Pencerahan Seputar Pentingnya Memiliki Tabungan

Pencerahan Seputar Pentingnya Memiliki Tabungan - Uang sangat penting bagi kehidupan kita manusia di abad ini. Hal ini tidak bisa kita pungkiri. Tanpa uang, banyak kebutuhan bahkan cita-cita tidak akan berhasil terpenuhi. Pada beberapa kasus kegagalan sesuatu usaha karena ketiadaan uang malah menimbulkan masalah. Dengan dasar ini, semua orang lalu sibuk bekerja. Bukan karena mereka malas menganggur, tapi mereka punya kebutuhan dan kebutuhan itu hanya bisa dipenuhi dengan uang. Beberapa orang malah terpaksa bekerja keras agar uang yang didapat lebih banyak, meski imbasnya kesehatan mereka perlahan-lahan terganggu. Padahal, dengan memberi pencerahan seputar pentingnya tabungan, mereka tidak harus membanting tulang sekeras itu.

Uang Bukan Segalanya Tapi Segalanya Butuh Uang. Pepatah lama ini benarnya adanya, hanya kadang kala sebagian orang ketika memperkerjakan orang dengan gaji miring alias di bawah standar, penggalan pepatah “uang bukan segalanya” selalu dipakai sebagai penghibur. Biar betah. Namun jika kita lihat latar belakang serta niat pencari kerja, mereka tentunya butuh uang untuk memenuhi sebagian bahkan segala kebutuhannya. Bisa juga mereka mencari kerja biar bisa ada uang untuk ditabung. Banyak kemungkinannya. Karena itu, mestinya upah yang diberikan harus sesuai aturan-aturan yang berlaku. Bukan seenaknya.

Seperti yang saya singgung di atas, semua kita saat ini sibuk bekerja bukan karena malas rebahan. Kebutuhanlah motivatornya. Meski kadang sudah bekerja dengan upah yang sesuai undang-undang pun, kita selalu saja merasa kurang. “Akh. Uang segini kalau setiap bulan dipotong untuk keperluan ini itu, lalu bagaimana impian a, b, c, dan d akan tercapai?” Jujur saja, kita pasti pernah menggerutu begini.

Solusinya adalah kita harus menabung. Agar bisa sukses menabung, kita dituntut untuk bijak dalam memilah-milah penghasilan agar pas sesuai pos-posnya. Memang tidak semuanya harus ditabung, tapi harus ada yang ditabung. Karena dengan memiliki tabungan, kebutuhan yang mendadak muncul bisa dengan mudah kita atasi. Bayangkan tiba-tiba kita jatuh sakit. Kita butuh uang agar bisa berobat ke dokter. Ya kalau punya tabungan, kita bisa menggunakan uang dari tabungan tersebut. Jika tidak, kita mungkin kesulitan dalam mendapatkan pengobatan dan perawatan. Kita akhirnya hanya berharap bantuan sesama lewat pinjaman, atau kemungkinan terburuk adalah kita akan mati dalam kesendirian.

Mungkin teman-teman yang membaca tulisan ini sudah tahu betapa pentingnya menabung. Atau setidaknya pernah diberitahu tentang hal ini sepanjang perjalanan hidup. Tapi untuk apa kita diingatkan terus menerus? Mengapa kita harus menyisihkan uang, padahal kita bisa membelanjakan semuanya sekaligus saat ini? Mengapa kita harus hidup hemat ketika kita bisa hidup mewah?

Saya tidak berjanji memiliki semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, namun saya memiliki lima alasan yang saya rasa bisa membantu meyakinkan teman-teman untuk mulai menabung mulai hari ini.

Empat (4) Alasan Pentingnya Menabung

1. Menabung Agar Bisa Mengatasi Kejadian Tak Terduga

Kita tidak tahu pasti kapan kita membutuhkan uang. Namun hal-hal sepele yang terjadi secara tiba-tiba bisa membuat kita kelabakan kalau tidak ada persediaan. Sejauh ini belum ada satu metode yang dipakai untuk mengetahui kapan segala sesuatu terjadi dan membutuhkan uang. Tapi kita bisa mengantisipasi sesuatu itu dengan menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilan kita. Kita menabung untuk sebuah kemungkinan.

2. Menabung Untuk Masa Pensiun Yang Nyaman

Banyak orang yang pada masa tuanya masih sibuk bekerja. Padahal di usia yang sudah senja itu mereka sepantasnya berleha-leha di rumah. Menikmati masa tuanya. Tapi kenyataan justru sebaliknya. Ini terjadi karena tidak ada persiapan yang matang ketika muda. Yah dengan apalagi kalau bukan menabung? Jika kita mulai dari sekarang, kita tidak hanya menyelamatkan diri sendiri, tetapi keluarga, anak-anak dan sanak famili.

