, mencegah lebih baik dari pada mengobati, jadi mendingan jaga kebersihan lingkungan agar tidak mudah terkena penyakit, baik penyakit Corona atau lainnya.

    Disini juga masih banyak yang kerja di pabrik, kadang ada penyemprotan desinfektan bang.
    • Bang Ancis 27.9.20 ?
      Syukurlah kalau masih dijalankan protokol kesehatannya.. semoga semua aman terkendali ya di sana..
  • Astria tri anjani 28.9.20
    Huft... Sedih banget sih, karena sampai sekarang si coronah masih betah ada di bumi. Kenapa nggak pindah ke jupiter aja yang lebih besar. Saya bersyukur masih ada di wilayah yang aman bahkan kadang rasanya kayak nggak ada si coronah di dunia ini. Tapi pas tahu kalau kasus perhari meningkat jadi 3000 an saya kaget juga.
    Dan berdoa "Ya Allah hempaskanlah Coronah dari bumi ini"
    • Bang Ancis 28.9.20 ?
      Amin semoga cepat berlalu ya.. saya juga berada di tempat yang lumayan sepi pemberitaan, hanya tiba2 kasusnya melejit...
  • Diani Sekaring 28.9.20
    Sedih ketika mengetahui banyak cluster perkantoran yang merebak di Jakarta maupun daerah-daerah. Saya kira, hal tersebut terutama diakibatkan oleh protokol kesehatan yang kurang, ventilasi yang buruk, serta kebiasaan untuk kumpul-kumpul (misal: makan siang bersama, rapat, dll). Ngeri juga mendengar kabar bahwa banyak instansi dan perkantoran yang menutup-nutupi kasus positif covid di tempatnya untuk menjaga nama baik, bahkan tetap memaksa pegawai yang bersangkutan WFO.
    • Bang Ancis 28.9.20 ?
      Iya nih Mbak.. sedih juga.. Yang soal menutup2i juga terjadi di daerah saya, tapi akhirnya diumumkan juga meski terlambat. Hasilnya malah bikin bingung. Positif lalu sembuh hanya hitungan beberapa hari saja..
  • Michael "Dije" David 28.9.20
    "Meski tidak mesti mengidap virus corona, namun ketika suhu tubuh melebihi angka 370 Celcius, maka perlu mendapat perhatian intensif."

    Bang, really ada org yg bisa sampe 370 celcius? AOKOWOKWKOWOKKOW :v.

    Tapi emang bener, terutama di masa-masa sekarang sangat penting buat ngejaga kebersihan. Gak peduli dikata orang berlebihan, asalkan kita dan orang-orang di sekitar jadi aman it's oke waeee :D.
    • Bang Ancis 29.9.20 ?
      Hahahaa.. 37 Derajat maksudnya.. Lupa ngeditnya dr word.. Thanks koreksinya.
  • Rezky Pratama 28.9.20
    sekarang kita terbiasa untuk mencuci tangan kalau mau ngapa2in
  • Rudi Chandra 29.9.20
    Setuju banget Mas, selagi bisa dicegah maka cegahlah. Daripada ntar terlambat dan yang muncul cuma penyesalan.

    Toh kesehatan kan buat kita sendiri juga.
    • Bang Ancis 29.9.20 ?
      Iya.. kan katanya mematika, yah mau tidak mau harus mengikuti anjuran yang adalah usaha pencegahan..
  • Dodo Nugraha 29.9.20
    Untuk 3M, kmren ada baliho yg viral. Yang diberi tanda beda hurup W. Wajib memakai masker, dan seterusnya.
    Jadi netizen bingung, 3M atau 3W nih hhaaa
    • Bang Ancis 30.9.20 ?
      Hhahahaaa mana-mana saja, asalkan ada jarak yang dijaga saat tangan dicuci dan mengenakan masker...
  • fanny_dcatqueen 1.10.20
    Sebelum resign, kantorku yg trakhir juga ketat menjalankan protocol covid ini. Apalagi ada edaran dr Pemda bagi yg ga mematuhi itu dendanya 10 JT Rp. Makanya semua cabang kantor diwanti2 bangettttt untuk selalu cek stiap pagi, semua perlengkapan lengkap, dan prosedur menerima nasabah di kantor ttp berjalan. Krn kadang Pemkot juga suka random check DTG, dan kalo dia liat ga sesuai, udh pasti dikenain denda.
    • Bang Ancis 2.10.20 ?
      Nah ini baru bagus banget prosedurnya.. coba setiap tempat kerja diberlakukan begini...
  • Reskia Ekasari 8.10.20
    Iya bang penting banget untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan kerja. Tentu sebagai pegawai terus menerapkan protokol kesehatan seperti 3M itu hehe
Cancel