3. Menabung Bisa Meringankan Kekhawatiran

Mirip dengan poin sebelumnya. Dengan menghemat uang, kita menyelamatkan diri dari kekhawatiran! Bahwa kita tidak selamanya muda, enerjik dan akan terus bekerja itu sebuah fakta. Kita pasti menjadi tua dan pasti memiliki keterbatasan tertentu. Namun jika sedari dini sadar akan pentingnya menabung, kita akan merasa nyaman. Kekhawatiran akan suramnya masa depan bisa kita tenggelamkan.

4. Menabung Adalah Dasar Dari Pola Pikir Hemat

Dengan strategi menabung yang baik, anda justru sedang berhemat. Tapi jangan salah jika penghematan yang anda lakukan akan memberi hasil yang luar biasa di masa mendatang. Jadi kebiasan buruk seperti berbelanja semaunya ketika banyak duit. Pikirkanbaik-baik sebelum membelanjakan sesuatu. Bedakan juga antara kebutuhan dan keinginan.

Ya mungkin sekian dulu cua-cuapnya saya. Semoga teman-teman atau siapapun itu yang peduli dengan masa depan, yang tidak mau kesulitan di masa yang akan datang, jadikan 4 poin Pentingnya Memiliki Tabungan yang saya bahas di atas sebagai motivator. Jangan ditunda-tunda. Mulailah Menabung!

LihatTutupKomentar

16 Komentar

  • Intan Sudibjo 18.12.20
    menabung jika ada kejadian yang tidak diinginkan

    baru nabung sebulan udah pengen hp baru, celengan langsung dijebol wkwkwk
  • Dodo Nugraha 18.12.20
    Aku awalnya mengira kalo postingan ini bermaksud petingnya memiliki rekening tabungan, ternyata pentingnya memiliki tabungan yaak.
    Kalo memiliki tabungan sih, sudah sejak SD aku menabung, menyimpang uang di celengan ayam. hahaha.
    kalo rekening bank pribadi, aku sendiri baru merasa penting sejak 1 tahun lalu, ketika aku telah punya bisnis, tapi teman2 kesulitan untuk melakukan transksi, aku maunya bayar cash, pelanggan maunya transfer. hahaa.
    akhirnya, aku putusan untuk memiliki akun rekening bank. Ada dua, Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah, hehee
    • Bang Ancis 18.12.20 ✖
      Iya bro.. Intinya menabung.. Terserah mau di bank atau di mana.. sekarang, koperasi juga bulai merajalela...
  • Bang Day | Bede 18.12.20
    Saya termasuk kelompok gagal menabung :)
  • Agus Warteg 18.12.20
    Kadang penginnya nabung tapi melihat hape bagus dan terjangkau tabungan langsung diambil.😂

    Padahal tabungan itu penting ya bang, terutama untuk hari tua dan juga barang kali ada keperluan mendesak contohnya sakit.
  • Ikrom Zain 19.12.20
    uang bukan segala-galanya tetapi hidup tetap butuh uang
    saya sepakat ini bang
    makanya, kita sebaiknya dan wajib planning keuangan dengan baik
    caranya ya dengan menabung agar kalau ada apa apa bisa digunakan dengan baik
  • Martin Karakabu 19.12.20
    Uang bukan segala - galanya, idealis tetapi segalanya butuh uang, itu nyata. Jadi antara idealis dan realita idealnya harus seirama. Cara praktisnya ya nabung.

    Terima kasih atas refleksi yang luar biasa ini ama. Kalau saya lebih fokus ke Asuransi atau membeli sesuatu (misalnya rumah atau tanah ama). Saya pikir itu juga bagian dari menabung hehehe...

    Tulisan ini memberi pesan ngeri pada diri, ya ampun, kalau tua nanti bagaimana?

    Thanks ama. Reflektif sekali pesan yang ada di dalamnya..

    salam hangat ama...
    • Bang Ancis 20.12.20 ✖
      Saya sendiri sambil tulis sambil malu ke diri sendiri. Apakah saya sendiri sudah punya? Apakah yang ada sekarang bisa membantu kelak? Hehehe.. Kalau asuransi atau beli sesuatu bisa juga dikategorikan menabung.. asuransi sudah terbukti membantu kita kapan saja.. Kalau suatu sat nasib terburuk menimpa, rumah atau barang2 bisa kita jual atau gadai.. Kira-kira begitu...
  • Rudi Chandra 19.12.20
    Menabung emang penting banget, soalnya kadang kita nggak tau apa yang terjadi ke depannya, jadi butuh cadangan darurat.
  • Djangkaru Bumi 19.12.20
    Saya pengen banget nabung
    Pengan jadi orang hemat dan punya perencanaan keuangan
    Keadaan pandemi ini, bagi yang tidak punya tabungan rasanya kok kelimpungan
    • Bang Ancis 20.12.20 ✖
      Sama Mas Dj.. Apalagi saya yang punya pinjaman, aduh. Pandemi ini semakin bikin susah angsurnya, hahahaa..
Cancel